Connect with us

DESTINASI

Air Terjun Merah Merah Butuh Perhatian Pemerintah

Published

on

Air Terjun Merah Merah di Kalimantan Tengah.

Indonesiaraya.co.id, Sampit – Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalteng Hero Harapano Manddauw menilai obyek wisata air terjun merah yang ada di daerah itu butuh perhatian pemerintah.

“Lokasi air terjun merah tidak terlalu jauh dengan obyek wisata Pantai Ujung Pandaran, yakni di wilayah Kecamatan Teluk Sampit,” katanyanya di Sampit, Selasa (20/3/2018).

Menurut Hero, obyek wisata air terjun merah memiliki potensi untuk dikembangkan dan bisa menarik wisatawan karena keunikan airnya yang berwarna merah kehitaman.

“Untuk bisa sampai di lokasi air terjun merah saat ini hanya bisa dicapai dengan kendaraan roda dua karena belum adanya infrastruktur yang memadai hanya jalan setapak,” terangnya.

Hero mengatakan, air terjun merah juga belum bayak di ketahui oleh warga karena lokasinya agak tersembunyi.

“Harapan kita obyek wisata tersebut nantinya bisa dikembangkan oleh pemerintah daerah karena lokasinya searah menuju ke Pantai Ujung Pandaran,” katanya.

Selain mengembangkan obyek wisata potensial, Hero juga meminta pemerintah daerah dalam hal ini dinas dan instansi teknis terkait untuk lebih gencar lagi mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayah Kotawaringin Timur ke dunia nasional maupun internasional.

Dengan gencarnya promosi diharapkan obyek wisata yang ada di Kotawaringin Timur bisa lebih di kenal oleh wisatawan dalam maupun luar negeri.

“Tak kenal maka tak sayang, mungkin seperti itu. Jadi sebagus dan seindah apa pun obyek wisata apabila tidak diperkenalkan melalui promosi maka wisatawan tidak akan tahu. Dan apabila perlu undang para wisatawan tersebut untuk berkunjung ke Kotawaringin Timur,” ucapnya.

Hero mengungkapkan, DPRD akan mendukung upaya pengembangan obyek wisata di Kotawaringin Timur untuk mewujudkan keinginan bupati Supian Hadi akan menjadikan daerah itu sebagai daerah tujuan wisata, seperti dikutip Antara. (uws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DESTINASI

Jepang Berencana Buka Taman Bermain Studio Ghibli

Published

on

Taman Bermain Studio Ghibli.

Indonesiaraya.co.id, Tokyo – Dunia fantasi karya animator pemenang Oscar Hayao Miyazaki akan menjadi kenyataan dengan akan dibukanya taman bermain Ghibli di Jepang tengah pada 2022, kata pemerintah regional pada Rabu (25/4).

Miyazaki adalah salah satu pendiri Studio Ghibli, studio animasi utama Jepang, dan terkenal di kancah internasional atas sejumlah karya yang mencakup “Princess Mononoke” dan “Spirited Away”.

Studio Ghibli telah merilis konsep dasar untuk taman bermain yang akan dibangun pada 2022 di dekat Nagoya tersebut di wilayah Aichi Jepang.

Di dalamnya akan ada beberapa wahana dan hutan berdasarkan film-film fantasi populer termasuk “My Neighbor Totoro”, “Kiki’s Delivery Service” dan “Howl’s Moving Castle”, menurut pemerintah Aichi.

Taman itu juga akan dipenuhi menara batu bata bergaya Eropa yang sering muncul di karya Miyazaki, serta instalasi raksasa roh laba-laba dan babi hutan di sebuah lahan khayalan yang mengingatkan kembali pada mitos Jepang di masa lalu, demikian AFP. (mon)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BANGKA BELITUNG

Wisata ke Pulau Belitung, Jangan Lupa Siapkan Alat Berenang dan Menyelam

Published

on

Ada situs gerbang tua di bukit Gunong Kenupuk, Dusun Kelekak Usang, Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan.

Indonesiaraya.co.id, Belitung – Belitung adalah salah satu destinasi yang sangat diminati bagi traveler saat ini. Bahkan dapat dikatakan, sebagai salah satu wisata yang dulunya tersembunyi.

Namun, semenjak ada film layar lebar “Laskar Pelangi”, keindahan pulau Belitung mulai terekspos dengan baik ke seluruh negeri.

BACA JUGA : Zaman Dulu, Pulau Belitung adalah Bagian dari Kerajaan Sriwijaya. Sudah Tahu?

Seperti apa keindahan Belitung? Mulai hari ini, wartawan media ini, yaitu Banny Rachman, dan Putri Shavira mengunjungi Pulau Belitung, dan akan melaporkan pandangan mata, apa yang dilihatnya di destinasi wisata itu. Ini dia tulisan pertamanya.

Dengan modal empat alasan inilah, kami memutuskan berangkat ke Belitung yang menjadi wisata terfavorit akhir-akhir ini

Mengapa memilih Pulau Belitung? Ada banyak alasan mengapa kami memilih berwisata ke Belitung. Pertama, Liburan ke Belitung itu murah. Apalagi, jika bisa menyesuaikan waktu dan memilih menggunakan jasa tour tavel Belitung yang terpercaya, dan memilih pilihan tour sesuai dengan budget yang tersedia.

Kedua, pantainya keren-keren. Nah, kalau soal yang satu ini kita tidak harus berbicara panjang lebar, silahkan browsing di youtube, dan temukan lah video-video mengenai keindahan pantai di Pulau Belitung.

Ketiga, Belitung memiliki taman bawah laut yang menakjubkan. Sama seperti tadi, untuk soal keindahan Taman Laut, biarlah video-video yang ada di Youtube menceritakan kepada kalian betapa menakjubkannya Taman Bawah Laut Belitung. Ingat, berhati-hatilah, karena snorkeling atau diving itu adalah “candu”.

Keempat, Belitung adalah surganya seafood. Berwisata tanpa kuliner pastilah tidak seru. Di Belitung kalian akan dengan mudah menemukan berbagai macam olahan makanan laut seperti ikan, cumi, kerang, kepiting, udang, dan berbagai spesies lainnya.

Dengan modal empat alasan inilah, kami memutuskan berangkat ke Belitung yang menjadi wisata terfavorit akhir-akhir ini, Rencananya, perjalanan akan kami lakukan tanggal 23 -26 April 2018.

Di mana sih Pulau Belitung? Menurut Wikipedia Belitung berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel), yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung

Masih banyak pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah, namun yang berpenghuni hanya 50 pulau.

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang.

Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Persiapan untuk Wiisata Laut

Sehari sebelum keberangkatan, kami mempersiapkan segala sesuatunya untuk wisata di sana. Dan wisata yang paling dinantikan adalah pesona keindahan lautnya, kami sudah siap untuk snorkeling.

Sebelumnya kami telah melakukan perjalanan wisata ke Lombok. Jadi ini snorkeling kedua buat kami, seharusnya tidak terlalu kaget dan sudah paham apa-apa yang harus dipersiapkan.

Alat-alat yang digunakan untuk snorkeling antara lain, masker, snorkel dan kaki katak. Sebenarnya alat-alat tersebut sudah disiapkan dari jasa travel yang saya sewa.

Info tentang alat snorkeling :

1. Masker selam adalah jendela kedap air yang melindungi sebagian wajah, terutama mata dan hidung dari air.

2. Snorkel terdiri dari dua bagian, yaitu selang udara dan pelindung mulut.

3. Kaki katak adalah sepatu karet dengan sirip yang melebar di bagian ujung kaki.

Karena snorkel itu pelindung mulut, jadi kurang higienis kalau memakai yang disediakan jasa travel, jadi kami memutuskan untuk membelinya saja.

Kebetulan tidak ada yang jual snorkelnya saja, pasti mesti beli satu set dengan masker. Harga alat snorkeling ini berkisar dari 100.000 – 300.000, bahkan ada yang lebih dari itu, tergantung merk dan bahannya.

Nah, kami suda tiba di Bandara Hanandjuddin, Tanjung Pandan. Siap-siap menglilingii Pulau ke il yang luar biasa ini. Tunggu keseruan kami di Belitung ya. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

DESTINASI

Pembangkit Jawa-Bali Kembangkan Ekowisata Mangrove Muara Gembong

Published

on

Salah satu destinasi ekowisata mangrove di Muara Gembong.

Indonesiaraya.coid, Jakarta – PT Pembangkit Jawa Bali (PT PJB) Unit Pembangkit (UP) Muara Tawar mengembangkan kelestarian dan ekowisata mangrove di Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Pada 2018, kami mencanangkan program Kampung Batik Betawi berbasis wisata edukasi dan ekowisata mangrove terpadu,” kata Komisaris PT PJB Defy Indiyanto Budiarto di Jakarta Minggu (15/4/2018).

Defy mengatakan PT PJB Unit Pembangkit Muara Tawar mendukung pencapaian “Sustainable Development Goals” (SDGs) dengan sasaran pengembangan di Desa Segara Jaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Defy menyatakan sasaran SDGs menitikberatkan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Sementara itu, General Manager PJB UP Muara Tawar Lavi Rumandioko menuturkan PT PJB Unit Pembangkit Muara Tawar memiliki CSR unggulan meliputi program pengembangan usaha batik betawi, ekowisata mangrove dan pengelolaan sampah terpadu yang telah dirintis sejak 2014.

Lavi menjelaskan program Kampung Batik Betawi akan dijadikan sebagai kampung wisata edukasi batik terdiri atas mural batik dan sentra kerajinan batik warga sehingga masyarakat dapat belajar membatik yang dipusatkan di Desa Segara Jaya Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, program ekowisata mangrove terpadu mengintegrasikan konsep wisata, konservasi dan edukasi di kawasan pesisir utara Bekasi yakni Muara Tawar dan Muara Gembong.

Lavi mengungkapkan pihaknya telah melakukan pembibitan dan penanaman pohon mangrove sebanyak 70.000 pohon sejak 2014.

Pada 2018, PT PJB UP Muara Tawar akan menata Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Segara Jaya sebagai pintu gerbang wisata dengan pengembangan kuliner apung, konservasi dan wisata pendidikan.

Diungkapkan Lavi, PT PJB UP Muara Tawar juga akan membangun Pusat Edukasi Pengelolaan Sampah Terpadu Segara Jaya dengan kegiatan pengelolaan limbah menjadi kerajinan, seperti dikutip Antara. (trd)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending