Connect with us

NUSA TENGGARA TIMUR

Sekda Sikka Terbukti Terlibat Politik Praktis

Published

on

Ketua Bawaslu NTT, Thomas M. Djawa (kiri) dan Koordinator Divisi pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna (kanan).

Indonesiaraya.co.id, Kupang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Valens Tupen terbukti terlibat dalam politik praktis dengan mendukung salah satu pasangan calon bupati-wakil bupati dalam Pilkada Serentak 2018 di daerah itu.

“Pengawas pemilu sudah meminta keterangan dan ada bukti-bukti cukup kuat tentang keterlibatan Sekda Sikka, sehingga kami sudah merekomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk diambil tindakan,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada wartawan di Kupang, Senin (16/4/2018).

Dia mengemukakan hal itu, terkait dugaan keterlibatan Sekda Sikka dalam mendukung pasangan calon tertentu, dan sanksi yang akan diberikan kepada yang bersangkutan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT menilai Sekda Kabupaten Sikka di Pulau Flores mendukung salah satu pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sikka yang akan bertarung dalam ajang Pilkada serentak pada 27 Juni 2018, karena terlibat dalam aksi foto bareng dengan calon Bupati Sikka Anshar Rera sambil menunjukkan jari sebagai lambang dari simbol pasangan tersebut.

Selain Sekda Sikka, dua ASN di lingkungan Setda Kabupaten Sikka juga dilaporkan ke Komisi Aparatus Sipil Negara (ASN).

Kedua ASN itu adalah Direktris BLUD RSUD dr TC.Hillers Maumere, Clara Francis, dan pejabat pembuat komitmen (PPK) pembangunan gedung RSUD Maumere, Yohanes Laba.

Dugaan keterlibatan tiga ASN ini berdasarkan temuan (foto) dari Humas dan Protokol Setda Sikka di media sosial dan dipublikasikan ke media daring.

Dari foto yang beredar, calon bupati-wabup foto bareng dengan tiga ASN ini sambil menunjuk tiga jari, simbol nomor urut pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera-Rafael Raga.

“Bawaslu sudah kirim laporan ke Komisi ASN. Nanti Komisi ASN yang menilai dan merekomendasikan, apakah ada pelanggaran atau tidak dan sanksi yang akan dikenakan kepada ASN bersangkutan,” ucapnya.

Soal sanksi, kata dia, semuanya tergantung pada hasil rekomendasi Komisi ASN kepada Bupati Sikka.

Dia menambahkan, tugas yang melekat pada pengawas pemilu adalah menjaga netralitas ASN yang memang ditugaskan oleh negara sebagai abdi masyarakat.

“Tugas melekat kami menjaga netralitas ASN. Kami hanya melihat apakah dugaan pelanggaran ASN masuk UU Nomor 10 tahun 2016. Seandaianya tidak ada, maka UU lain yang lebih kompeten yakni UU ASN,” tuturnya, menjelaskan, seperti dikutip Antara. (ben)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NUSA TENGGARA TIMUR

Wacana Pengembangan Bandara Tambolaka NTT Jadi Berstandar Internasional Tuai Dukungan

Published

on

Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Indonesiaraya.co.id, Waingapu РWacana pengembangan Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, untuk menjadi bandara berstandar internasional menuai dukungan dari Kementerian Pariwisata.

Dukungan itu disampaikan Deputi Oemasaran Mancanegara Kemenpar I Gede Pitana di Waingapu, Jumat (13/7/2018). usai mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Festival Tenun Ikat Sumba dan Parade 1001 Kuda Sandelwood sehari sebelumnya.

“Ada permintaan dari Dinas Pariwisata NTT agar Bandara Tambolaka bisa menjadi internasional, kami pasti mendukung dan akan meneruskan ini kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum,” kata Pitana di Waingapu, Jumat (13/7/2018).

Ia menjelaskan, Kemenpar sangat mengapresiasi daerah-daerah yang antusias mengembangkan konektivitas transportasi untuk membangun pariwisata terutama di kawasan timur Indonesia.

Untuk itu, kata dia, pihaknya berupaya mengembangkan sebanyak mungkin bandara berstandar internasional maupun maskapai yang melayaninya.

Ia mencontohkan seperti Bandara Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat dan Wakatobi di Maluku yang segera beroperasi dengan status bandara internasional.

“Untuk Tambolaka ini pasti kami akan teruskan ke kementerian terkait agar dikembangkan sehingga bisa berstatus internasional,” katanya.

Pitana juga mencontohkan Bandara Silangit di Sumatera Utara yang sebelumnya belum siap namun karena fokus pengembangan destinasi wisata unggulan Danau Toba dengan pasar utama dari Malaysia dan Singapura, maka dalam waktu kurang dari enam bulan berubah status jadi bandara internasional.

“Demikian juga Belitung yang potensi wisata baharinya luar biasa sehingga kami ingin agar adanya penerbangan langsung internasional dan kurang dari enam bulan menjadi bandara internasional,” katanya.

Ia menambahkan, dukungan yang sama akan dilakukan untuk pengembangan Bandara Tambolaka menjadi bandara berstatus internasional karena Pulau Sumba sendiri memiliki kekayaan pariwisata yang melimpah.

“Kita tahu Pulau Sumba sendiri merupakan salah satu pulau tercantik di dunia dengan branding yang sangat kuat yaitu kuda sandelwood maupun produk kerajinan tenun ikat dari pewarna alam yang sangat unik dan menarik,” katanya, seperti dikutip Antara. (alo)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

NASIONAL

Prabowo Rencananya Hadiri Debat Terakhir Pilgub NTT

Published

on

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Indonesiaraya.co.id, Kupang – Calon gubernur NTT nomor urut 1 Esthon Foenay mengatakan dalam debat kandidat terakhir yang akan digelar pada Sabtu (23/6) besok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menyaksikan langsung di studio.

“Sudah ada konfirmasi langsung dari DPP bahwa bapak Prabowo akan hadir langsung dalam debat kandidat itu,” kata Esthon kepada wartawan di Kupang, Jumat.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan kesiapannya dan pasangannya Christian Rotok yang akan mengikuti debat calon kandidat terakhir di Jakarta itu.

Ia mengatakan informasi yang ia peroleh bahwa Prabowo akan hadir langsung akan memberikan semangat tersendiri dan memberikan nilai tambah tersendiri bagi dirinya dan pasangannya khususnya bagi para pendukung Esthon Chris di NTT.

“Gaungnya tentu akan beda. Dan ini mempunyai nilai tambah tersendiri bagi kami berdua Esthon dan Chris,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa keputusan kedatangan Prabowo untuk saksikan langsung debat tersebut adalah inisiatif dari DPP Partai Gerindra yang memang sudah diinformasikan kepada Ketua DPP Partai Gerindra Fary Djemi Francis.

Lebih lanjut terkait kesiapannya dalam debat terakhir tersebut, Esthon mengatakan bahwa tidak ada persiapan khusus. Namun pastinya pihaknya sudah mempersiapkan diri dengan baik.

“Tak ada persiapan khusus, sebab sebagai calon gubernur dan wakil gubernur harus selalu siap,” tambahnya.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menggelar debat calon gubernur-wakil gubernur NTT tahap ketiga atau terakhir pada 23 Juni atau empat hari sebelum pemungutan suara pada 27 Juni 2018.

Debat terakhir yang diikuti oleh empat pasangan calon gubernur NTT ini mengambil tema Pendidikan dan Kesehatan.

Dengan tema tersebut KPU berharap agar setiap calon pasangan yang akan bertarung dalam Pilgub NTT nanti dapat memberikan jawaban atau program solutif serta inovatif untuk mengatasi masalah dalam hal pendidikan dan kesehatan di provinsi kepulauan itu.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT berfoto bersama seusai menerima SK penetapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur NTT oleh KPU di Kupang, NTT, Senin (12/2/2018). KPU NTT menetapkan empat pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur NTT, yaitu Esthon L Foenay-Christian Rotok, Benny K Harman-Benny A Litelnoni, Viktor Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi, dan Marianus Sae-Emmilia Nomleni. (kor)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

NUSA TENGGARA TIMUR

ASDP Kupang Operasikan Empat Kapal Layani Pemudik H-5

Published

on

ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, memberangkatkan empat kapal ke dua rute penyeberangan di provinsi berbasis kepulauan.

Indonesiaraya.co.id, Kupang – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Minggu (10/6/2018), memberangkatkan empat kapal ke dua rute penyeberangan di provinsi berbasis kepulauan itu.

Kedua rute penyeberangan itu adalah rute penyeberangan Pelabuhan Bolok Kupang-Rote Ndao dan Bolok-Pelabuhan Waibalun Larantuka, kata General Manager ASDP Cabang Kupang, Burhan Zahim, kepada Antara di Kupang.

“Biasanya hanya satu kapal yang diberangkatkan, tetapi hari ini ada empat kapal yang kami berangkatkan. Setiap rute penyeberangan kami berangkatkan dua kapal,” katanya.

Menurut dia, kebijakan penambahan kapal ini karena adanya peningkatan para pengguna jasa angkutan penyeberangan ke dua rute pelayaran itu, selain untuk kepentingan kenyamanan pelayaran.

“Memang ada sedikit peningkatan penumpang, tetapi kami harus menambah kapal karena mempertimbangkan kenyamanan para penumpang. Kami tidak ingin para penunpang berdesak-desakan dalam kapal,” katanya.

Apalagi, para penumpang yang berangkat umumnya membawa serta kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga para penumpang tidak bisa menempati dek bagian bawah yang biasa digunakan untuk mengangkut kendaraan.

Dia menambahkan, untuk keberangkatan kapal dalam satu atau dua hari ke depan, ASDP akan tetap mempertimbangkan untuk menambah kapal jika ada peningkatan penumpang.

“Semua kapal ASDP dalam kondisi siap. Kita akan menambah kapal ke rute penyeberangan jika ada peningkatan permintaan dari para pengguna jasa penyeberangan,” katanya.

Burham Zahim mengatakan saat ini ASDP telah telah menyiapkan delapan unit kapal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan liburan Lebaran.

“Untuk melayani masyarakat dan mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang saat libur Lebaran ini, kami sudah menyiapkan delapan unit kapal motor penumpang (KMP),” katanya.

Menurut dia, lonjakan jumlah penumpang yang bepergian ke berbagai daerah di NTT sering terjadi pada momentum liburan panjang.

Khusus liburan hari raya Idul Fitri, lonjakan jumlah penumpang biasanya terjadi H-4 atau H-3, seperti dikutip Antara. (ber)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending