Connect with us

SULAWESI UTARA

Pemkab dan KPU Minahasa Tenggara Dilaporkan Paslon

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara dilaporkan tim pemenangan pasangan calon (Paslon) .

Indonesiaraya.co.id, Minahasa Tenggara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara dilaporkan tim pemenangan pasangan calon (Paslon) tunggal Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Joke Lego ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), pada masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu (18/4/2018).

“Kami secara resmi telah melaporkan pihak Pemkab dan pihak KPU kabupaten, terkait adanya baliho ajakan mencoblos kolom kosong yang dipasang disejumlah tempat dengan menggunakan logo KPU dan logo pemerintah daerah,” kata Tim Pemenangan Sumendap-Legi Hendra Paat di Ratahan.

Menurut Hendra, laporan yang disampaikan pihaknya tersebut terkait pelanggaran berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017, dan PKPU Nomor 8 Tahun 2017.

“Berdasarkan PKPU ini telah terjadi sejumlah pelanggaran dan itu merugikan kami sebagai pasangan calon. Karena isi baliho tersebut terlihat dilegitimasi karena ada logo dari KPU dan logo pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Minahasa Tenggara ketika diminta keterangannya mengungkapkan telah menerima laporan tersebut, dan segera menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Laporan ini kami sudah terima, dan disampaikan oleh tim pemenangan pasangan calon tunggal dengan terlapor Pemkab Minahasa Tenggara dan KPU Minahasa Tenggara,” ujarnya.

Dia menambahkan, nantinya pihak terlapor tersebut bersama para saksi akan dipanggil untuk dimintai keterangan serta klarifikasi.

Ketua KPU Kabupaten Minahasa Tenggara Ascke Benu, ketika diminta keterangannya mengaku belum mengetahui jika pihaknya menjadi terlapor di Panwaslu.

“Kami belum mendapatkan pemberitahuan resmi terkait hal ini. Tapi nantinya jika diminta untuk memberikan klarifikasi kami dari KPU sangat siap untuk memenuhi panggilan,” katanya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy mengaku belum mendapatkan mendapatkan surat pemanggilan dari pihak Panwaslu.

“Sampai saat kami belum mendapatkan informasi resmi terkait adanya laporan ini. Tapi intinya kalau kami dipanggil untuk dimintai keterangan maka kami siap untuk memberikan klarifikasi,” tandasnya, seperti dikutip Antara. (aik)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUKUM

Polisi Tertibkan Minuman Keras Amankan Ramadhan

Published

on

Petugas kepolisian dari Polres Minahasa Selatan, Sulut, saat menertibkan minuman keras.

Indonesiaraya.co.id, Manado – Petugas kepolisian dari Polres Minahasa Selatan, Sulut, menertibkan minuman keras berbagai merek yang dijual tanpa izin hingga ke wilayah kecamatan di saat bulan suci Ramadhan.

“Puluhan botol minuman keras disita di sejumlah kios di Kecamatan Tompasobaru, saat menggelar Operasi Cipta Kondisi,” kata Kapolsek Tompasobaru Iptu Robby Tangkere, di Minahasa Selatan, Kamis (17/5/2018).

Ia mengatakan kegiatan operasi dilaksanakan untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif, khususnya pada momen Bulan Suci Ramadhan.

“Kita berupaya mencipatakan situasi yang aman dan nyaman khususnya pada Bulan Suci Ramadhan ini, salah satunya dengan menggelar razia miras,” kata Kapolsek.

Puluhan botol miras tanpa ijin telah diamankan di Polsek Tompasobaru untuk dijadikan barang bukti pada proses penyidikan lanjutan, seperti dikutip Antara. (jor)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

SULAWESI UTARA

Kadin Minta Pemerintah Perhatikan Peluang-Tantangan UMKM Sulut

Published

on

Kadin meminta pemerintah pusat lebih memperhatikan peluang dan tantangan Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Indonesiaraya.co.id, Manado – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintah pusat lebih memperhatikan peluang dan tantangan Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Sehingga saya memaparkan peluang dan tantangan UMKM kepada Menteri Koperasi dan UMKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga agar bisa menjadi salah satu prioritas untuk dikembangkan,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Sulut Ivanry Matu di Manado, Rabu (9/5/2018).

Ivanry mengatakan selain Menteri Koperasi dan UMKM juga dihadapan sejumlah peserta dalam meeting conference International Council of Small Business (ICSB) Indoensia 6-8 Mei 2018 di Kota kasablanka Jakarta.

Ia mengatakan ICSB adalah organisasi yg berpusat di New York Amerika Serikat dengan fokus pada persoalan Small Business Entreprises for scale up, sehingga menjadi kesempatan yang sangat penting untuk mengutarakan peluang dan hambatan UMKM di Sulut.

Ivanry Matu sebagai city coordinator Manado Sulawesi Utara menekankan pada tiga poin utama yaitu, masalah database UKM yang akurat, masalah teknologi pengemasan produk UKM, transfer ilmu untuk para pengrajin di Sulut sangat penting dilakukan dalam waktu dekat ini.

Selain itu, katanya, di hadapan Menteri pihaknya menyampaikan pentingnya menggarap potensi lokal dengan sinergitas semua pemangku kepentingan dalam rangka sinkronisais untuk mewujudkan roadmap UKM Indonesia.

Sulut, katanya memiliki potensi yang cukup besar di sektor pariwisata seperti Bunaken, pantai Likupang, selat lembeh, pantai lingkar selatan, tomohon, bukit kasih, danau linow, dan masih banyak lagi.

Dari sisi Budaya yang paling terkenal Mapalus, tarian kabasaran, katrili. Kuliner Sulut kaya ikan, pasar ekstrim.

“Apalagi ditunjang masyarakat yang sangat ramah dan suka senyum pada banyak orang, serta sumber daya alam kelautan dan pertanian yang cukup besar,” jelasnya.

Namun, katanya, masih memiliki tantangan yang cukup besar seperti belum tersedianya eknologi pengemasan, kreativitas dan rumah kemasan, masih minim pengetahuan dalam kerajinan (kurang terampil) perlu ada transfer knowledge dari perajin luar.

Masuknya pengusaha luar, membuat pertumbuhan ekonomi stagnan, potensi perikanan belum tergarap 80 persen ekspor ikan tuna di dunia berasal dari perairan Bitung-Maluku Utara.

“Potensi pertanian produk unggulan belum tergarap (kelapa) konsep agribisnis terintegrasi,” jelasnya.

Serta, katanya, masih membutuhkan sosialisasi entreprenueship yakni pemberdayaan kelompok women entrpeneur, mengawinkan bumdes dengan produk unggulan ke arah konsep agribisnis yang berkelanjutan dengan jaminan pasar.

Laboratorium Wirausaha belum optimal, katanya, serta sinkronisasi dan sinergitas belum terbangun akibatnya program pemberdayaan UMKM yang masih tumpang tindih.

“Kami berharap pemerintah pusat dan daerah lebih memperhatikan UMKM di Sulut karena potensi yang cukup besar, dan sektor riil ini mampu bertahan disaat ada krisis ekonomi sekalipun,” pungkasnya, seperti dikutip Antara. (nlt)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

SPORT

KSOP Bitung Juara “Danlantamal VIII Cup”

Published

on

Tim KSOP Bitung meraih juara pertama pada kejuaraan futsal memperebutkan "Danlantamal VIII Cup", berlangsung di lapangan apel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan Bitung, Sulawesi Utara.

Indonesiaraya.co.id, Manado – Tim KSOP Bitung meraih juara pertama pada kejuaraan futsal memperebutkan “Danlantamal VIII Cup”, berlangsung di lapangan apel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan Bitung, Sulawesi Utara.

“Prestasi tersebut diraih setelah pada partai final KSOP Bitung mengalahkan Al- Fijra FC,” kata Kadispen Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado Kapten Laut (T) Jusuf Ali, di Manado, Selasa (8/5/2018)

Kejuaraan diikuti sebanyak 38 klub futsal yang berasal dari berbgai kota dan kabupaten di Sulawesi Utara seperti Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan, ditutup Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono.

Danlantamal mengatakan kegiatan futsal ini juga sebagai wahana untuk meningkatkan hubungan silaturahim dan menciptakan kebersamaan, semangat sportivitas dalam berkompetisi.

“Pada akhirnya akan melahirkan atlet yang tangguh,” katanya.

Kepada yang menyampaikan selamat dan yang belum berhasil, jangan kecewa teruslah berlatih dan jadikan ini sebagai motivasi untuk dapat berprestasi dimasa datang.

“Terimakasih kepada panitia penyelenggara turnamen ini, dengan harapan senantiasa kita dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan melalui bidang olahraga,” katanya.

Hasil kejuaraan itu juara pertana Tim KSOP Bitung, juara kedua Al-Fijra FC dan ketiga Skip Jack, para pemenang selain mendapatkan piala juga uang pembinaan, seperti dikutip Antara. (jor)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending