Connect with us

SEKTOR RIIL

Kunker ke Ceko dan Jerman, Ini Fokus Menperin

Published

on

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke dua negara di Benua Biru, yakni Ceko dan Jerman selama lima hari, mulai 30 April sampai 4 Mei 2018 terkait upaya pemerintah Indonesia untuk menerapkan industri 4.0 dan meningkatkan investasi.

“Jerman ini menjadi negara pertama yang telah membuat roadmap mengenai implementasi ekonomi digital. Untuk itu, kami ingin berdiskusi dengan mereka karena sebagai salah satu pionir, agar bisa dapat masukan yang positif,” kata Airlangga melalui keterangannya di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Airlangga menyampaikan, Pemerintah Indonesia tengah melaksanakan langkah-langkah strategis yang ditetapkan berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0. 

Upaya ini guna mempercepat terwujudnya aspirasi nasional yang telah ditargetkan karena memanfaatkan peluang di era revolusi industri keempat.

“Dengan Making Indonesia 4.0, salah satu aspirasinya adalah menjadikan Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030,” uturnya. 

Airlangga optimistis, target itu bisa tercapai apabila 10 langkah prioritas nasional dijalankan secara terintegrasi.

Misalnya, Indonesia harus mampu membangun industri manufaktur nasional yang berdaya saing global dengan menerapkan standar-standar keberlanjutan. Untuk itu, diperlukan penggunaan teknologi terkini khususnya yang berkonsep pada ramah lingkungan.

“Kami akan mengunjungi Fraunhofer, yaitu lembaga riset yang ada di Jerman. Lembaga riset Jerman ini sedang mengembangkan satu jenis algae yang bisa mengkonversi palm oil mill effluent (POME) menjadi gasoline. Itu beberapa riset yang nanti kami lihat,” ungkapnya.

Penemuan tersebut dinilai dapat menekan emisi gas buang kendaraan dan mengurangi ketergantungan impor bahan bakar minyak (BBM). 

Hal ini sejalan dengan program yang telah diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian, yakni low carbon emission vehicle (LCEV) untuk mendorong industri otomotif di Indonesia memproduksi kendaraan ramah lingkungan.

“Riset terhadap biofuel ini harus dilakukan, karena Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Kita juga punya rumput laut. Keduanya sedang dilakukan riset, dan pemerintah siap memberikan insentif,” paparnya.

Di samping itu, salah satu dari 10 langkah prioritas nasional di dalam Making Indonesia 4.0, pemerintah berupaya menarik minat investasi asing di Tanah Air. Upaya ini dapat mendorong transfer teknologi ke perusahaan lokal. 

“Untuk mening­katkan investasi, Indonesia akan secara aktif melibatkan perusahaan manufaktur global, dengan memilih 100 perusahaan manufaktur teratas dunia sebagai kandidat utama dan menawarkan insentif yang menarik untuk berkolaborasi dengan industri nasional,” jelas Menperin.

Dalam kunjungan kerjanya di Ceko, Airlangga didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses  Industri Internasional (KPAII) I Gusti Putu Suryawirawan beserta delegasi mengagendakan pertemuan  dengan pihak Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Ceko. 

Selain itu, dijadwalkan pula pertemuan bisnis dengan para pelaku usaha di Ceko.

“Di Jerman, selain ke Fraunhofer, kami juga akan melakukan pertemuan dengan Menteri Perekonomian Jerman dan beberapa pihak perusahaan di sana seperti Siemens. Jadi, kami akan terus dorong beberapa perusahaan Jerman untuk investasi baru atau meningkatkan kapasitas produksinya bagi yang sudah ada di Indonesia,” pungkasnya.

Ceko merupakan mitra dagang Indonesia terbesar keempat di kawasan Eropa Tengah dan Timur setelah Rusia, Ukraina dan Polandia. Selama tahun 2010-2015, total nilai investasi Ceko di Indonesia mencapai 34,35 juta dolar AS. 

Sedangkan, periode 2016-2017, investasi Ceko di sektor manufaktur mencapai 499,5 ribu dolar AS untuk tiga proyek yang meliputi industri logam dasar, barang logam, serta mesin dan elektronik.

Sementara itu, sepanjang 2010-2015, nilai keseluruhan investasi Jerman di Indonesia mencapai 552 juta dolar AS dengan 547 proyek yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 38.382 orang. 

Sedangkan, pada 2017, nilai investasi Jerman di Indonesia untuk sektor manufaktur sebesar 79,3 juta dolar AS dengan total 108 proyek, naik dibanding capaian investasi tahun sebelumnya sebesar 58,5 juta dolar AS dengan 59 proyek. 

Proyek investasi Jerman tersebut didominasi oleh sektor industri baja dan mesin, kimia dan farmasi, serta otomotif, seperti dikutip Antara.(spg)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

SEKTOR RIIL

Palembang Andalkan 14 Destinasi Wisata Sambut Asian Games

Published

on

Salah satu tempat destinasi wisata di palembang yaitu Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning.

Indonesiaraya.co.id, Palembang – Kota Palembang mengandalkan 14 destinasi wisata menyambut Asian Games XVIII, 18 Agustus-2 September 2018, untuk mencapai target 2,5 juta wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani di Palembang, Jumat (18/5/2018) mengatakan, target ini cukup relevan karena di tahun 2017 kunjungan wisatawan sudah mencapai 2.001.567 orang untuk wisatawan nusantara dan 9.850 orang wisatawan asing.

“Kami berharap di tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara juga ikut meningkat, karena akan banyak yang datang baik ofisial, atlet, dan lain sebagainya. Apalagi saat ini ada tambahan destinasi baru,” kata Isnaini.

Ia menyebutkan ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Alquran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro.

Kemudian, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman, serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Selain 14 destinasi wisata itu, Pemkot Palembang juga menyajikan tempat wisatawan dapat berswafoto seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak.

“Sebenarnya total destinasi di Palembang ada 64, tapi kami kerucutkan menjadi 14 sehingga lebih fokus dan tepat sasaran,” kata dia.

Untuk mempromosikan destinasi wisata itu, pemkot menggandeng Asosiasi Travel Agen (ASITA), media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), dan lainnya.

“Asian Games menjadi peluang untuk meningkatkan sektor pariwisata. Seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata, berapa besar biaya pelaksaaan Asian Games maka sebesar itulah biaya promosi Palembang,” kata dia.

Sementara itu, Indonesia menargetkan 17 juta orang wisatawan asing pada 2018 memanfaatkan momen Asian Games. Pada periode Januari-Maret 2018 diketahui telah berjumlah 3,67 juta orang atau naik 14,87 persen dibandingkan periode yang sama 2017.

Tahun lalu total wisatawan manca negara 14,04 juta orang atau lebih rendah dari target 15 juta orang karena erupsi Gunung Agung, Bali, seperti dikutip Antara. (drs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Pariwisata Yogyakarta Tetap Berjalan Baik

Published

on

Hingga saat ini belum ada dampak penurunan kunjungan wisata di Yogyakarta.

Indonesiaraya.co.id, Yogyakarta – Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Aris Riyanta, mengatakan, hingga saat ini belum ada dampak penurunan kunjungan wisata di Yogyakarta akibat peristiwa teror bom di Surabaya, Jawa Timur.

“Sampai sekarang belum ada dampak (kunjungan wisata) yang terlihat akibat aksi-aksi teror kemarin,” kata Riyanta, di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, aktivitas pariwisata di sana masih berlangsung seperti biasa. Meski demikian ia mengakui ada kecenderungan penurunan kunjungan memasuki bulan Ramadhan dibandingkan hari biasa.

Terkait hal itu, dia bilang, “Saya yakin para pengelola objek wisata atau hotel memiliki cara-cara tersendiri untuk mengatasinya.”

Kepala Bagian Humas Kebun Binatang Gembira Loka, Eros Renanda, mengatakan, sejak awal Ramadhan, Kamis (17/5), kunjungan di sana memang menurun, cuma sekitar 300 orang ketimbang 1.000 orang pada masa lain, seperti dikutip Antara. (luq)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Delapan Maskapai Pindah ke Terminal 3 Soekarno-Hatta

Published

on

Delapan maskapai dengan rute internasional akan memindahkan operasionalnya dari Terminal 2 ke Terminal 3.

Indonesiaraya.co.id, Tangerang – Delapan maskapai dengan rute internasional akan memindahkan operasionalnya dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada bulan Mei 2018 ini.

Senior Manager Of Branch Communications And Legal Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto di Tangerang, Jumat, mengatakan maskapai tersebut adalah Thai Airways pada tanggal 1 Mei, Oman Air tanggal 8 Mei, Qantas dan Jetstar Asia Airways tanggal 11 Mei, KLM Royal Dutch Airlines tanggal 15 Mei 2018.

Kemudian pada tanggal 20 Mei 2018 nanti yakni maskapai Air China. Sedangkan Srilanka Airlines dan China Eastern diyakini juga segera berpindah ke Terminal 3.

Dikatakannya, PT Angkasa Pura II mendukung reposisi tersebut, karena hal itu merupakan bagian dari komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk meningkatkan layanan bagi maskapai penerbangan maupun para pengguna jasa.

Menurutnya, perkembangan operasional pelayanan secara digital di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah mempengaruhi sejumlah perusahaan penerbangan asing untuk berpindah.

“Penting bagi PT Angkasa Pura II dan maskapai untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang. Karenanya, kami mendukung penuh relokasi Air China yang akan dilakukan pada 20 Mei 2018,” ujarnya.

Sementara itu, di Terminal 3 Air China dapat ditemukan di loket chek-in C08 sampai C13. “Kami berharap penumpang tiba lebih awal di bandara untuk memastikan penerbangan berjalan lancar,” terang Erwin. ?? Sejak beroperasi secara bertahap pada Agustus 2016, relokasi airlines rute internasional ke Terminal 3 terjadi mulai Mei 2017.

Berawal pada 1 Mei Garuda Indonesia, kemudian Saudi Arabian Airlines pada 10 Juli 2017, Vietnam Airlines 12 Juli 2017, Korean Air 17 Juli 2017, Xiamen Air 30 Juli 2017, China Airlines 8 Agustus 2017, serta China Southern 29 Agustus 2017.

Sedangkan pada 2018, ?telah berpindah AirAsia 22 Januari, Fly Scoot Tiger 14 Maret, Citilink rute Penang 25 Maret, Malaysia Airlines 9 April , Thai Airways 1 Mei, Oman Air 8 Mei, Qantas dan Jetstar Asia Airways 11 Mei. ? ?

Pada Selasa 15 Mei 2018 maskapai asal Belanda yakni KLM Royal Dutch Airlines ikut bergabung di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, seperti dikutip Antara. (ach)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending