Connect with us

FINANSIAL

Sri Mulyani Kecewa Pegawai Kemenkeu Korupsi

Published

on

Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku kecewa terhadap terungkapnya korupsi yang melibatkan pegawai Kementerian Keuangan karena hal tersebut mencederai reformasi tata kelola dan upaya mewujudkan transparansi.

“Tertangkapnya YP telah membunyikan alarm yang sangat keras, bahwa yang dilakukan YP adalah nyata merupakan praktik makelar anggaran. Saya tekankan bahwa penangkapan YP sangat mengecewakan dan memprihatinkan kita semua,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Sri Mulyani mengatakan bahwa YP yang ditangkap oleh KPK adalah Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Negara.

Menkeu menjelaskan bahwa jabatan YP sebetulnya tidak ada hubungan dengan pengalokasian anggaran ke daerah.

Menanggapi kasus tersebut, Sri Mulyani menegaskan bahwa ia berusaha membersihkan Kementerian Keuangan dari praktik makelar anggaran.

“Banyak prosedur kami ubah menggunakan teknologi informasi, sehingga interaksi dan pertemuan antara kementerian lembaga, pemerintah daerah, atau instansi lain dalam pengurusan anggaran tidak perlu dilakukan perseorangan,” kata dia.

Sri Mulyani mengaku telah mengintroduksi proses bisnis yang lebih terbuka dan transparan serta mengurangi interaksi dalam pengurusan keuangan negara.

“Namun ternyata masih ada oknum di Kemenkeu yang melihat adanya suatu kesempatan untuk menjadi makelar anggaran. Kami akan evaluasi dari sisi tata kelola, bisnis proses, dan tingkah laku pegawai di Kemenkeu,” ucap dia.

Sri Mulyani juga menyatakan dukungan terhadap langkah KPK menindak upaya gratifikasi kepada penyelenggara negara.

Ditahan KPK

KPK telah menahan empat tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan suap pembahasan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada Rancangan APBN-Perubahan 2018.

Keempat tersangka yaitu anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Demokrat Amin Santono, pihak swasta sekaligus perantara Eka Kamaluddin, Kasie Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Yaya Purnomo, dan pemberi suap Ahmad Ghiast.

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada keempatnya pada Jumat (4/5/2018) malam di Jakarta dan Bekasi.

Amin diduga menerima Rp400 juta sedangkan Eka menerima Rp100 juta yang merupakan bagian dari “commitment fee” sebesar Rp1,7 miliar atau 7 persen dari nilai dua proyek di Kabupaten Sumedang dengan total Rp25 miliar.

Pasal yang disangkakan kepada Amin, Eka dan Yaya adalah pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 UU No 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pasal itu mengatur mengenai pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya dengan hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

Sedangkan Ahmad disangkakan pasal pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau pasal 13 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pasal 55 ayat 1 ke-1 jo KUHP.

Pasal itu yang mengatur mengenai orang yang memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun penjara dan maksimal 5 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp250 juta, seperti dikutip Antara. (rcb)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FINANSIAL

BCA Berbagi Kartu Multifungsi Flazz

Published

on

Bank Central Asia (BCA) berbagi kartu multifungsi flazz kepada 500-an nasabah lembaga keuangan tersebut maupun masyarakat umum dalam acara "BCA Funwalk 2018".

Indonesiaraya.co.id, Tanjungbalai – Bank Central Asia (BCA) berbagi kartu multifungsi flazz kepada 500-an nasabah lembaga keuangan tersebut maupun masyarakat umum dalam acara “BCA Funwalk 2018”, Sabtu (14/7/2018), di areal Vihara Tri Ratna Kota Tanjungbalai.

Dalam kesempatan itu, Kepala Cabang Utama BCA Kisaran Johannes Lim berterima kasih kepada seluruh peserta, khususnya nasabah yang secara bersama-sama mengikuti rangkaian acara jalan santai, senam aerobik bertema “Sehat Ceria Bersama BCA” tersebut.

“Tujuan acara ini dilakukan untuk mengajak masyarakat Tanjungbalai agar gemar berolah raga dan sebagai ajang silaturahmi sesama nasabah dan karyawan,” ucapnya.

Menurut Johannes, saat ini BCA memiliki fasilitas Kartu Flazz yang masih baru untuk Kota Tanjungbalai, namun telah banyak digunakan di kota metropolitan seperti Medan, Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Kartu multifungsi flazz itu merupakan salah satu produk BCA untuk memudahkan segala bentuk transaksi nasabah atau non-nasabah yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran di pintu gerbang tol, SPBU, restoran dan pusat perbelanjaan yang tersedia mesin kartu flazz.

Dalam kesempatan itu, kepada nasabah dan masyarakat peserta Funwalk 2018, BCA sengaja memberikan gratis Kartu Flazz berisi pulsa Rp20.000.

Jadi peserta bisa melakukan top up atau pengisian ulang pulsa ke dalam kartu flazz tersebut ke ATM BCA di kantor terdekat.

Johannes Lim juga menjelaskan, BCA Kantor Cabang Utama Kisaran mempunyai dua Kantor Cabang Pembantu (KCP) yakni di Tanjungbalai dan Rantau Prapat.

“Kedepannya kita berharap BCA bisa lebih maju khususnya di Kota Tanjungbalai karena nasabah sudah merasa nyaman bertransaksi di BCA,” ungkap Johannes Lim.

Pantauan di lapangan, kegiatan diawali jalan santai di seputaran Kota Tanjungbalai yang dilepas oleh Wakapolres Tanjungbalai Kompol Taryono Raharja didampingi KCU BCA Kisaran Johannes Lim, KCP Tanjungbalai Rusmini dan KCP Rantau Prapat Yadi Suprapto.

Usai jalan santai start dan finish di Vihara Tri Ratna dengan jarak tempuh 4 kilometer, peserta dari kalangan orang dewasa hingga anak-anak dan karyawan BCA berbaur gembira mengikuti senam aerobik.

Acara juga disemarakkan penarikan kupon Lucky Draw dengan berbagai hadiah menarik yang disediakan sponsor, seperti dikutip Antara. (yan)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

FINANSIAL

BI Babel Temukan 33 Lembar Uang Palsu

Published

on

Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika.

Indonesiaraya.co.id, Pangkalpinang – Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung menemukan 33 lembar uang palsu yang beredar di daerah itu selama periode Januari hingga April 2018.

“Jumlah uang palsu yang kita temukan di Babel relatif rendah di banding provinsi lainnya. Jumlah tersebut sama dengan tahun lalu pada periode yang sama juga,” kata Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika di Pangkalpinang, Minggu (15/7/2018).

Ke-33 lembar uang palsu tersebut terdiri atas pecahan Rp100 ribu 18 lembar, Rp50 ribu 14 lembar dan Rp20 ribu hanya satu lembar. Uang tersebut berasal dari laporan masyarakat yang diterima perbankan.

“Dari masyarakat perbankan menerima uang palsu itu. Setelah di catat nomor serie dan identitas pengguna uang palsu tersebut, perbankan melaporkan ke BI dan uang tersebut diracik atau dihancurkan oleh BI,” jelasnya.

Menurut Tantan, temuan uang palsu tersebut dicatat secara rinci agar aparat kepolisian mudah melacak jaringan peredaraan uang tersebut. Jika masih satu atau dua yang beredar di wilayah belum dikhawatirkan, beda jika lebih 10 lembar tentu akan ditindak. Perlu teknologi luar biasa meniru uang asli karena uang asli atau palsu dapat juga dibedakan oleh penderita tuna netra. Masyarakat yang tidak berkemampuan melihat bisa membedakan pecahan uang.

“Bank Indonesia terus memperbarui emisi uang buat mengantisipasi lonjakan uang palsu. Terutama, ciri-ciri keaslian yang diperbaruhi secara canggih dan tidak mudah dipalsukan,” ujarnya, seperti dikutip Antara. (via)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

FINANSIAL

IHSG Senin Pagi Dibuka Melemah 2,16 Poin

Published

on

IHSG dibuka melemah sebesar 2,16 poin atau 0,04 persen ke posisi 5.941,91.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah sebesar 2,16 poin menjadi 5.941,91 seiring dengan melemahnya rupiah, Senin (16/7/2018).

IHSG dibuka melemah sebesar 2,16 poin atau 0,04 persen ke posisi 5.941,91, sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak turun 0,55 poin (0,06 persen) menjadi 937,17.

“Pelaku pasar tampaknya masih kembali melakukan aksi beli seiring imbas pergerakan bursa saham AS yang kembali menghijau,” kata analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta.

Menguatnya bursa saham AS sendiri seiring dengan rilis laporan The Fed yang semakin optimis pada pertumbuhan ekonomi AS sehingga memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga.

“Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5.898-5.916 untuk dapat melanjutkan penguatannya kembali. Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5.955-5.968,” ujarnya.

Sebelumnya, pergerakan IHSG di akhir pekan mampu kembali bertengger di zona hijau seiring masih meningkatnya aksi beli asing.

Meski tidak sepenuhnya didukung oleh pergerakan laju Rupiah yang kembali melemah, laju IHSG tetap bergerak di teritori positif.

Saham-saham berkapitalisasi besar kembali menjadi perburuan pelaku pasar, terutama saham-saham perbankan yang beberapa diantaranya yang masuk dalam jajaran “top gainers” Bursa regional sendiri juga menguat di antaranya indeks Hang Seng turun 85,7 poin (0,3 persen) ke 28.439,74 dan Straits Times turun 20,36 poin (0,62 persen) ke posisi 3.239,99, seperti dikutip Antara. (cit)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending