Connect with us

BOGOR

Inilah Kartini Zaman Now di Mata Bima Arya

Published

on

Bima Arya Sugiarto, punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Kartini.

Indonesiaraya.co.id, Bogor – Semarak peringatan Hari Kartini yang jatuh pada hari 21 April 2018, hari ini, menjadi refleksi bagi kehidupan gender perempuan di Indonesia. 21 April juga menjadi simbol emansipasi kaum perempuan untuk mendapatkan hak-hak yang sama dengan kaum pria. Bagaimana makna Kartini bagi Bima Arya?

Seperti dikutip Hallobogor.com, calon Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Kartini, Sabtu (21/4/2018). Selama seharian, Bima Arya terlihat menggunakan jasa ojek online dengan pengemudi wanita untuk menemani aktivitasnya ke sejumlah agenda. 

Ade Gendis (38), warga Tajur, Bogor Timur yang telah satu tahun menjalani profesi sebagai driver ojek online, mendapatkan kesempatan untuk mengemudikan kendaraan roda duanya yang ditumpangi oleh walikota petahana Bima Arya.

Di mulai dari kawasan Bondongan, Bogor Selatan, Bima Arya dan Ade menelusuri jalan di tengah teriknya matahari siang itu menuju wilayah Pandu Raya, Bogor Utara. Selama perjalanan, Bima Arya tampak berbincang dengan Ade. Sesekali tawa pun pecah dari raut wajah keduanya. Bima Arya pun melakukan siaran langsung di sosial media Instagram untuk melakukan interaksi dengan warga bersama dirinya maupun dengan Ade yang Bima Arya sebuat sebagai sosok Kartini zaman now.

Usai mengantarkan Bima Arya ke sejumlah lokasi, Ade Gendis menyatakan bahwa dirinya sangat mengagumi keramahan dan kepemimpinan Bima Arya. “Tadi perjalanan menyenangkan. Kang Bima tipe orang yang fleksibel, tidak kaku. Santai, enak bahas apapun enak,” ungkap Ade yang didampingi oleh ojek online wanita lainnya, Sandra Permata dan tergabung dalam Srikandi Go-Jek.

Ia menambahkan, momen tersebut dimanfaatkannya untuk berbincang seputar persoalan di Kota Bogor yang harus segera dituntaskan oleh Bima Arya pada periode berikutnya. “Tadi ngobrol seputar PR yang harus diselesaikan. Kalau Kang Bima terpilih harus menyelesaikan PR yang ada, jangan sampai ganti orang, ganti kebijakan. Kebijakan yang sudah bagus sekarang, diteruskan. Kalau ada kekurangan di perbaiki. Jangan sampaai masyarakat bingung, yang ini kebijakannya begini, nanti ganti orang lalu kebijakannya beda lagi. Kalau menurut saya bagusnya Kang Bima dua periode,” tandasnya.

Tidak hanya membahas yang serius, Bima Arya juga menanyakan seputar pengalaman Ade yang sudah setahun menjalani profesi sebagai driver ojek online. Ia berharap, para wanita masa kini bisa terinspirasi dari sosok RA Kartini yang ingin para wanita meneruskan segala perjuangannya untuk menjadikan para wanita mendapatkan hak-hak semestinya.

“Hari Kartini bisa dijadikan momentum bahwa  perempuan bisa bekerjasama dengan lelaki untuk membangun sesuatu yang bisa lebih baik lagi. Tapi tentu ada batasan yang harus kita pahami, seperti tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan,” jelasnya.

Bima Arya juga sempat mengajak Ade Gendis dan Sandra Permata mengunjungi bangunan bersejarah, yakni SMA Negeri 9 Kota Bogor yang terletak di Jalan Kartini, Bogor Tengah. Bangunan tersebut ternyata memiliki riwayat tak terpisahkan dengan emansipasi wanita di Kota Bogor. Sekolah yang mulai dibangun pada 1914 itu, ternyata sekolah dasar (SD) pertama khusus perempuan di kota hujan ini yang didirikan atas dorongan spirit RA Kartini.

Bima Arya tampak terkesan dengan bangunan berusia lebih dari satu abad itu karena masih tampak kokoh, bahkan terawat. 

“Memahami semangat kartini tidak boleh salah kaprah. Selain harus menyesuaikan dengan semangat zaman, juga harus memahami fitrah dari perempuan. Perempuan zaman now bagi saya adalah perempuan yang memiliki kekuatan kemandirian, di sisi lain juga ada kodrat sebagai perempuan yang tidak boleh dihilangkan dan ada peran-peran sebagai perempuan yang memang mulia untuk terus diperjuangkan. Seperti, mendidik dan membesarkan anak. Jangan salah dipahami semangat RA Kartini ini menjadi semangat yang terlalu kebablasan,” ungkap Bima Arya.

Keberpihakan dan kesetaraan terhadap hak-hak wanita juga Bima Arya tunjukan dengan menunjukkan sejumlah pejabat perempuan dalam struktur perangkat kerja di periode pertamanya, sebut saja untuk posisi kepala dinas hingga lurah beberapa di antaranya diisi oleh perempuan.

“Ini bukan hanya soal kesetaraan melainkan kompetensi. Mereka memiliki itu. Komitmen saya untuk mendorong perempuan, saya ingin sosok-sosok ini menginspirasi perempuan lain. Tapi bukan sekadar keberpihakan tanpa obyektifitas, mereka adalah sosok-sosok mumpuni di bidang ini,” pungkasnya. (cep)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BOGOR

Deklarasi di Puncak, Rachel Maryam dan Fauzi Baadilla Bergabung di Relawan Pendukung Prabowo-Sandi

Published

on

Relawan Pendukung Prabowo (RPP) deklarasi di Joglo Restoran Raffles, Cipayung Puncak Bogor, Rabu (15/8/2018).

Indonesiaraya.co.id, Megamendung – Relawan Pendukung Prabowo (RPP) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Prabowo Subianti – Sandiaga Uno untuk Pilpres 2019, di Joglo Restoran Raffles, Cipayung Puncak Bogor, Rabu (15/8/2018).

Deklarasi dukungan terhadap Prabowo-Sandiaga Uno dihadiri perwakilan RPP dari berbagai daerah termasuk dari luar Pulau Jawa.

Hadir juga anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Rachel Maryam dan juga selebritis, Fauzi Baadila.

“Intinya RPP ikut berpartisipasi memperjuangkan Pak Prabowo ke depan, kalau target ke depan insya Allah membantu partai-partai koalisi khususnya Gerindra,” kata Sekjen RPP, Andi Irwandi, Rabu (15/8/2018).

Andi menuturkan bahwa RPP berencana akan ikut serta menjadi tim monitoring di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah-daerah.

Selain itu, kata dia, pembentukan RPP sampai saat ini baru 14 provinsi dan akan dikembangkan sampai masa kampanye tiba.

“Insya Allah dalam waktu dekat sebelum tanggal 27 September, mulainya masa kampanye, insya Allah kami sudah 50 persen secara nasional,” kata Andi. Demikian, seperti dilansir Tribunnewsbogor.com. (*) 


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BOGOR

Defisit APBN 2018 Diprediksi Sebesar 2,12 Persen

Published

on

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Indonesiaraya.co.id, Bogor – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bawa Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk menjaga APBN 2018 dengan defisit lebih rendah dari yang direncanakan sebelumnya 2,19 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi 2,12 persen.

“Dari sisi outlook sekarang ini, kami memperkirakan APBN 2018 akan menjadi defisitnya 2,12 persen dari PDB atau dalam hal ini Rp314 triliun lebih kecil dari tadinya yang diperkirakan Rp325 triliun,” kata kata Sri Mulyani saat konferensi pers usai Rapat Terbatas yang membahas realisasi dan prognosis pelaksanaan APBN 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (10/7/2018).

BACA JUGA : Menkeu : APBN 2018 Tidak akan Diubah

Menkeu mengungkapkan bahwa dalam laporan semester I APBN 2018 menunjukkan defisit yang mengalami penurunan, bahkan yang disebut kesimbangan primer posisinya positif.

“Ini untuk pertama kali sejak empat tahun terakhir realisasi defisit kita adalah Rp110 triliun lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang posisinya Rp175 triliun,” katanya.

Menurut Mulyani, hal ini menggambarkan bahwa pemerintah terus berusaha membuat APBN menjadi sehat, kredibel, terutama dikaitkan dengan pengelolaan utang.

“Hasil semester I ini mengkonfirmasikan sekali lagi bahwa pemerintah sangat berhati-hati dan sangat prudent di dalam menjaga APBN 2018,” jelasnya.

Dengan postur APBN yang cukup baik dan tidak mengalami deviasi yang besar dari sisi jumlah penerimaan negara dan jumlah belanja negara dan defisitnya lebih kecil yang direncanakan, maka Poresiden menyampaikan tidak melakukan APBN perubahan, kata Mulyani.

Menkeu juga menegaskan bahwa dengan APBN yang baik ini, maka pihaknya akan menggunakan instrumen fiskal untuk menjaga ekonomi, terutama kondisi perekonomian yang sedang dalam tekanan dari ekonomi global, seperti dikutip Antara. (jks)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BOGOR

Polres Bogor Minta Pemudik Pilih Waktu Mudik

Published

on

Polres Bogor Minta Pemudik Pilih Waktu Mudik.

Indonesiaraya.co.id, Cibinong – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bogor, Jawa Barat meminta masyarakat untuk lebih jeli dalam memilih waktu mudik dengan memanfaatkan dua alternatif jalan maupun penggunaan transportasi umum pada “H-3” Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Itu antaranya jalan tembus Jalur Tenjoayu, Kecamatan Cicurug dan jalur alternatif Nagrak-Cibadak agar tidak terjebak kemacetan. Ini lebih dikhususkan untuk kendaraan roda dua,” kata Kepala Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bogor AKP Hasby Ristama di Cibinong, Selasa (11/6/2018).

Menurut dia pengendara harus memanfaatkan jalur alternatif tersebut seperti melalui Jalur Tenjoayu, Kecamatan Cicurug dan jalur alternatif Nagrak-Cibadak agar tidak terjebak kemacetan.

Tetapi dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan maka pada setiap ruas jalan sudah menyiagakan anggota untuk sistem pengaturannya. Dan dalam upaya tersebut meminta masyarakat yang hendak merayakan Lebaran 1439 Hijriah harus mematuhinya.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat agar lebih menggunakan ruas Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi). Namun, juga harus menggunakan estimasi waktu agar dapat sampai tujuan dengan selamat.

Pasalnya untuk jalur tol tersebut masih sedikitnya rambu-rambu jalan dan penerangan. Itu disebabkan pada jalur tersebut belum terselesaikan secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, masyarakat harus dapat mengatur waktu keberangkatan agar lebhih efisien dan tentunya sampai tujuan maupun bisa berkumpul dengan keluarganya untuk merayakan bersama.

Sementara itu, Kepala Polres Bogor, AKBP Andi M Dicky mengatakan dalam mudik “H-3” Lebaran 1439 Hijriah tentu beberapa ruas jalan akan sedikit mengalami peningkatan.

Itu dikarenakan masih banyaknya perusahaan swasta yang berlakukan cuti bersama pada “H-2”. Oleh karena itu akan ada penjagaan dan pengaturan arus seperti pada daerah Ciawi, Jalur Puncak-Cisarua.

Ini adalah salah satu cara agar dapat melakukan penguraian arus jalan. Selain itu bertujuan agar mudik 2018 dapat berjalan dengan tertib, aman maupun terkendali.

Namun untuk Rus Tol Bocimi untuk saat ini masih terkendali dengan kondisi lalulintas ramai lancar. Tetapi tetap harus berhati-hati bagi pengemudi karenanya masih kurangnya penerangan jalan, seperti dikutip Antara. (may)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending