Connect with us

DIGITAL

Misi 8villages Majukan Petani

Published

on

Pendiri 8villages, Sanny Gaddafi.

Indonesiaraya.co.id, Sydney – Berawal dari kepeduliannya terhadap perkembangan petani, Sanny Gadaffi mendirikan 8villages Indonesia agar para petani tidak ketinggalan menikmati teknologi di dunia digital.

“Aplikasi edukasi dan komunikasi, kayak Facebook, tapi, seputar dunia tani,” kata Sanny selaku Pendiri sekaligus CEO 8villages, saat ditemui di Paviliun Indonesia di pameran teknologi CeBIT Australia 2018 di Sydney, Australia.

Penggunaan ponsel pintar di kalangan masyarakat menjadi kekuatan 8villages untuk mengembangkan layanan berbasis komputasi awan untuk menjawab permasalahan di dunia pertanian.

8villages menaruh perhatian pada kesejahteraan para petani, mereka melihat peningkatan produksi para petani tidak selamanya berdampak pada pendapatan, dalam banyak kasus para tengkulak yang meraup keuntungan lebih banyak.

Banyaknya kasus petani tidak mendapatkan harga yang pantas untuk komoditas yang mereka produksi, menggerakkan 8villages untuk menuangkan layanan mereka ke dalam aplikasi Rego Pantes, nama yang diambil dari kosakata bahasa Jawa berarti “harga yang pantas”.

Lewat Rego Pantes petani dapat berhubungan langsung dengan konsumen akhir, dengan mekanisme harga tengah yang dihitung oleh sistem.

Sama seperti berjualan di e-commerce, para petani dapat memasarkan hasil buminya melalui Rego Pantes, hanya saja, harga yang dipasang oleh setiap petani untuk sebuah komoditas sama, untuk mencegah permainan harga

Dengan platform ini, Sanny mengharapkan para petani tidak lagi menjual produk mereka ke tengkulak yang mempermainkan harga dan mendapat keuntungan langsung dari hasil penjualan mereka.

Meski ingin memotong rantai penjualan melalui tengkulak, Sanny berpendapat tidak semua tengkulak berlaku negatif dan tertarik bekerja sama dengan tengkulak yang memberikan nilai tambah pada para petani, seperti dikutip Antara. (nat)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIGITAL

SpaceX Ungkap Penumpang Pertama Penerbangan ke Bulan

Published

on

Perjalanan wisata singkat ke ruang angkasa dengan roket New Shepard milik Blue Origin kemungkinan akan menelan biaya sekitar 200.000 dolar AS.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Teki-teki tentang siapa calon penumpang SpaceX yang akan terbang mengitari bulan akhirnya terjawab. Perusahaan transportasi luar angkasa itu pada Senin (17/9/2018) memenuhi janjinya untuk mengungkap jatidiri sang calon.

Orang itu adalah Yusaku Maezawa, miliuner Jepang pendiri dan bos situs belanja fesyen Zozo. Dia akan menjadi orang pertama yang mengunjungi bulan, sejak misi Apolo AS berakhir pada 1972.

Rencananya, Maezawa akan diterbangkan ke bulan pada 2023 dengan menumpang pesawat Big Falcon Rocket (BFR) yang dikembangkan SpaceX.

“Dia adalah orang yang berani melakukannya,” kata pemilik SpaceX, Elon Musk, seperti dikutip oleh Reuters.

Musk sebelumnya mengatakan dia ingin roket itu siap untuk perjalanan tanpa pilot ke Mars pada 2022, dengan penerbangan awak pada 2024, meskipun target produksi ambisiusnya telah diketahui meleset.

Jumlah yang dibayarkan Maezawa untuk perjalanan itu tidak diungkapkan, namun, Musk mengatakan pengusaha itu mengeluarkan deposit yang signifikan dan akan memiliki dampak material pada biaya pengembangan BFR.

Maezawa sempat menghebohkan dunia seni saat membeli sebuah lukisan tanpa judul karya Jean-Michael Basquiat seharga 110 juta dolar AS. Dia mengatakan akan mengundang enam hingga delapan seniman untuk menemaninya dalam misi ke bulan.

Maezawa akan bergabung dengan daftar selebriti yang telah mendapatkan kursi pada penerbangan yang ditawarkan di pesawat Virgin Galactic yang masih dikembangkan. Dengan SpaceX, pendiri Amazon.com Jeff Bezos ‘Blue Origin’ dan pengusaha Richard Branson pemilik Virgin Galactic tengah berjuang untuk meluncurkan pesawat luar angkasa sektor swasta.

Mereka yang telah mendaftar untuk terbang dalam misi sub-orbital Virgin Galactic termasuk aktor Leonardo DiCaprio dan bintang pop Justin Bieber. Penerbangan selama 90 menit itu berharga 250.000 dolar AS.

Perjalanan wisata singkat ke ruang angkasa dengan roket New Shepard milik Blue Origin kemungkinan akan menelan biaya sekitar 200.000 dolar AS hingga 300.000 dolar AS, setidaknya untuk harga awal, Reuters melaporkan pada bulan Juli. Demikian, seperti dikutip Antara. (ant)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

DIGITAL

Pemerintah Dinilai Tidak Tepat Operasikan Taksi Daring

Published

on

Anggota Komisi V DPR, Bambang Haryo.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Pemerintah dinilai tidak tepat mengoperasikan atau mengakuisisi aplikasi taksi daring, kata Anggota Komisi V DPR Bambang Haryo.

“Saya pikir kalau milsahnya pemerintah masuk di transportasi online sebagai regulator ini agak kurang tepat,” kata Bambang usai Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi Tahun 2018 di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Terdapat usulan dan wacana agar pemerintah mengakuisisi atau mengoperasikan aplikasi taksi daring karena selama ini permasalahan tidak pernah selesai dengan peraturan menteri yang selalu diganti dan kembali dibatalkan oleh Mahkamah Agung.

Pemerintah juga berencana menggandeng perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Telkom dalam penyediaan teknologi informasi.

Menurut Bambang, hal itu akan mengganggu bisnis dari Telkom sendiri karena Telkom sudah memiliki “core business”-nya masing-masing.

“Fungsi BUMN sebagai stabilisator dari perekonomian, kalau terjadi kartelisasi boleh, kalau tidak, enggak perlu. Mereka punya “core business” sendiri dan merekaa masih perlu pembenahan, nanti jadi enggak fokus dan hancur semua. Mereka belum bisa meningkatkan kinerjanya, ini yang perlu difokuskan,” katanya.

Dia menambahkan aplikasi daring saat ini tidak bersifat monopoli, sehingga tidak perlu diambil alih oleh pemerintah.

“Sebenarnya online itu mereka tidak monopoli, terdiri dari beberapa perusahaan dan saling bersaing, sehingga tarif yang diinginkan masyakat jadi sesuai,” katanya.

Bambang menilai kondisi seperti ini masih bisa diatur dengan menggunakan payung hukum yang jelas dan harus segera dikeluarkan yang baru.

“Pemerintah segera keluarkan regulasinya agar payung hukumnya ada, dengan aturan tertentu, mereka butuh “back up” asuransi. Kalau tidak dilindungi asuransi, maka tidak sesuai dengan keinginan masyarakat,” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal itu masih menjadi usulan karena berkaca pada Korea Selatan di mana aplikasi taksi daring saat ini dikelola oleh pemerintah.

“Di Korea ada satu aplikasi yang dibangun oleh masyarakat dan diakuisisi oleh pemerintah dan sekarang dipakai, eksis, jadi kita akan pelajari, namanya masukan harus dipelajari,” katanya. Demikian, seperti dikutip Antara. (jtr)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

DIGITAL

Apple Rilis iOS 12, WatchOS 5 dan TvOS 12

Published

on

Salah satu fitur baru adalah Siri Shortcuts untuk aplikasi iOS.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Apple resmi merlis pembaruan untuk perangkat lunaknya, iOS 12, watchOS 5, dan tvOS 12.

Setelah beberapa bulan dalam versi beta, iOS 12 akhirnya meluncur untuk perangkat yang mendukung, mulai iPhone 5s, lansir GSM Arena, Senin (18/9/2018).

BACA JUGA : Apple Diprediksi Punya 600 Apple Store pada 2023

OS terbaru tersebut datang dengan fokus yang kuat pada kinerja, terutama dalam hal yang berhubungan dengan perangkat yang lebih tua, seperti iPhone 6.

Dalam beberapa kasus, membuka aplikasi diklaim bisa 70 persen lebih cepat, dengan keyboard muncul dalam separuh waktu seperti sebelumnya.

Salah satu fitur baru adalah Siri Shortcuts untuk aplikasi iOS, di mana asisten virtual Apple tersebut sekarang mendukung rutinitas dengan beberapa tindakan.

Aplikasi Shortcuts tersebut dibuat untuk merampingkan tugas. Dikutip dari situs resmi Apple, pengguna dapat menggunakan suara mereka untuk menjalankan Shortcuts, mempermudah menggunakan aplikasi favotrit mereka.

Ada pula fitur Memoji, personalisasi Animoji yang dapat dibuat dan disesuaikan langsung di dalam aplikasi Pesan.

Efek kamera baru menghadirkan Animoji, Filter, Teks, dan Stiker ke aplikasi Pesan dan FaceTime. Dengan Filter pengguna dapat membuat wajah mereka seperti komik, stiker tersebut dapat tersimpan di paket stiker iMessage.

iOS 12 juga membawa fitur Screen Time yang memungkinkan pengguna memahami dan mengendalikan waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan perangkat.

Akan ada laporan aktivitas harian dan mingguan yang menunjukkan total waktu yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi. Selain itu, juga ada App Limit yang memungkinkan pengguna mengatur waktu yang dihabiskan dalam aplikasi.

Screen Time juga memberi orang tua akses kepada perangkat iOS yang digunakan anak-anaknya lewat laporan aktivitas menggunakan Family Sharing di iCloud.

Mode Jangan Ganggu kini juga dapat berakhir secara otomatis berdasarkan waktu, lokasi, atau tindakan tertentu.

Pengguna juga mendapatkan lebih banyak opsi untuk mengelola pemberitahuan, dan notifikasi iOS akhirnya dikelompokkan berdasarkan aplikasi.

iOS 12 meluncur ke iPhone 5s dan perangkat yang lebih baru, semua model iPad Air dan iPad Pro, iPad 5, iPad 6, iPad mini 2 dan yang lebih baru, dan iPod touch generasi ke-6.

Apple juga menghadirkan pembaruan untuk Apple Watch dengan merilis watchOS 5 hari ini. WatchOS 5 hadir dengan deteksi latihan otomatis, penyimpanan podcast, dan aplikasi Walkie-Talkie untuk interaksi dengan pengguna Apple Watch lainnya.

Wajah baru untuk arloji pintar Apple tersebut juga menambahkan pelacak aktivitas sehari-hari, seperti Yoga dan hiking.

Pengguna kini juga dapat berbicara dengan Siri hanya dengan mengangkat pergelangan tangan ke mulut dan mengucapkan permintaan ke dalam arloji untuk Seri 3 dan yang lebih baru.

Seperti di iOS 12, pemberitahuan dari aplikasi yang sama juga akan secara otomatis dikelompokkan.

Apple juga merilis tvOS 12 untuk Apple TV generasi ke-4 an 4K. tvOS 12 menghadirkan dukungan audio Dolby Atmos untuk film, dan screensaver baru yang lebih interaktif. Demikian, seperti dikutip Antara. (ari)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending