Connect with us

HEALTH

6 Cara agar Tidak Dehidrasi, Kata Ahli Nutrisi Selebritas Hollywood

Published

on

Dehidrasi akibat keringat yang berlebih dan kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan kram dan kelemahan otot.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Air sangat penting untuk kesehatan tubuh. Seorang ahli gizi di Los Angeles Kimberly Snyder mengatakan tubuh sangat bergantung dengan hidrasi optimal, mulai dari fungsi organ hingga keseimbangan hormon.

“Ketika Anda terhidrasi, sendi Anda terlubrikasi, kulit Anda terpelihara, dan folikel rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat,” katanya.

Dan ketika dehidrasi, kulit menjadi tidak berkilau, rambut rapuh, tubuh tidak berenergi, detoksifikasi dan pencernaan pun melambat.



Mulai dari kelelahan dan fungsi otak menurun hingga pencernaan lemah, dehidrasi ringan dapat menyebabkan banyak masalah dalam tubuh.

Snyder pun mengungkap bagaimana ia memastikan kliennya seperti Reese Witherpoon, Drew Barrymore, dan Kerry Washington tetap terhidrasi, seperti dilansir Vogue beberapa waktu lalu.

Sesuaikan asupan air

Delapan gelas air, telah lama dianggap sebagai jumlah esensial agar tetap terhidrasi. Tapi menurut Snyder, sebenarnya jumlah itu tergantung kebutuhan, aktivitas, dan faktor suhu di luar.

Ia menyarankan takaran menyesuaikan dengan berat tubuh, yakni 0,5-1 ons (hingga 30 ml) air untuk tiap 1 pon (0,45 kg) berat badan.

Misalnya berat badan Anda 140 pon (63,5 kg) maka minumlah air 70-140 ons (2-4 liter) dalam sehari.

Minum air bersuhu ruangan

“Aku selalu mengatakan kepada klienku betapa pentingnya minum air dengan suhu ruangan,” kata Snyder, yang menurutnya air tersebut lebih menghidrasi ketimbang air dingin.

Air dingin membuat tubuh menghabiskan energi lebih untuk mengubah suhunya sehingga bisa diserap, yang mengakibatkan tubuh justru kehilangan air.

Selain itu, air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di perut mengecil, sehingga mengganggu pencernaan dan memperlambat hidrasi.

Minum air pagi hari

Awali hari dengan minum air adalah kunci untuk hidrasi.

Tubuh sering mengalami dehidrasi saat malam. Hidrasi di pagi hari akan memberi Anda lebih banyak energi, kata Snyder.

Anda juga bisa meminum secangkir air hangat dengan perasan lemon. Air lemon itu mengandung vitamin C dan mendukung proses pembersihan.

Makan makanan yang mengandung air

Snyder mengatakan makanan yang mengandung banyak air juga membantu tubuh terhidrasi. Salah satu favoritnya adalah timun.

Timun kaya dengan enzim, vitamin B, nutrien, elektrolit, dan silika.

Seledri juga baik, karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang membuat badan segar dan kulit bercahaya.

Ia merekomendasikan kliennya untuk menambahkan kedua bahan itu di resep smoothies dan meminumnya pada pagi hari saat perut kosong.

Kompensasi untuk kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol adalah diuretik, artinya saat meminumnya, Anda akan buang air kecil lebih banyak dan kehilangan banyak cairan.

Untuk memastikan tetap terhidrasi, perbanyak minum Anda. Jika Anda minum satu gelas kopi maka ikuti dengan segelas penuh air.

Minum air kelapa

“Selama berabad-abad, orang-orang di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik meminum air dari kepala muda untuk hidrasi,” ujarnya.

“Itu adalah cara terbaik untuk mengganti air dan elektrolit yang hilang dari tubuh karena cuaca panas.”

Jadi setelah lama berada di bawah sinar mentari, Snyder menyarankan untuk menambah asupan air dengan minum air kelapa. Demikian, seperti dikutip Antara. (hep)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEALTH

Khasiat Jamur untuk Diabetes

Published

on

Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam jamur, salah satunya polisakarida, berkontribusi menurunkan gula darah.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Jamur rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan menu makanan atau bahkan camilan sehat para penyandang diabetes. Sayuran ini bisa dimakan mentah (untuk jenis tertentu), dipanggang dan teknik memasak lainnya sesuai keinginan Anda.

Selain rendah kalori, ada sejumlah hal positif lainnya di balik jamur. Berikut paparan singkatnya seperti dilansir Healthline :

Rendah indeks glikemik



Indeks glikemik (GI) bisa menjadi parameter seberapa besar makanan berdampak pada kadar gula darah. GI jamur 10-15 dan inilah alasan sayuran ini tidak berkontribusi terhadap lonjakan kadar gula darah.

Vitamin B

Jamur menyediakan 23 persen dari kebutuhan harian vitamin B2 dan 16 persen vitamin B3. Vitamin B dibutuhkan untuk melawan demensia dan melambatnya fungsi kognitif terutama bagi orang yang menggunakan metformin untuk mengobati diabetes. Jamur juga bisa melindungi wanita terhadap diabetes gestasional.

Polisakarida

Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam jamur, salah satunya polisakarida, berkontribusi menurunkan gula darah. Senyawa ini juga memperbaiki resistensi insulin.

Serat larut beta glukan adalah jenis polisakarida tertentu yang membantu mengontrol gula darah, terutama setelah makan, dengan memperlambat pencernaan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan tentang manfaat vitamin B dan polisakarida dalam mencegah diabetes.

Turunkan peradangan dan sumber serat

Jamur dapat membantu menurunkan tingkat peradangan yang salah satunya disebabkan diabetes.

Selain itu, kandungan serat yang larut dan tidak larut dalam sayuran ini memberi orang rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan menggila yang menjadi faktor kunci dalam mengendalikan diabetes. Demikian, seperti dikutip Antara. (lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

HEALTH

Kelola Stress agar Tak Kena Penyakit Autoimun

Published

on

Penyakit autoimun juga dicurigai muncul karena konsumsi makanan tinggi lemak, tinggi gula dan olahan yang memicu peradangan dan respons pada sistem kekebalan.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Stres bisa berdampak buruk untuk kesehatan, salah satunya memicu munculnya penyakit autoimun, menurut dokter spesialis penyakit dalam dari rumah sakit St. Carolus, Jakarta dr. Laurentius Aswin Pramono.

“Autoimun tidak hanya dipicu genetik tetapi juga faktor lingkungan. Kalau tidak diobati seperti lupus, bisa berbahaya. Stres sangat erat kaitannya dengan penyakit autoimun,” ujar dia di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Laman Healthline menyebutkan, penyakit autoimun juga dicurigai muncul karena konsumsi makanan tinggi lemak, tinggi gula dan olahan yang memicu peradangan dan respons pada sistem kekebalan. Namun, ini belum terbukti.



Seseorang yang terkena penyakit autoimun mengalami masalah dalam sistem kekebalan tubuh sehingga secara keliru menyerang tubuh.

Sejumlah penyakit autoimun yakni psoriasis, multiple sclerosis (MS), penyakit Grave, penyakit Addison, Sjögren’s syndrome dan Hashimoto’s thyroiditis.

Beberapa penyakit autoimun hanya menargetkan satu organ misalnya diabetes tipe 1 yang merusak pankreas. Sementara penyakit lain, seperti systemic lupus erythematosus (SLE), mempengaruhi seluruh tubuh.

Kelola stres

Seorang penulis lima buku terlaris di New York Times sekaligus perintis bidang kedokteran fungsional dan integratif, Dr. Frank Lipman seperti dilansir Medical Daily pernah mengatakan, stres sebenarnya baik untuk Anda. Misalnya karena kesulitan fisik saat berpuasa dan olahraga intensitas tinggi.

Intinya, tubuh Anda sedikit ditekan agar dapat menangani stres yang lebih besar dengan lebih baik. Tetapi, jangan sampai membuat tubuh menderita.

Namun agar stres tak berkembang menjadi depresi, Anda perlu mengelolanya antara lain melakukan kegiatan yang Anda sukai seperti mendengarkan musik, atau berlibur seperti yang dr. Aswin sarankan.

Sementara itu, psikiater dari Asosiasi Psikiatri Indonesia wilayah DKI Jakarta, Dr. Eva Suryani pernah menyarankan Anda memahami gejala dini stres dan penyebab Anda mengalaminya.

Dalam hal ini Anda membutuhkan kemampuan beradaptasi yang baik agar mampu menghadapi kondisi yang tak sesuai harapan Anda. Demikian, seperti dikutip Antara. (lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

HEALTH

Kenali Gejala Kelelahan Kronis

Published

on

Penyebab sindrom kelelahan kronis belum diketahui, meskipun ada banyak teori mulai dari infeksi virus hingga tekanan psikologis.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Anda masih lelah walau sudah beristirahat cukup? Bisa jadi ini pertanda Anda mengalami sindrom kelelahan kronis.

Dokter spesialis penyakit dalam dari rumah sakit St. Carolus, Jakarta dr. Laurentius Aswin Pramono mengatakan mereka yang mengalami sindrom ini umumnya tak akan pulih tenaganya walau sudah beristirahat.

“Harus healing secara fisik dan mental. Lakukan hal-hal yang menyenangkan, liburan itu kebutuhan setiap individu menurut saya,” kata dia di Jakarta, Senin (13/1/2020).



Laman Mayo Clinic menyebut, selain lelah yang berlangsung lebih dari 24 jam (terutama usai latihan fisik), penderita juga bisa kehilangan konsentrasi, sakit tenggorokan, mengalami pembesaran kelenjar getah bening di leher atau ketiak.

Gejala lainnya, nyeri otot atau persendian yang tidak bisa dijelaskan, sakit kepala dan tidur tak nyenyak.

Penyebab sindrom kelelahan kronis belum diketahui, meskipun ada banyak teori – mulai dari infeksi virus hingga tekanan psikologis.

Masalah sistem kekebalan tubuh juga bisa menjadi pemicu. Sistem kekebalan tubuh orang yang mengalami sindrom kelelahan kronis tampaknya sedikit terganggu, tetapi tidak jelas apakah gangguan ini cukup untuk benar-benar menyebabkan gangguan tersebut.

Hal lainnya, ketidakseimbangan hormon. Orang yang memiliki sindrom kelelahan kronis juga kadang-kadang mengalami kadar hormon abnormal dalam darah yang diproduksi di hipotalamus, kelenjar hipofisis, atau kelenjar adrenal. Tetapi signifikansi kelainan ini masih belum diketahui.

Ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko sindrom kelelahan kronis antara lain usia, jenis kelamin dan stres.

Sindrom kelelahan kronis dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi paling sering menyerang orang berusia 40 -50 tahun-an dan kebanyakan dialami wanita. Demikian, seperti dikutip Antara. (lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending