Connect with us

INTERNASIONAL

Anies Baswedan Tokoh Berpengaruh Dunia Disejajarkan dengan Putin

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi pembicara di forum pemimpin dunia World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medelln Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019. Kehadiran Anies memenuhi undangan sebagai pembicara di forum tersebut.

Perlu diketahui, rangkaian kegiatan WCSMF 2019 akan terdiri dari dua sesi diskusi utama, sedangkan Anies menjadi pembicara pada sesi kedua dengan tema “Enhancing Economic and Environmental Security”.

Selain itu, Anies juga akan menjadi pembicara dalam C40 High-Level Event, yaitu Roundtable Discussion (Diskusi Meja Bundar) dengan tema ‘How to make low carbon mobility in cities a bigger movement?’ (Bagaimana cara menekan angka karbon dalam kota sebagai suatu gerakan besar bersama).

C40 sendiri merupakan jaringan kota megapolitan dunia yang berkomitmen bersama-sama untuk mengentaskan masalah perubahan iklim, dengan beranggotakan 94 kota yang berafiliasi, dan Jakarta adalah satu-satunya kota yang mewakili Indonesia.

Tokoh Berpengaruh Dunia

Anies memang sudah lama dikenal dunia internasional. Bahkan pada 2010, Anies sudah diprediksi akan menjadi pemimpin dan tokoh berpengaruh. Disejajarkan dengan Vladimir Putin, Hugo Chavez, dll.

Alumni S2 University of Maryland AS di bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi dan doktor ilmu politik Northern Illinois University ini terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang oleh majalah Foresight yang terbit di Jepang (April 2010).

Majalah bulanan Foresight diterbitkan salah satu penerbit tertua Jepang, Shinchosha, dan merupakan majalah berkualitas prima yang mengulas berita dan analisa poilitik dan ekonomi internasional.

Dalam edisi khusus yang berjudul “20 Persons 20 Years” itu, Foresight mengulas 20 tokoh yang diperkirakan bakal menjadi perhatian global karena mereka akan sangat berperan dalam perubahan dunia dua dekade mendatang.

Nama Anies dicantumkan bersama 19 tokoh dunia lain seperti Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, Menlu Inggris David Miliband, anggota Parlemen dan Sekjen Indian National Congress India Rahul Gandhi, serta politisi muda Partai Republik dan anggota House of Representative AS, Paul Ryan.

Majalah bulanan berbahasa Jepang itu menulis bahwa cucu almarhum pahlawan nasional AR Baswedan itu merupakan salah satu calon pemimpin Indonesia masa mendatang. “Anies adalah seorang muslim moderat yang sampai saat ini tetap konsisten pada pendiriannya untuk tidak memihak pada kekuatan (politik) tertentu,” tulis Foresight. Menurut majalah itu, karena citranya yang netral, adil, serta memiliki pandangan yang berimbang itulah, Anies berhasil meraih kepercayaan luar biasa dari masyarakat luas, termasuk banyak tokoh politik.

Anies sendiri tidak ingin membanggakan diri. Ayah empat anak yang dikenal sederhana dan selalu optimis itu menganggap bahwa berbagai penghargaan kelas dunia yang diterimanya sebenarnya menunjukkan makin besarnya perhatian dunia terhadap Indonesia.

Pada April 2008 majalah Foreign Policy, Amerika, pernah memilih Anies sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar “100 Tokoh Intelektual Dunia” bersama Noam Chomsky, Al Gore, Francis Fukuyama, Samuel Huntington, Vaclav Havel, Thomas Friedman, Bernard Lewis, Lee KuanYew dan pemenang Nobel asal Bangladesh Muhammad Yunus.

Tahun 2009 Anies juga mendapatkan penghargaan sebagai salah seorang ‘Young Global Leaders 2009’ dari Forum Ekonomi Dunia (The World Economic Forum, WEF). Namanya disejajarkan bersama 230 orang Pemimpin Muda Dunia yang dianggap memiliki prestasi dan komitmen kepada masyarakat, serta mempunyai potensi untuk berperan dalam memperbaiki dunia di masa mendatang. Tokoh dunia lain yang juga masuk daftar Pemimpin Muda Dunia di antaranya adalah pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, pegolf Tiger Woods, Anchor CNBC-India Shireen Bhan, CEO YouTube Chad Hurley dan pebalap F-1 Michael Schumacher.

2024 The Next President

Dengan kualitas internasional seperti itu, tak heran kalau nama Anies Baswedan diprediksi bakal menjadi The Next President RI 2024.

Dan tak heran pula, berbagai upaya penjegalan akan terus semakin kencang. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

INTERNASIONAL

NasDem Minta Media Asing Objektif Memberitakan Kericuhan Papua

Published

on

Ketua Fraksi Partai NasDem DPR, Ahmad M Ali.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Ketua Fraksi Partai NasDem DPR, Ahmad M Ali meminta media asing agar melihat dan memberitakan secara objektif apa fakta sesungguhnya yang terjadi dalam kericuhan di Papua.

Ahmad Ali, di Jakarta, Senin, juga menyesalkan pemberitaan sejumlah media asing yang terkesan membangun narasi bahwa reaksi warga Papua atas kerusuhan yang saat ini terjadi merupakan efek dari kebijakan rasis Indonesia.

“Sangat disesalkan, banyak media asing seperti DW Jerman, menggoreng isu kemarahan warga Papua atas perbuatan oknum, sebagai reaksi sebagai kebijakan rasis Indonesia,” ujarnya.

Ahmad Ali minta media asing agar obyektif memandang proses dan fakta kebijakan pemerintah pusat di Papua saat ini.

“Lima tahun terakhir, transformasi besar dilakukan di Papua, mulai dari otonomi khusus, infrastruktur, energi, dan apresiasi kebudayaan, sungguh fokus dilakukan oleh Presiden Jokowi. Jadi kalau ada narasi kebijakan rasisme, sungguh sangat disayangkan,” jelasnya.

Menurut Ahmad Ali, ulah sekelompok orang tidak bisa digeneralisir sebagai kebijakan negara. Media asing, harusnya bisa memposisikan dan menyajikan fakta secara objektif, bukan membangun narasi yang merusak citra Indonesia dalam pergaulan internasional.

Ahmad menilai, negara sudah memberikan sentuhan yang terbaik di Papua untuk menciptakan kesejajaran Papua dengan daerah lain.

“Yang pertama dilakukan pak Jokowi yang sangat urgen adalah BBM satu harga, divestasi Freeport dengan pelibatan saham daerah, pembangunan infrastruktur. stadion megah dan akan sebentar lagi melaksanakan Pekan Olah Raga Nasional (PON). Lalu pada bagian mana kebijakan negara yang dianggap bersifat rasis,” ucapnya, seperti dikutip Antara. (syh)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

INTERNASIONAL

Indonesia dan Australia Kerjasama Berantas Kejahatan Lintas Negara

Published

on

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Komisioner AFP Andrew Colvin di Kediaman Dinas Kapolri, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia dan Kepolisian Australia atau Australian Federal Police (AFP) melakukan kerja sama pencegahan dan pemberantasan kejahatan lintas batas negara.

Penandatanganan kerja sama antara Polri dan AFP dilakukan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan komisioner AFP Andrew Colvin di Kediaman Dinas Kapolri, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Dalam pertemuan dengan Colvin yang akan segera mengakhiri masa jabatannya itu, Kapolri menyampaikan isu keamanan terbaru, yakni mengenai kebakaran hutan.

Menurut Kapolri, saat ini area kebakaran hutan telah dapat dikontrol karena penyebab terjadinya kebakaran telah diketahui, yakni dilakukan oleh petani tradisional yang tidak mau menggunakan biaya tinggi untuk membersihkan lahan.

Diakuinya kebakaran hutan membawa dampak negatif kepada negara tetangga, terutama Malaysia.

Kapolri pun menyampaikan beberapa hal tentang situasi di Indonesia setelah pelaksanaan pesta demokrasi yang meliputi pemilu presiden, DPD, DPR RI dan DPRD secara serentak dalam satu hari.

Aksi demo di jalanan setelah pilpres disebutnya menjadi perhatian dunia karena terdapat unsur agama didalamnya. Namun, situasi di Jakarta dan Indonesia sudah mulai kondusif dengan adanya rekonsiliasi antara Prabowo dan Jokowi.

Ke depan Polri akan fokus dalam pengamanan pelantikan presiden pada Oktober 2019.

Sedangkan Colvin menyampaikan tentang situasi saat ini yang terjadi di Australia, yakni kondisi politik di Australia lebih baik karena setelah pemilu, oposisi segera menerima dan mengakui kekalahan.

“Polri adalah mitra strategis AFP sejak 2002, Colvin sangat terkesan saat mengunjungi Aceh pascatsunami dan tinggal di Aceh selama 6 bulan, masyarakat Indonesia sangat tangguh dalam menghadapi bencana serta AFP juga memberikan asistensi saat terjadi bencana gunung meletus di Jogja,” ujar Colvin.

Colvin berharap hubungan dan kerja sama antara AFP dan Polri ke depan tetap erat dan dilaksanakan sebagai wujud dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan. Demikian, seperti dikutip Antara. (dda)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

INTERNASIONAL

Minyak di Asia Turun Dipicu Kekhawatiran Melemahnya Permintaan Global

Published

on

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 20 sen atau 0,37 persen dari penutupan terakhir mereka menjadi diperdagangkan di 53,43 dolar AS per barel.

Indonesiaraya.co.id, Seoul – Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Rabu pagi (7/8/2019), seiring meningkatnya sengketa perdagangan China-AS yang memicu kekhawatiran atas permintaan, meskipun penurunan persediaan minyak mentah AS menawarkan beberapa dukungan untuk harga.

Patokan internasional minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan di 58,70 dolar AS per barel pada pukul 00.39 GMT (07.39 WIB), turun 24 sen atau 0,41 persen dari penyelesaian sebelumnya dan diperdagangkan di dekat posisi terendah tujuh bulan.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 20 sen atau 0,37 persen dari penutupan terakhir mereka menjadi diperdagangkan di 53,43 dolar AS per barel.

“Harga minyak mentah tetap di bawah tekanan karena investor bergulat dengan dampak konflik perdagangan,” kata bank ANZ dalam sebuah catatan.

Harga Brent telah anjlok lebih dari sembilan persen dalam sepekan terakhir setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan mengenakan tarif tambahan 10 persen pada produk impor China senilai lebih dari 300 miliar dolar AS mulai 1 September, mengirim pasar ekuitas global berjatuhan.

Namun Trump pada Selasa (6/8/2019) menepis kekhawatiran akan terjadi pertikaian perdagangan dengan China.

Sementara itu, Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih dan Menteri Energi AS Rick Perry pada Selasa (6/8/2019) mengatakan kedua belah pihak menyatakan keprihatinan atas ancaman yang menargetkan kebebasan lalu lintas maritim di Teluk Arab saat mereka bertemu di Washington.

Ketegangan di Timur Tengah meningkat setelah serangan terhadap tanker dan drone AS, meningkatkan kekhawatiran tentang melewati Selat Hormuz, arteri pengiriman utama perdagangan minyak global.

Di tempat lain, data menunjukkan penurunan lebih besar dari yang diperkirakan dalam stok minyak mentah AS menawarkan beberapa dukungan untuk harga minyak.

Persediaan minyak mentah AS turun 3,4 juta barel dalam pekan yang berakhir 2 Agustus menjadi 439,6 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi para analis untuk penurunan 2,8 juta barel.

Data resmi dari Badan Informasi Energi (EIA) pemerintah AS akan dirilis pada Rabu waktu setempat. Demikian laporan yang dikutip dari Reuters. Demikian, seperti dikutip Antara . (pep)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending