Connect with us

GADGET

Apple Rilis iPad dan AirPods Terbaru Bulan Depan

Published

on

Apple akan meluncurkan iPad Mini terbaru yang memiliki mesin lebih baik dibanding pendahulunya.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Situs dari Yunani mengklaim mereka mendapatkan informasi tentang peluncuran produk-produk baru dari Apple yang akan berlangsung pada Maret mendatang, namun, hingga saat ini perusahaan dari Cupertino tersebut belum mengumumkan tanggal rilis tersebut.

Informasi tersebut, seperti dilansir Phone Arena, berasal dari seorang sumber pemasok dari China, menyebutkan raksasa teknologi dari Silicon Valley itu akan mengadakan acara pada pertengahan Maret, antara tanggal 19 hingga 20.

Apple juga akan membuka masa pra-pemesanan segera setelah peluncuran tersebut, diperkirakan mulai dari 22 Maret dan barang akan mulai dikirim pada 29 Maret.

Rumor yang beredar, Apple akan meluncurkan generasi kedua earphone nirkabel AirPods, yang akan hadir dengan kemasan baru dengan perbaikan di chip untuk kualitas audio, pegangan, tahan air dan opsi warna baru hitam.

Apple akan meluncurkan iPad Mini terbaru yang memiliki mesin lebih baik dibanding pendahulunya, juga iPad regular dengan bezel yang lebih tipis dan layar yang lebih besar, 10 inci, pada acara Maret mendatang.

AirPower, pengisi daya nirkabel, salah satu produk Apple yang banyak diperbincangkan, diperkirakan juga akan hadir tahun ini bersamaan dengan iPad dan Airpods terbaru. Demikian seperti dikutip Antara. (nat)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

GADGET

Huawei Luncurkan Ponsel 5G Pertama pada Akhir Juli

Published

on

Huawei Mate 20 X 5G secara desain luar sangat mirip dengan ponsel Mate 20 yang sudah ada di pasaran dengan ukuran layar 7,2 inci dan tiga kamera belakang.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Produsen perangkat telekomunikasi Huawei mulai meluncurkan ponsel 5G pertama mereka, Huawei Mate 20 X 5G, di sejumlah pasar global sebelum akhir Juli, di tengah ketidakpastian masa depan sebagai perangkat bersistem operasi Android.

Media asal China Global Times, seperti dilaporkan The Verge, Minggu (14/7/2019), menyebut perangkat 5G Huawei itu akan hadir di China mulai 26 Juli.

Sementara, situs VentureBeat menulis ponsel terbaru Huawei itu dapat dipesan melalui Amazon Italia dengan jadwal rilis pada 22 Juli dan akan tersedia untuk pasar Uni Emirat Arabb pada 12 Juli.

Huawei Mate 20 X 5G secara desain luar sangat mirip dengan ponsel Mate 20 yang sudah ada di pasaran dengan ukuran layar 7,2 inci dan tiga kamera belakang.

Namun dari sisi spesifikasi, komponen di dalam perangkat terbaru itu telah diperbarui untuk menangani kebutuhan modem 5G Balong 5000.

Spesifikasi yang paling tampak berbeda adalah peningkatan kapasitas baterai dari 4.200 mAh menjadi 5.000 mAh, kartu akses memori dari enam giga bit menjadi delapan giga bit, serta kapasitas penyimpanan data dari 128 giga bit menjadi 256 giga bit.

Selain tiga negara itu, kehadiran ponsel 5G di negara-negara lain masih belum dapat dipastikan menyusul pencatutan Huawei dalam daftar cekal perangkat di AS yang menyebabkan Google menangguhkan lisensi Android.

Di Inggris, Huawei semula menjadwalkan peluncuran perangkat 5G mereka pada Juni, tapi rencana itu dibatalkan oleh operator EE dan Vodafone yang akan mengusungnya.

Pemerintahan Trump, sebagaimana dilaporkan The Verge, mengisyaratkan pelonggaran batasan terhadap Huawei, tapi masih terdapat sejumlah pertanyaan bagaimana rencana itu akan mempengaruhi masa depan perangkat Huawei.

Para pejabat AS mengatakan Huawei masih masuk dalam daftar produk yang dicekal, tapi mereka akan mengeluarkan lisensi dan mempersilakan perusahaan-perusahaan AS untuk berdagang dengan Huawei, ”ketika tidak ada ancaman kepada keamanan nasional AS.”

Hanya saja, isyarat pelonggaran batasan terhadap Huawei di AS itu masih belum dapat memastikan dampak penggunaan sistem operasi Android serta perangkat prosesor berbasis ARM pada ponsel-ponsel Huawei. Demikian, seperti dikutip Antara. (ims)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

GADGET

Hanya Sepertiga Pengguna Ponsel Indonesia yang Backup Data Teratur

Published

on

Masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 gigabyte.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Pengguna smartphone di Indonesia naik pesat pada September 2018 dengan tingkat penetrasi mencapai 73 juta pengguna, dan ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam dunia.

Menurut hasil survei firma riset DEKA yang bertajuk “Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”, 67 persen orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone, lebih dari 80 persen responden telah menyadari pentingnya membuat cadangan data (backup), namun sayangnya hanya sepertiga dari mereka melakukannya secara teratur.

Research Director DEKA Mamik S Leonardo mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data. “Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat,” katanya saat pemaparan hasil survei di GoWork Setiabudi, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Dalam survei tersebut sebanyak 97 persen responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam kesaharian mereka, responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan untuk gaming, navigasi, video streaming atau berbelanja online.

“Smartphone telah menjadi pengganti kamera, kebanyakan responden memiliki smartphone untuk mengambil gambar,” kata Mamik.

Lebih dari 90 persen responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada menelepon. 87 persen responden yang mengaku menggunakan smartphone juga untuk menelpon dan mengobrol (chatting) 72 persen.

“Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto dengan persentase 98 persen dan video 79 persen,” kata Mamik.

Mamik mengatakan, umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 gigabyte.

“Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone,” kata Mamik.

Survei menunjukan lebih dari setengah responden hanya memiliki sisa memori 1-3 gigabyte di smartphone mereka. “Kapasistas terbatas ini menyebabkan responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasistas penyimpanan,” kata Mamik.

“Hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori,” kata Mamik.

Riset DEKA ini melibatkan 1.120 responden dari enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar dengan metodologi survei tatap muka dari rumah ke rumah.

Responden berusia antara 18 – 64 tahun terdiri dari pria dan wanita. Survei dilakukan 27 Februari sampai 11 Maret 2019. Demikian, seperti dikutip Antara. (gal)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

GADGET

Keuntungan Beli Smartphone dengan IMEI Terdaftar

Published

on

IMEI legal dapat mengurangi kepanikan konsumen saat ponsel pintar hilang maupun dicuri.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Pengguna yang gemar berganti ponsel, sebaiknya mempertimbangkan keuntungan membeli ponsel pintar dengan nomor identitas asli ponsel (International Mobile Equipment Identity/IMEI) yang legal dan terdaftar di Kementerian Perindustrian RI.

Director Government Affairs Qualcomm International Nies Purwati di Jakarta, Senin (8/7/2019), menuturkan tiga keuntungan yang bisa didapatkan konsumen apabila membeli ponsel pintar dengan IMEI legal.

“Keuntungan yang didapatkan masyarakat misalnya perlindungan data pribadinya, keamanan data, dan aftersales service, mendapat garansi lebih bagus,” ujar Nies.

Membeli ponsel pintar denga IMEI legal dapat menghindarkan konsumen dari serangan malware, yang biasa disisipkan di smartphone “abal-abal” melalui aplikasi tertentu, salah satunya aplikasi “fintech” palsu.

Ponsel pintar dengan IMEI legal akan memberi perlindungan dan keamanan data konsumen yang kini terbiasa memasukkan data informasi kartu kredit pada sejumlah aplikasi perbelanjaan maupun keuangan.

Selain itu, IMEI legal dapat mengurangi kepanikan konsumen saat ponsel pintar hilang maupun dicuri.

Jika pemberlakuan sistem kontrol IMEI Indonesia sudah berjalan, ponsel pintar dengan IMEI legal yang hilang maupun dicuri, dapat otomatis terblokir sehingga data pengguna akan aman.

Selain itu, ponsel pintar yang terblokir itu tidak bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, serta dapat mengurangi adanya penjualan kembali ponsel pintar ilegal melalui black market.

Ditambah lagi, pengguna akan mendapatkan layanan garansi yang lebih baik dengan membeli ponsel pintar dengan IMEI legal.

IMEI adalah kode unik dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.

Kode IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit. Nomor IMEI ini bukan semata untuk keperluan dagang, dan untuk mengetahui tipe ponsel, tapi juga untuk keamanan ponsel yang dipakai.

Nomor IMEI juga dapat dicek dengan mengetik *#06# dan ketuk tombol menelepon.

Pemerintah juga akan membuat regulasi terkait validasi IMEI dengan sistem DIRBS atau Sistem Informasi Registrasi Identifikasi Nasional (SIRINA) dalam upaya mendukung program kontrol IMEI tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perdagangan, akan menetapkan peraturan yang mendukung pengendalian database nomor identitas asli ponsel (IMEI) pada 17 Agustus 2019. Demikian, seperti dikutip Antara. (nat)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending