Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Kaum hawa kelahiran pertengahan tahun 80-an hingga 90-an yang telah menjadi ibu atau dikenal sebagai millenial moms memiliki sejumlah karakteristik yang membedakannya dengan ibu-ibu generasi sebelumnya.

“Moms zaman now, sumber pengetahuannya lebih mudah tinggal googling. Cirinya mereka suka berkomunitas. Sumber informasi lebih luas dan mudah. Kalau ibu zaman dulu informasi dari orangtuanya,” papar psikolog dari TigaGenerasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo dalam acara yang diselenggarakan Mothercare, di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Vera mengatakan, berdasarkan penelitian, usia ibu-ibu millenial memiliki anak lebih tua ketimbang generasi sebelumnya.

“Sekarang 26 tahun dulu 21 tahun,” kata dia.

Lalu, soal media sosial yang lebih lekat pada ibu-ibu masa kini dan soal tempat bekerja mereka yang kin tak lagi mengharuskannya pergi pagi pulang malam.

“Para ibu millenial cenderun memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mencari informasi yang diinginkan melalui bantuan internet,” tutur Vera.

“Tempat bekerja, zaman dulu, ibu kerja pagi pulang malam. Sekarang banyak ibu-ibu kerja dari rumah, bisa jadi blogger, jualan online,” imbuh dia.

Selain itu, soal pola asuh. Jika di masa lalu orangtua cenderung menerapkan gaya otoriter, disipilin, sekarang cenderung tak lagi.

“Wawasan orangtua sekarang lebih terbuka. Sekarang drone parenting. Hanya mantau, anaknya dilepas saja. Dulu helicopter parenting. Anak dipantau dari dekat. Kalau ada apa-apa segera diturunkan tangga penyelamat,” papar Vera, seperti dikutip Antara. (lia)