Connect with us

BENGKULU

Berdiri di “Zona Merah” Tsunami, Pemerintah Diminta Batalkan PLTUB di Bengkulu

Published

on

Aksi tolak proyek Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Batu bara di seluruh wilayah Bengkulu.

Indonesiaraya.co.id, Bengkulu – Ketua Yayasan Kanopi Bengkulu, Ali Akbar mendesak pemerintah membatalkan proyek pembangkit listrik tenaga uap batu bara (PLTUB) berkapasitas 2 x 100 megawatt (MW) di Teluk Sepang, Kota Bengkulu, yang saat ini dalam tahap kontruksi, karena berdiri di zona merah bencana tsunami.

“Teluk Sepang dalam catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana merupakan daerah dengan kelas bahaya tinggi tsunami,” kata Ali di Bengkulu, Senin (31/12/2018).

Ia mengatakan dalam rilis yang diterbitkan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB menyebutkan ada 8.043 desa dan kelurahan di Indonesia yang masuk dalam daftar desa kelas bahaya sedang dan tinggi tsunami.



Khusus di Kota Bengkulu terdapat 22 kelurahan rawan bencana tsunami yang tersebar di lima kecamatan di mana seluruh kelas bahaya tergolong tinggi. Salah satu kelurahan tersebut adalah Teluk Sepang di mana proyek PLTU batu bara saat ini dalam tahap konstruksi.

Menurut Ali, dari kajian Kanopi Bengkulu terhadap dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) PLTUB Teluk Sepang, tidak ada sistem operasional yang dijalankan bila terjadi bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah itu.

Ali pun mencontohkan keberadaan PLTUB di Mpanau di Sulawesi Tengah yang hancur diterjang tsunami pasca-gempa bumi yang terjadi pada 28 September 2018. Akibatnya, warga yang bermukim di sekitar PLTUB terpapar limbah B3 dari pembakaran batu bara.

“Palu sudah cukup jadi pelajaran untuk mengelola tata ruang yang peka terhadap potensi bencana daerah, apalagi Bengkulu merupakan daerah rawan gempa dan tsunami,” katanya.

Ditambahkan Ali, pendirian PLTUB Teluk Sepang juga disinyalir melanggar peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Bengkulu dan RTRW Kota Bengkulu. Dalam kedua regulasi pemerintah daerah itu, tidak tercantum rencana proyek PLTUB di wilayah Kota Bengkulu.

Baca juga: Pemkot Bengkulu segel bangunan PLTU Teluk Sepang

Adapun proyek PLTUB dalam RTRW provinsi disebutkan akan didirikan di Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara atau sekira 80 kilometer dari Kota Bengkulu.

“Penegak hukum perlu menyidik proses perizinan PLTUB Teluk Sepang ini karena kalau mengacu pada RTRW Provinsi Bengkulu yang berbasis mitigasi bencana, tidak mungkin proyek itu berdiri di Teluk Sepang yang hanya puluhan meter dari tepi pantai dengan kelas bahaya tsunami tinggi,” katanya.

Proyek PLTUB Teluk Sepang dengan sokongan dana dari investor Tiongkok kini dalam tahap konstruksi. Sejak awal rencana pembangunan, proyek yang tidak tertera dalam RTRW Provinsi Bengkulu maupun Kota Bengkulu itu sudah diprotes oleh warga dan kalangan aktivis lingkungan. Demikian, seperti dikutip Antara . (hms)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

BENGKULU

Bupati Rejang Lebong Tunjuk Belasan Penjabat Kades

Published

on

Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi.

Indonesiaraya.co.id, Rejang Lebong – Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi menyatakan telah menunjuk belasan penjabat kepala desa (kades) di daerah itu yang masa tugasnya telah berakhir sejak Agustus 2019.

“Semuanya sudah saya tandatangani SK penunjukan penjabat kades, jadi ada yang saya tunjuk camatnya sebagai pelaksana tugas. Ini boleh, nanti camatnya yang menunjuk pelaksana harian,” kata dia saat ditemui usai acara Haornas 2019 di Lapangan Pemkab Rejang Lebong, Senin (9/9/2019).

Belasan kepala desa yang berakhir masa jabatannya mulai 26 Agustus sampai dengan awal September 2019 itu, merupakan bagian dari 54 jabatan kades yang akan berakhir tahun ini dan nantinya akan dijabat oleh pelaksana tugas dengan SK penunjukan bupati, di mana diutamakan PNS di kecamatan masing-masing.



“Salah satu desa yang penjabat kadesnya dipegang oleh Camat Binduriang, yakni Desa Air Apo. Saya tunjuk camatnya karena terbatas SDM, nantinya camat bisa menunjuk pelaksana harian kades,” kata dia.

Selain mengisi jabatan kepala desa yang telah berakhir masa jabatannya, kata dia, penunjukan pelaksana tugas kades itu juga dilakukan terhadap jabatan Kades Selamat Sudiarjo dan Air Mundu di Kecamatan Bermani Ulu yang tersandung kasus hukum atas penggunaan dana desa (DD) sehingga harus menjalani proses hukum di Kejari dan Polres Rejang Lebong.

Kabid Kelembagaan, Sosbud, dan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rejang Lebong Bobby Harpa Santana mengatakan 54 jabatan kades di daerah itu akan berakhir pada 2019, sedangkan dua kades akan berakhir pada Januari 2020.

Jabatan kepala desa yang berakhir itu, kata dia, akan dilakukan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 2020, di mana pelaksanaannya sebelum Pilkada serentak Provinsi Bengkulu pada September 2020.

Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa selanjutnya akan di tunjuk penjabat kepala desa yang ditunjuk oleh camat dan diprioritaskan PNS yang berdomisili di kecamatan masing-masing, atau bisa juga dijabat oleh pelaksana tugas kepala desa dari masyarakat masing-masing desa. Demikian, seperti dikutip Antara. (nmd)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BENGKULU

Bengkulu Siap Gelar”Tour De Bencoolen”

Published

on

Asisten III Pemrov Bengkulu, Gotri Suyatno dan sejumlah pejabat Pemprov Bengkulu menggelar rapat persiapan Tour de Bencoolen, event lomba bersepeda internasional, Selasa (7/5/2019).

Indonesiaraya.co.id, Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menggelar kegiatan “Tour de Bencoolen” sebagai salah satu agenda menyukseskan tahun kunjungan wisata ke daerah ini pada 2020 dengan tema yang diusung yaitu “Wonderfull Bengkulu 2020”.

“Kegiatan akan digelar pada Juni nanti direncanakan diikuti atlet nasional maupun atlet luar negeri,” kata Asisten II Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto di Bengkulu, Rabu (8/5/2019).

Ia mengatakan kegiatan ini akan menjadi peristiwa strategis dalam mempromosikan Bengkulu ke mata internasional sebab peserta direncanakan berasal dari luar negarei antara laini Turki, Rusia, Vietnam, Brunai Darussalam, Singapura dan Malaysia.



Persiapan kegiatan lanjut dia melibatkan enam pemerintah kabupaten dan kota yang dilintasi rute “Tour de Bencoolen” dimulai dari titik awal di Kabupaten Kaur menuju Bengkulu Selatan – Seluma – Kota Bengkulu – Bengkulu Tengah dam berakhir di Kabupaten Kepahiang.

“Persian dirancang sematang mungkin sehingga tidak mengecewakan peserta yang akan menjajal alam Bengkulu,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan kebutuhan anggaran pelaksanaan kegiatan ini mencapai Rp4 miliar.

“Saat ini telah konfirmasi tujuh tim peserta dari luar negeri dan enam tim dalam negeri,” ucapnya.

Sementara itu, terkait dengan kualitas lintasan yang mana pada etape tertentu kecepatan sepeda bisa mencapai 80 km/jam, dijelaskan Atisar Sulaiman hal tersebut akan ditangani oleh Balai Wilayah VII Kementerian PUPR, yaitu memperbaiki kerusakan jalan dengan 407 titik jalan berlubang. Demikian, seperti dikutip Antara . (hms)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BENGKULU

Sambangi Bengkulu, Prabowo Dapat Sumbangan Uang dari Masyarakat

Published

on

Calon Presiden RI 2019, Prabowo Subiantos saat berpidato di Aula Kemuning Mercusuar Resto, Pantai Panjang, Bengkulu, Kamis (14/3/2019).

Indonesiaraya.co.id, Bengkulu – Calon Presiden nomer urut 02, Prabowo Subianto mengaku terharu saat berkunjung ke Bengkulu dirinya mendapat sambutan yang sangat meriah dari ribuan rakyat Bengkulu. Tak hanya itu, Capres yang berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno itu juga mendapatkan sumbangan uang dari perwakilan masyarakat setempat usai ia memberikan pidatonya.

“Saudara-saudara saya terimakasih di setiap tempat saya selalu dapat sumbangan dari rakyat. Bukan saya beri uang ke rakyat, tapi rakyat yang beri uang ke saya. Terimakasih banyak, terimakasih,” ungkap Prabowo penuh haru usai mendapatkan sumbangan dari salah seorang warga setelah dirinya memberikan pidato di Aula Kemuning Mercusuar Resto, Pantai Panjang, Bengkulu, Kamis (14/3/2019).

Dalam pidatonya, Prabowo mengajak kepada para relawan dan pengurus partai politik serta seluruh lapisan masyarakat untuk bisa bersama-sama mengawal daftar pemilih tetap (DPT) dan perolehan hasil suara di tempat Pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 17 April 2019 mendatang dari kecurangan.



“Ingat, saya minta kepada para relawan, pengurus pengurus partai pendukung, emak-emak semua awas daftar pemilih tetap (DPT) di lingkungan kalian, jangan ada hantu hantu yang ikut memilih, jangan ada bayi ikut memilih, tolong periksa lihat TPS, lihat RT, lihat tetangga mu. Tolong kita harus kerja keras demi masa depan Indonesia,” tegasnya.

Sebab, dirinya bersama tim pakar yang tergabung dalam Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi sudah berencana akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya salahsatunya dengan membangun ratusan pabrik baru untuk rakyat Indonesia. Sebab, pihaknya sudah menghitung kemampuan untuk menciptakan hal tersebut lantaran ia dan timnya mampu dapat menyelamatkan kekayaan Indonesia dan kekayaan itu akan digunakan untuk membangun Indonesia yang sejahtera.

“Kita akan membuat mobil buatan Indonesia bukan mobil etok-etok tapi mobil yang bener, kita akan membuat motor buatan Indonesia. Dulu kita pernah punya pesawat buatan Indonesia dan kita akan buat pesawat buatan Indonesia,” ungkapnya.

“Kita akan ciptakan lapangan kerja agar anak-anak dan cucu cucu kita bisa hidup dengan baik dan memiliki masa depan yang baik. Kita akan perbaiki gaji-gaji guru honorer kita, bidan bidan kita dan pekerja lainnya,” tegas Prabowo yang langsung disambut gemuruh tepuk tangan dari ribuan masyarakat Bengkulu yang hadir.

Prabowo juga mengungkapkan rasa terimakasihnya atas semangat dan dukungan yang diberikan kepadanya dan Sandiaga Salahuddin Uno beserta tim pemenangnya atas dukungan serta semangat yang diberikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bisa bersama-sama merayakan kemenangan bangsa Indonesia pada Pemilu 2019 mendatang dengan memenangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

“Terimakasih atas dukungan mu, terimakasih atas semangat mu, saya tunggu kemenangan kita pada 17 April nanti. Saya yakin Allah SWT akan bersama kita, karena kita selalu berada dijalan yang benar. Dan kemenangan selalu berada di jalan yang benar,” pungkasnya. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017