INDONESIARAYA.CO.ID – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berbicara pada forum menteri pertahanan se-negara ASEAN atau Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat di Siem Reap, Kamboja, Selasa 22 November 2022 menyatakan terjaganya perdamaian dapat berdampak baik bagi ekonomi suatu negara, bahkan kawasan.

Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan dalam pertemuan yang mengangkat tema “Solidarity for Harmonised Security” tersebut, di mana Prabowo menekankan pentingnya kerja sama pertahanan antara negara-negara di ASEAN.

“Kerja sama pertahanan antara berbagai pemimpin negara penting dan dapat berkontribusi baik pada perdamaian dan pertumbuhan ekonomi,” ucap Prabowo.

Prabowo mengatakan dengan bekerja sama dengan baik, negara di ASEAN dapat menjadi jembatan komunikasi antara negara-negara besar yang berkompetisi saat ini.

“Kita dapat menjadi jembatan antara negara-negara besar. Mereka mungkin terlibat dalam kompetisi dan rivalitas, namun ASEAN harus menjaga hubungan terbaik dengan semua kekuatan besar,” ujarnya.

“Kita harus terus menjadi jembatan komunikasi dan saling memahami, kita harus berkontribusi pada pengalihan ketegangan dan konflik,” lanjutnya.

Prabowo menegaskan bahwa masa depan rakyat di kawasan Asia Tenggara sangat bergantung pada pemimpin-pemimpin saat ini. Oleh karena itu seluruh negara ASEAN perlu mempererat kerja sama terutama di bidang pertahanan.

“Kita membutuhkan lebih banyak kegiatan, kita membutuhkan lebih banyak pertukaran prajurit dan pelajar, dan kita juga membutuhkan lebih banyak menunjukkan kerja sama yang nyata.”

“Pengerahan bersama pasukan penjaga perdamaian, pengerahan pasukan bersama untuk membantu penanggulangan bencana, merupakan simbol kerjasama yang erat akan menambah solidaritas kita.,” jelasnya.