INDONESIA RAYA – Direktur Kajian Magna Charta Politika, Wildan Ramadhan Wijaya, menjelaskan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi sebesar 17,1 persen.

Lembaga survei Magna Charta Politika merilis hasil survei terbaru dimana Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk tiga besar bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

“Posisi kedua Anies Baswedan sebesar 16,5 persen dan disusul AHY sebesar 11,7 persen,” ujarnya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Selanjutnya, nama tokoh nasional lainnya yakni Ganjar Pranowo sebesar 11,2 persen, Airlangga Hartarto sebesar 6,1 persen, Sandiaga Uno 4,2 persen.

Ridwan Kamil sebesar 3,3 persen, Puan Maharani 1,4 persen, Andika Perkasa 1,4 persen dan Erick Thohir 1,0 persen.

“Sebanyak 23,7 persen belum menjawab atau tidak tahu,” ucapnya.

Selain itu, survei itu juga menempatkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

“Elektabilitas AHY itu berada di puncak dengan 24,1 persen,” ujarnya.

Posisi kedua ditempati Puan Maharani sebanyak 16,3 persen, dan di posisi ketiga ada nama Sandiaga Uno meraih 12,1 persen, keempat ada Ridwan Kamil yang meraih kepercayaan sebesar 8,9 persen.

Posisi selanjutnya Jenderal Andika Perkasa, Susi Pudjiastuti hingga Khofifah Indar Parawansa.

Survei Magna Charta Politika dilakukan pada 18-29 September dengan jumlah responden sebanyak 2.000 yang tersebar di 34 provinsi.

Dari populasi itu dipilih secara acak dengan margin of error kurang lebih 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Indonesiaraya.co.id, semoga bermanfaat.