Connect with us

HEALTH

Delapan Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan

Published

on

Pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular, asam urat dan lainnya.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan mungkin sama sulitnya dengan menurunkannya. Salah satu cara menambah bobot tubuh adalah dengan meningkatkan nafsu makan atau makan lebih banyak

Namun, pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular, asam urat dan lainnya.

Jika Anda berniat untuk menambah berat badan, konsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat dan banyak kalori.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu menaikkan berat badan seperti dilansir Boldsky, Kamis (13/6/2019).

1. Selai kacang

Kaya akan protein dan vitamin, selai kacang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Makanan ini juga mengandung banyak kalori yang membantu membangun otot tubuh secara keseluruhan. Konsumsilah selai kacang dalam sarapan untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat.

2. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin dan mineral dan membantu membangun tubuh dan otot yang sehat. Makanlah setidaknya satu telur saat sarapan. Melakukan hal ini selama sebulan membantu Anda menaikkan angka di timbangan.

Telur menyimpan sekitar 75 kalori dan bisa dimasak dengan berbagai cara seperti merebus, scramble atau didadar.

3. Almond

Studi mengungkapkan bahwa almond adalah salah satu makanan terbaik yang membantu menambah berat badan. Anda bisa makan segenggam almond, yang mengandung 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat.

4. Keju

Kaya akan kalori, lemak, kalsium dan protein, mengonsumsi keju dengan teratur dan terkontrol adalah salah satu pilihan paling sehat untuk menambah bobot tubuh. Mengonsumsi keju dalam jumlah yang sedang juga dapat membantu membangun otot.

5. Pisang

Buah ini kaya akan karbohidrat dan kalori yang membantu menaikkan berat badan dengan cepat. Pisang memiliki lebih dari 100 kalori. Mereka mengandung serat dan merupakan sumber potasium serta vitamin esensial yang baik dan memiliki kandungan gula yang tinggi.

6. Susu

Susu mengandung protein kasein dan whey. Selain itu, lemak dan protein yang terdapat di dalamnya membantu susu dalam membangun otot.

7. Yoghurt penuh lemak

Yoghurt jenis ini memiliki nutrisi yang bagus sebab terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang.

8. Tuna

Dikemas dengan protein tinggi dan minyak esensial yang dibutuhkan tubuh, tuna bagus untuk Anda yang ingin punya tubuh lebih berisi. Mengkonsumsi ikan secara teratur dapat membantu menambah berat badan dengan mudah dan dengan cara yang sehat. Demikian, seperti dikutip Antara. (lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEALTH

Benarkah Makan Diselingi Minum Tidak Bagus untuk Pencernaan?

Published

on

Tubuh terdiri dari sekitar 70 persen air, dan tidak mengherankan jika minum banyak cairan setiap hari menawarkan berbagai manfaat.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Sebagian orang berpendapat minum lalu menyelingi dengan makan tak bagus untuk pencernaan bahkan bisa menyebabkan racun menumpuk di tubuh. Benarkah itu?

Seperti dilansir Medical Daily (24/6/2019), tubuh terdiri dari sekitar 70 persen air, dan tidak mengherankan jika minum banyak cairan setiap hari menawarkan berbagai manfaat.

Namun, ada yang mengklaim, jika asupan cairan harus berhenti setiap kali Anda makan, maka enzim pencernaan dan asam lambung terencerkan sehingga tubuh kesulitan mencerna makanan.

Nyatanya, sistem pencernaan memiliki kemampuan beradaptasi dengan konsistensi makanan apa pun, membuktikan pendapat itu salah.

Faktanya, cairan membantu memecah makanan padat, sehingga dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

Air bahkan dibutuhkan enzim untuk bekerja dengan baik dan penelitian membuktikan zat ini membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Pada akhirnya, minum sembari makan kita tidak banyak menimbulkan risiko kesehatan. Demikian, seperti dikutip Antara. (lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

HEALTH

Lebih Suka Pakai Cat Rambut Alami? Berikut Faktanya

Published

on

Jika ingin warna rambut awet maka harus pakai cat rambut yang mengandung kimia.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Para pakar kecantikan rambut menyebut tidak ada yang namanya cat rambut organik atau cat rambut alami.

Harper’s Bazaar mengutip stylist Michael Bowman dan ahli mewarnai rambut dari New York Stephanie Brown pada Rabu (19/6/2019) bahwa pewarna rambut yang sepenuhnya organik tidak ada.

“Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami namun agar bisa ampuh mewarnai rambut ya tetap harus menggunakan proses kimiawi,” kata Michael Bowman.

Sementara Stephanie Brown mengatakan pewarna rambut yang 100 persen alami cuma dari tumbuh-tumbuhan dan beberapa merek henna.

“Cat rambut wajib mengandung bahan kimia supaya bisa berfungsi dengan baik,” katanya.

Dampak cat rambut alami

Brown mengingatkan jika memilih cat rambut berbahan tumbuhan atau henna, maka proses pewarnaan akan memakan waktu yang lebih lama dan khusus henna, bisa memberi efek kering pada rambut.

Jika ingin warna rambut awet maka harus pakai cat rambut yang mengandung kimia.

“Beberapa cat rambut yang berbahan alami, warnanya hanya akan bertahan selama lima hingga tujuh kali keramas. Pewarna alami ini kemudian hanya akan mengendap, tidak mengangkat warna rambut apalagi memberi efek berkilau,” kata Bowman menambahkan.

Bowman dan Brown sepakat bahwa pewarna rambut masih benar-benar aman walaupun tidak 100 persen alami atau bersertifikat organik.

Brown mengatakan bahwa semua produk pewarnaan rambut di pasaran saat ini sudah disetujui oleh badan pengawas obat dan makanan AS, termasuk peringatan tentang potensi adanya reaksi alergi.

Bowman merekomendasikan untuk mempelajari lagi apakah perusahaan pembuat cat rambut yang akan Anda gunakan punya aturan yang memproduksi cat ramah lingkungan dan aman untuk digunakan. Demikian, seperti dikutip Antara. (mar)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

HEALTH

Sering Berlibur Bagus untuk Jantung, Menurut Studi

Published

on

Orang yang lebih sering berlibur dalam 12 bulan terakhir memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami sindrom metabolik dan gejala metabolik.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Meluangkan waktu untuk liburan tidak hanya membantu melepaskan stres tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, ungkap sebuah studi baru dalam jurnal Psychology and Health.

“Orang yang lebih sering berlibur dalam 12 bulan terakhir memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami sindrom metabolik dan gejala metabolik,” kata peneliti Bryce Hruska dari Syracuse University di Amerika Serikat, seperti dilansir Indian Express, Senin (24/6/2019).

Sindrom metabolik adalah kumpulan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Jika Anda memiliki sejumlah sindrom metabolik, Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Kepala Divisi Organisasi di Pengurus Pusat IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp. A(K) pernah mengatakan, sindrom metabolik mencakup lingkar perut di atas 90 cm (laki-laki) dan 80 cm (perempuan).

Lalu, tekanan darah di atas 130/85 mmHg, HDL kolesterol di bawah 40 dan 50 (untuk perempuan), trigliserida di atas 150 dan gula darah puasa di atas 100.

“Gejala metabolik dapat dimodifikasi, itu berarti mereka dapat dicegah atau dihilangkan,” kata Hruska.

Untuk penelitian ini, para peneliti melibatkan 63 orang karyawan yang memenuhi syarat untuk dibiayai berlibur. Mereka harus menjalani tes darah dan menyelesaikan wawancara untuk menilai perilaku berlibur dalam 12 bulan terakhir.

Temuan penelitian menunjukkan, risiko sindrom metabolik menurun hampir seperempatnya, terutama untuk para partisipan yang menjalani liburan tambahan.

Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan orang untuk memanfaatkan waktu liburan yang tersedia bagi mereka.

“Waktu liburan tersedia untuk hampir 80 persen karyawan, tetapi kurang dari setengahnya memanfaatkan semua waktu yang tersedia bagi mereka. Penelitian kami menunjukkan jika orang memanfaatkan yang sudah tersedia untuk mereka, itu maka ini bisa berguna untuk kesehatan yang nyata,” tutur Hruska, seperti dikutip Antara. (mar)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending