Hadapi Dampak Bencana Musim Hujan, Ini Langkah yang Dilakukan oleh BPBD DKI Jakarta

INDONESIA RAYA – Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta siap siaga menghadapi musim hujan tahun 2022/2023.

Hal itu mengingat karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur memasuki awal musim hujan pada dasarian kedua bulan Oktober 2022.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan Pemprov DKI sedang menyiapkan berbagai antisipasi dalam menghadapi dampak bencana yang bisa ditimbulkan dari musim hujan.

BPBD DKI juga tengah melakukan pendataan terhadap potensi sumber daya penanggulangan bencana yang terdapat di Jakarta melalui situs bpbd.jakarta.go.id/tangguhbencana.

“Kami melakukan pendataan kepada seluruh elemen pentahelix (pemerintah, dunia usaha, lembaga atau komunitas, akademisi, dan media massa).

“Untuk dapat mengetahui peralatan pendukung yang dimiliki oleh setiap unsur dalam penanggulangan bencana, khususnya banjir dan kebakaran,” terang Isnawa melansir situs resmi PPID DKI Jakarta, Selasa 20 September 2022

“Hal-hal yang didata seperti mulai dari jumlah perahu, tenda pengungsi, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hydrant, ambulans, hingga tenaga medis yang dimiliki,” sambungnya.

Karena itu, BPBD DKI Jakarta mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam pendataan sumber daya penanggulangan bencana ini.

Pihaknya pun berharap ke depan BPBD dapat memetakan dan mengorganisir seluruh potensi sumber daya yang mendukung penanggulangan bencana di Jakarta.

Sehingga mampu merespon peristiwa bencana dengan efektif dan efisien.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Indonesiaraya.co.id, semoga bermanfaat.