Connect with us

KORPORASI

IAPI : Akuntan Publik Tak Terlibat Rekayasa Laporan Keuangan Jiwasraya

Published

on

Ketua Umum IAPI, Tarkosunaryo.
Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sependapat jika terdapat rekayasa pada Laporan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya 2017, namun asosiasi profesi itu menegaskan anggotanya tidak terlibat dalam rekayasa itu.

Ketua Umum IAPI Tarkosunaryo dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (13/1/2020), mengklarifikasi bahwa sebuah Kantor Akuntan Publik (KAP) sudah melakukan audit pada keuangan Jiwasraya pada 2017. Hasilnya, Jiwasraya semestinya melakukan pencadangan teknis Rp7,7 triliun, bukan malah mengklaim meraup laba.

Namun, Jiwasraya justeru mengabaikan temuan dari KAP itu dan mengumumkan laba Rp360 miliar.



“Tapi tidak ada kejelasan lebih lanjut (dari Jiwasraya) apa yang menyebabkan hal itu (kekurangan pencadangan) terjadi. Kami menyayangkan laporan lengkap tahun 2017 tidak dipublikasikan secara lengkap sehingga tidak transparan,” kata Tarko.

Pada Laporan Keuangan Jiwasraya 2017 itu, Tarko menuturkan KAP sudah memberikan opini tidak wajar (adverse) karena kekurangan pencadangan itu. Jiwasraya seharusnya merugi Rp7 triliun pada 2017.

“Kalau Laporan Keuangan Jiwasraya 2017 itu dianggap rekayasa, saya setuju. Karena cadangannya kurang. Laba Rp2 triliun pada triwulan IV 2017 (unaudited), pada Juni 2018 sudah dipublikasikan laba tinggal Rp300 miliar. Tapi opini auditor publik sebenarnya ‘adverse’,” ujar dia.

Tarko menjelaskan bahwa pada 2017, akuntan publik memberikan opini “adverse” yang termasuk opini dengan modifikasian. Jenis opini ini diberikan karena adanya ketidaksesuaian secara material laporan keuangan dengan standar akuntansi atau karena auditor kekurangan bukti sehingga tidak cukup memberikan opini WTP.

Terkait peran akuntan publik, Tarko mengklaim kantor akuntan publik akan menyarankan perusahaan untuk mengoreksi laporan keuangan dengan memasukkan kekurangan pencadangan sebesar Rp7,7 triliun dalam neraca keuangan sehingga laporan yang tadinya mencetak laba, seharusnya merugi.

Namun, kewenangan lebih lanjut berada di tangan direksi perusahaan sebab akuntan publik tidak bisa mempublikasikan hasil audit sebuah perusahaan.

“Jadi ada rekayasa, iya. Tapi kalau auditor ikut rekayasa, saya tidak setuju. Auditor sudah bekerja sesuai yang dikerjakan,” kata Tarko.

Sebelumnya, PT Asuransi Jiwasraya Persero mengalami gagal bayar polis asuransi JS Saving Plan karena adanya kecurangan dan kesalahan investasi.

Aset Jiwasraya tidak cukup menanggung liabilitas kepada para pemegang polis. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pun telah dua kali melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan investigasi.

BPK mencatat Jiwasraya memang sudah membukukan laba semu sejak 2006. Kemudian pada Pada 2017, Jiwasraya kembali memperoleh opini tidak wajar dalam laporan keuangannya.

Kemudian pada 2018, Jiwasraya akhirnya membukukan kerugian (unaudited) sebesar Rp15,3 triliun. Pada September 2019, kerugian menurun jadi Rp13,7 triliun. Kemudian di November 2019, Jiwasraya mengalami ekuitas negatif sebesar Rp27,2 triliun. seperti dikutip Antara. (iap)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

KORPORASI

Volume Penumpang KA Bandara Soetta Meningkat 93 Persen

Published

on

Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Foto : Instagram @soekarnohattaairport)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – PT Railink telah mengoperasikan secara bertahap Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada 1 Juli 2020.

“KA Bandara Soekarno-Hatta sudah beroperasi kembali secara bertahap dan berangsur-angsur mengalami peningkatan jumlah penumpang sejak hari pertama beroperasi hingga saat ini,” ungkap Plt Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, Rabu (5/8/2020).

Mukti menegaskan, total volume penumpang selama Juli 2020 yaitu 18.786 orang dengan prosentase kenaikan volume penumpang pada minggu pertama operasional di Juli 2020 dibandingkan dengan 1 minggu terakhir ini adalah sebesar 93 persen.



“Peningkatan volume penumpang ini didukung dengan adanya kegiatan safe travel campaign yang dilakukan oleh seluruh stakeholder PT Angkasa Pura II, dan kami juga secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan baik bagi penumpang maupun seluruh petugas frontliner dan fasilitas KA Bandara. Hal ini yang membuat masyarakat memiliki kepercayaan dan kenyamanan dalam menggunakan moda transportasi KA Bandara Railink seperti yang disampaikan oleh beberapa penumpang melalui sosial media kami,” tambah Mukti.

Penerapan protokol kesehatan berupa penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta dengan tujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, untuk mengurangi kontak fisik, antrian di stasiun dan waktu tunggu di masa pandemi Covid-19, PT Railink saat ini sedang mengembangkan SISTEM TAP N GO. Sistem tap n Go ini bertujuan untuk mempercepat flow penumpang dan mengurangi resiko penularan.

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dalam satu hari melayani 48 perjalanan dengan tujuan akhir Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang jadwal, protokol dan panduan tatanan normal baru Kereta Api Bandara Railink, masyarakat dapat melakukan scan barcode yang tersedia di meja informasi semua Stasiun KA Bandara Railink atau kunjungi bit.ly/panduanrailink.

“Kami informasikan juga bahwa selama Agustus ini kami berikan harga spesial tiket KA Bandara mulai dari Rp10.000 dan dapat dibeli di seluruh kanal penjualan tiket baik itu online maupun secara offline di masing-masing stasiun,” tutup Mukti.

Selain pelanggan dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi, website, mitra Railink maupun secara offline di mesin tiket dan meja informasi Stasiun Railink, sekarang pelanggan dapat beli tiket langsung melalui MPOS (Mobile Point Of Sales) petugas kami yang berada di terminal kedatangan 2D dan 2E Bandara Soekarno-Hatta. (inf)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KORPORASI

Serahkan Surat Nasabah, DPR Harap Bertemu Manajemen Bumiputera

Published

on

Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati. (Foto: Instagram @anis.byarwati)

Indonesiaraya,co.id, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menepati janjinya untuk memperjuangkan hak nasabah AJB Bumiputera yang menemuinya di Gedung DPR RI beberapa waktu lalu. Ia pun secara resmi menyerahkan surat tersebut Kepala Sub-Bagian Rapat Sekretariat Komisi XI DPR RI Semiyati, Selasa (4/8/2020). Surat tersebut berisikan permohonan perwakilan nasabah untuk dimediasi dan dipertemukan dengan Manajemen Bumiputera.

“Harapannya dapat terjalin komunikasi yang baik antar kedua pihak serta didapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi mereka. Walaupun sekarang sedang masa reses, tetapi saya secara resmi menyampaikan surat ini sebagai amanah dari perwakilan nasabah AJB Bumiputera yang menemui saya dan menyampaikan problematikanya beberapa waktu lalu,” kata Anis dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini juga menegaskan bahwa langkah yang diambilnya ini merupakan proses awal dimana setelah surat ini masuk kepada Sekretariat Komisi XI DPR RI, pihak Sekretariat akan berkomunikasi dengan pimpinan untuk menjadwalkan pertemuan dengan nasabah AJB Bumiputera.



“Semoga para nasabah segera mendapatkan haknya dengan kembalinya dana mereka. Dan semoga dalam masa sidang yang akan datang, Komisi XI bisa menjadwalkan pertemuan dengan nasabah Bumiputera,” ungkapnya penuh harap. Sebagai penutup, ia menegaskan, dengan disampaikannya surat dari perwakilan nasabah kepada Sekretariat Komisi XI, menjadi pertanda telah ditunaikannya amanah yang dititipkan kepadanya. (dpr)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KORPORASI

Horee, Kereta Priority Argo Parahyangan Kembali Beroperasi

Published

on

PT Kereta Api Pariwisata mengoperasikan kembali Kereta Priority Argo Parahyangan. (Foto : Instagram @kawisata)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) akan mengoperasikan kembali Kereta Priority Argo Parahyangan yang selama ini tidak berjalan akibat mewabahnya virus Corona (Covid-19).

Kereta Priority Argo Parahyangan akan mulai beroperasi kembali besok, Minggu 2 Agustus 2020 dengan menerapkan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru.

Para Penumpang diharuskan untuk tetap mematuhi persyaratan sesuai yang diatur oleh Gugus Tugas Covid-19, yakni para penumpang diharuskan dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita flu, baik batuk, maupun deman dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.



Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata, Totok Suryono, Sabtu (1/8/2020) menjelaskan, dengan beroperasinya kembali Kereta Priority Argo Parahyangan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru diharapkan bisa memenuhi kerinduan para pelanggan setia Kereta Priority yang ingin melakukan perjalanan dengan Kereta Priority.

“Kami siap menyambut para pelanggan setia kami dengan tetap memberikan pelayanan yang terbaik, serta aman dan nyaman pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami juga melakukan beberapa penyesuaian pelayanan di atas kereta sesuai dengan protokol yang dianjurkan oleh pemerintah,” ujar Totok Suryono.

Bagi setiap penumpang KA yang ingin melakukan perjalanan wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun maupun di atas KA dan memakai Face Shield yang akan disediakan oleh petugas Kereta Priority Argo Parahyangan saat akan naik ke atas KA, serta mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak saat berada di stasiun dan diatas KA serta mencuci tangan.

Para penumpang dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai pelindung diri, mengurangi kegiatan berbicara saat berada di dalam KA untuk menghindari penyebaran virus melalui droplet.

Adapun jadwal perjalanan Kereta Priority Argo Parahyangan sebagai berikut:
1. Bandung- Gambir :
a. KA 47A Berangkat Bandung Pukul : 18.20 Wib, Tiba di Gambir Pukul : 21.15 Wib dengan tangal perjalanan: 2,9,17,23 dan 30 Agustus 2020.
b. KA 37A Berangkat Bandung Pukul : 05.25 Wib, Tiba di Gambir Pukul : 08.20 Wib dengan tanggal perjalanan : 3-31 Agustus 2020.

2. Gambir – Bandung :
a. KA 46A Berangkat Gambir Pukul : 18.10 Wib, Tiba di Bandung Pukul : 21.05 Wib dengan tangal perjalanan : 3,7,14,21,28 Agustus 2020.
b. KA 48A Berangkat Gambir Pukul: 18.48 Wib, Tiba di Bandung Pukul : 21.43 Wib dengan tanggal perjalanan : 3-31 Agustus 2020.

Untuk Pemesanan tiket dan cek ketersediaan tempat duduk di setiap perjalanannya bisa melalui aplikasi KAI Access.

Humas PT KA Pariwisata, Ilud Siregar mengajak para pelanggan setia Kereta Priority yang memiliki rencana bepergian ke Bandung di akhir pekan ini, sudah bisa memesan tiketnya melalui aplikasi KAI Access dengan harga tiket Rp300.000 per penumpang.

Selain itu, pelanggan setia juga tidak perlu khawatir sulit mencari layanan Rapid Test karena saat ini KAI bekerjasama dengan Rajawali Nusindo, grup usaha Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 seharga Rp85.000 yang tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Bandung dan beberapa stasiun lainnya. (inf)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017