Connect with us

BISNIS

Indonesia Quality Expo 2020 Jadi Ajang Pamer Kendaraan Listrik

Published

on

BSN gelar Indonesia Quality Expo 2020 di Jogja City Mall. Instagram.com/@officialvolta.id

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Badan Standardisasi Nasional (BSN) sukses menggelar Indonesia Quality Expo 2020 di Jogja City Mall, Yogyakarta dari mulai tanggal 12-15 November 2020 lalu.

Pameran yang bertujuan untuk mengangkat produk-produk bermutu dan berstandar tersebut, diisi dengan serangkaian acara menarik salah satunya talkshow kendaraan listrik yang aman dan ramah lingkungan yang melibatkan industri, komunitas, pemerintah dan masyarakat.

Seperti kita ketahui bahwa polusi dari kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang utama kerusakan lingkungan, pemanasan global dan yang pasti berdampak buruk terhadap kesehatan. Disamping itu, konsumsi BBM yang semakin besar mengakibatkan ketersediaan BBM akan habis terekploitasi. Oleh karena itu kendaraan listrik muncul sebagai solusi. Namun seberapa aman kendaraan listrik tersebut digunakan?



CEO PT Volta Indonesia Semesta, Willty Awan dalam wawancaranya mengungkapkan bahwa dengan menerapkan standar mutu, faktor keselamatan dan keamanan dalam penggunaan kendaraan listrik menjadi sangat terjamin.

“Dari sisi komponen tentunya masyarakat harus melihat serta memilih komponen yang memiliki standar mutu yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Willty dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 November 2020.

“Khususnya di sisi batereinya serta komponen umum lainnya seperti ban dan kelengkapan asesoris lainnya misalnya di sepeda atau sepeda motor listrik meliputi spion, lampu sign, lampu depan dan belakang,” tambahnya.

Sepeda/Sepeda Motor Listrik tentunya dengan cara penggunaan yang tidak berbeda jauh dengan sepeda motor listrik berbahan bakar bensin, memiliki benefit dari sisi biaya operasional dimana tidak perlu lagi membeli bensin dan biaya perawatan yang sangat murah dan sederhana lainnya seperti tanpa perlu ganti oli bulanan, tune up mesin, penggantian komponen komponen seperti busi, kampas kopling dan sebagainya.

“Dan yang tidak kelah pentingnya, bonus utama berupa lingkungan yang lebih bersih, ramah lingkungan, tidak berisik dan warisan bagi anak cucu kita terhadap dunia yang lebih baik dan hijau,” ujar Willty.

Willty juga mengungkapkan jika PT Volta Indonesia Semesta sendiri sebagai salah satu industri dalam negeri yang telah memproduksi sepeda dan motor listrik di Indonesia semenjak tahun 2017, dari sisi baterei memilih komponen yang telah menerapkan Standard Quality ISO 9001, ISO 14001, GB/T-28001, CE, ROHS dan untuk ban menggunakan produk dalam negeri yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Namun tentunya ini semua belum cukup, kami akan terus meningkatkan kwalitas dan jaminan keselamatan dengan mengikuti Sertifikasi SNI 8613:2018, ISO 13063:2012 tentang “Moped dan sepeda motor berpenggerak listrik – Spesifikasi keselamatan” yang sudah kami canangkan di tahun 2021,” tegas Willty.

“Selain sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan SNI, kampanye kendaraan lsitrik di Indonesia Quality Expo 2020 ini juga sejalan dengan semangat Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan,” ungkap Willty.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan secara terus menerus menambah jaringan layanan Volta dimana saat ini sudah berdiri di hampir semua Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa, dan beberapa kota di luar Pulau Jawa seperti di Banjarmasin, Pontianak, Lampung, Makassar, Gorontalo, Bali, Lombok dan Merauke.

Volta sendiri terus mengembangkan lini produk yang menggunakan elektrifikasi, disamping Sepeda Listrik yang sudah dikenal masyarakat umum, sekarang Volta juga mulai merambah ke Sepeda Motor Listrik Roda dua, Sepeda Motor Listrik Roda 3, Alat Angkutan Listrik Khusus (yang dapat digunakan di dalam area Pabrik, Perkebunan, Pertambangan dan lain lain).

Volta juga terus meningkatkan Fitur dan Kwalitas Produk, yang di tandai dengan Peluncuran Volta New 100 yang merupakan penyempurnaan dari produk sebelumnya, saat ini Volta New 100 dilengkapi dengan Batteries Box, yang memberikan kemudahan di dalam Charging, dan Painting sudah menggunakan Teknologi CED (Cathodic Electro Deposition) yang dapat memberikan proteksi maksimal terhadap Karat di rangka sepeda listrik, Lampu depan dengan Projector LED yang memberikan penerangan maksimal dan fokus, sehingga memberikan keamanan dalam berkendara pada saat cahaya kurang terutama di malam hari, dan yang terakhir adalah Stop Lamp yang bisa menyala pada saat kita menarik Tuas Rem untuk melakukan pengeraman, ini sangat penting untuk menghindari tabrakan dari belakang.

Selain talkshow, bersama BSN, Volta juga mengadakan serangkaian lomba yaitu lomba Vlog dan lomba foto Selfie yang banyak diikuti oleh kalangan millenial. Lewat acara Indonesia Quality Expo tersebut, diharapkan masyarakat menjadi lebih memperhatikan isu-isu terkait lingkungan serta menjadikan standar mutu, khususnya SNI sebagai pedoman dalam memilih produk demi keselamatan dan keamanan. (inf)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

BISNIS

Pemerintah Harus Dukung Penuh Peran Refinery Unit VI Balongan

Published

on

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Alex Noerdin. /Dpr.go.id.

INDONESIA RAYA – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin menilai Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat memiliki peran penting dalam menyuplai kebutuhan BBM di DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya sebesar 82 persen.

Politisi Partai Golkar tersebut meminta kepada pemerintah agar peran RU VI Balongan harus didukung penuh agar ketersediaan BBM maupun project-project ke depannya berjalan dengan lancar.

“Refinery Unit VI Balongan ini dampaknya sangat besar bagi Ibu Kota dan beberapa wilayah lainnya, lebih dari 82 persen (RU VI Balongan) menyuplai BBM ke beberapa daerah.”



“Ke depan, pemerintah harus mendukung penuh kilang RU VI Balongan ini. Kilang ini pun merupakan yang sudah modern di Indonesia di antara kilang- kilang lainnya,” ucap Alex usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI dengan General Manager RU VI Balongan dan jajarannya di Indramayu, Jawa Barat, Kamis 26 November 2020.

Senada, Anggota Komisi VI DPR RI Kardaya Warnika mengatakan, dengan standardisasi kilang yang modern, RU VI Balongan merupakan kilang yang sangat vital bagi pemenuhan kebutuhan BBM dalam negeri.

“(RU VI Balongan) Ini merupakan kilang yang termodern di Indonesia yang menghasilkan produk-produk andalan yang kualitasnya tinggi dan dalam project-nya akan menghasilkan produk BBM dengan kualifikasi Euro 5,” katanya.

Politisi Partai Gerindra ini pun berharap ke depannya pemerintah memberikan perhatian khusus kepada kilang Balongan.

Pages: 1 2


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BISNIS

BUMN Berperan Vital Hadapi Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Saat Pandemi

Published

on

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung. /Instagram.com/@martinmanurung.

INDONESIA RAYA – Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga berdampak sangat signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional. 

Melihat situasi dan kondisi tersebut, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengungkapkan bahwa peran perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agent of development beserta seluruh anak perusahaannya menjadi sangat vital.

Hal ini ia ungkapkan usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan jajaran direksi PT Pertamina (Persero), PT ASABRI (Persero), Perum Perumnas, dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) di Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 27 November 2020.



“Kunjungan Kerja Spesifik yang dilakukan Komisi VI DPR RI ke Cirebon ini bertujuan untuk mendengar secara langsung bagaimana kinerja maupun langkah terobosan yang sedang dan akan dilakukan oleh perusahaan BUMN yang beroperasi di Jawa Barat, khususnya di Cirebon,” jelas politisi Fraksi Partai NasDem itu.

Menurutnya, berbagai langkah perlu dilakukan BUMN guna meningkatkan kinerja serta kontribusi perusahaan kepada pemerintah di masa pandemi. 

Sebab diketahui, ada penurunan sales dan product demand yang tidak seperti biasanya. Namun demikian, Martin juga menerangkan bahwa hal ini bukan saja disebabkan karena dampak dari pandemi Covid-19.

“Memang ada dampak Covid, tapi bukan Covid-19 (saja) sebagai penyebabnya. Seperti contoh, terdapat perusahaan BUMN yang struktur permodalannya sejak sebelum Covid-19 itu memang sudah bermasalah.”

Pages: 1 2


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BISNIS

Dominasi Asing di Industri Nikel dalam Negeri Disayangkan DPR-RI

Published

on

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto. /Dok. Dpr.go.id.

INDONESIA RAYA – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyayangkan dominasi asing di industri nikel dalam negeri. 

Politisi Fraksi Partai Keadilan (PKS) itu memperkirakan, permintaan (demand) nikel ke depan akan semakin tinggi, seiring adanya kebutuhan dari bahan nikel, seperti untuk baterai listrik.

“Saya melihat dominasi asing masih sangat tinggi di Industri nikel dalam negeri. Padahal sumber daya alam berupa nikel ke depan bisa menjadi primadona dalam industri mineral.,”ujar Mulyanto saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan LIPI, BPPT, dan BIG yang diikutinya secara virtual, Senin 30 November 2020.



Dengan demand yang semakin tinggi, lanjutnya, dan cadangan nikel dalam negeri pun cukup besar, maka sejatinya industri ini akan menjadi penyumbang devisa terbesar. 

Mulyanto menilai hal tersebut dapat terwujud jika dikelola dengan baik dari hulu hingga hilir. Itulah salah satu alasan didorongnya pembuatan smelter nikel.

Oleh karenanya ia berharap agar pemangku kebijakan dapat merefleksikan realita tersebut. 

“Bagaimana kita berpikir ke sana, agar kemampuan domestik kita bisa dari hulu sampai hilir. Sehingga pertumbuhan ekonomi kita betul-betul berbasis sumber daya alam dan mineral.”

Pages: 1 2


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017