Connect with us

DESTINASI

Kemajuan Teknologi Mudahkan Industri Kuliner Lakukan Pemasaran

Published

on

Untuk memenangkan persaingan, pelaku usaha harus memahami tiga kata kunci dalam mengembangkan suatu merek atau "brand", yakni digital, sosial, dan mobile.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Pengamat pemasaran Hermawan Kertajaya menilai bahwa kemajuan teknologi memudahkan industri kuliner melakukan pemasaran sehingga dapat berkembang lebih cepat dibandingkan industri lain.

“Industri kuliner cukup endorsement lewat ‘smartphone’ (gawai pintar). Kita tahu perputaran marketing melalui gawai sangat cepat sehingga industri itu dapat berkembang lebih cepat,” ujar Hermawan Kertajaya yang juga Founder & Chairman MarkPlus, Inc usai seminar “ASEAN Marketing Summit” di Jakarta, Kamis.

Baginya, lanjut dia, kemajuan teknologi tak terhindarkan lagi mengingat budaya masyarakat sudah berubah seiring dengan tingginya adaptasi teknologi di masyarakat. Efektivitas pemasaran melalui gawai pintar juga sangat cepat dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, termasuk dalam industri kuliner.



Kendati demikian, ia mengatakan, untuk memenangkan persaingan, pelaku usaha harus memahami tiga kata kunci dalam mengembangkan suatu merek atau “brand”, yakni digital, sosial, dan mobile.

“Perkembangan teknologi sangat cepat, bahkan terkadang sulit untuk dikejar. Untuk itu sebuah brand harus pahami tiga kata kunci, yakni digital, social, dan mobile,” katanya.

Ia menambahkan ketiga kata kunci itu harus dipahami mengingat kegiatan sosial saat ini tidak hanya terjadi secara offline, tapi juga online melalui media sosial.

“Dan itu terjadi secara mobile, hanya lewat perangkat ‘smartphone’. Jadi sekarang banyak sekali aktivitas seseorang didorong dan dilakukan secara digital,” katanya.

Perkembangan teknologi, lanjut Hermawan Kartajaya, juga akan berdampak positif pada industri perjalanan pariwisata yang akhirnya menambah aktivitas perdagangan dan investasi menjadi lebih baik.

“Pariwisata merupakan ‘gate opener’, bagi sektor perdagangan dan investasi,” ujar Hermawan Kertajaya.

Menurut dia, suatu daerah akan berkembang ekonominya jika sektor pariwisatanya maju. Dampak selanjutnya dari kemajuan pariwisata akan terasa pada produk -produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang akhirnya mengundang investor untuk berinvestasi.

“Kalau suatu daerah tidak bisa menarik atau mengembangkan pariwisata maka produk lokal susah dijual dan susah menarik investasi. Rugi kalau pariwisata tidak dijadikan ‘gate opener’,” ucapnya, seperti dikutip Antara. (zbf)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

DESTINASI

Mendagri : Wisatawan Bali Tetap Ramai, Tak Terpengaruh Isu Corona

Published

on

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan wisatawan yang berkunjung ke Bali tetap ramai dan tak terpengaruh isu virus corona yang tengah melanda beberapa negara. Hal itu diungkapkannya usai menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, Pencegahan Stunting dan Program Dana Desa di Sekretariat TNP2K, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

“Saya sudah bertemu dengan Pak Gubernur (Bali), hari Minggu yang lalu saya ke sana, juga ada kegiatan olahraga bersama, saya tidak melihat ada (kondisi) sepi, (justru) ramai. Saya masuk ke Denpasar, Sanur, Kuta, ramai,” ungkap Mendagri.

Kendati hotel tempat menginap wisatawan asal Tiongkok terbilang sepi, namun Bali menjadi destinasi wisata pilihan bagi wisatawan mancanegara karena terbilang aman.



“Cuma informasi dari Pak Gubernur, yang biasanya hotel-hotel yang biasa ditempatkan oleh turis langganan dari Tiongkok, itu jadi sepi. Tapi ada efek positifnya, yaitu karena informasi di Thailand, di Jepang, Singapura, terpengaruh Corona, informasi dari Pak Gubernur (Bali) banyak yang tadinya wisatawan yang ingin ke Jepang, Thailand, Singapura, mengalihkan (destinasi wisatanya) ke Bali, karena Bali sampai saat ini tidak ada data terpengaruh Corona,” jelasnya.

Hingga saat ini Pemerintah Indonesia terus mengantisipasi adanya penyebaran virus Corona termasuk dengan mengambil langkah preventif melalui berbagai rapat koordinasi dengan stakeholder terkait. (ini)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

DESTINASI

Ganjar Tawarkan Borobudur Maraton Jadi Sister Tokyo Maraton

Published

on

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Tengah) usai launching Borobudur Marathon Lounge FX Sudirman Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menawarkan event tahunan sportourisme Borobudur Maraton menjadi Sister Tokyo Maraton. Kedua agenda maraton tersebut memiliki beberapa kesamaan, sehingga sangat potensial untuk dipadukan layaknya sister city.

“Rancangan Sister Maraton sama halnya dengan sister city yang memadukan dua kota berbeda lokasi, dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan sosial karena memiliki beberapa kemiripan.,” ujarnya.

Ganjar mengungkapkan, Borobudur Maraton yang kali pertama terselenggara tahun 1990 tersebut, memiliki beberapa kemiripan dengan Tokyo Maraton, terutama dalam pelaksanaan kegiatannya.



“Jadi acara itu tidak hanya melibatkan pelari, tapi juga masyarakat setempat. Ini adalah mimpi yang sedang kawan-kawan siapkan. Saya mendorong Borobudur Maraton dengan Tokyo Maraton sebagai sister Maraton,” kata Ganjar usai launching Borobudur Marathon Lounge FX Sudirman Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Tokyo Marathon, lanjutnya, merupakan salah satu event lari terbesar di dunia selain Berlin Maraton maupun Boston Maraton. Meski banyak event serupa di berbagai penjuru dunia, namun sampai saat ini belum satu pun yang menginisiasi keberadaan Sister Maraton. Untuk itu, pihaknya merealisasikan hal itu pada Maret mendatang, sehibgga penyelenggara Borobudur Maraton akan bertandang langsung ke Tokyo.

“Kalau Maret kita bisa ke Tokyo, mungkin sampai pelaksanaan Borobudur Maraton kita bisa melakukan improvement pada beberapa bagian. Mungkin pada cara pengelolaan masyarakat, potensi ekonomi. Juga belajar kurasi akomodasi, mengelola peserta, pendataan dan lainnya,” ujarnya.

Peluang terealisasi sister Maraton tersebut, menurut Ganjar sangat terbuka. Terlebih Jepang telah mengetahui dan menyatakan minatnya pada Borobudur Maraton. Meskipun mereka memberi beberapa catatan agar penyelenggara menyediakan ruang-ruang atau desai ala Jepang agar mereka betah.

“Jika (sister Maraton) OK, kita harapkan kelas Borobudur Maraton bisa mendekati Tokyo Maraton yang triliunan secara ekonomi. Secara partisipan bisa seluruh dunia,” katanya.

Untuk persiapan Borobudur Maraton 2020 ini, Ganjar mengatakan telah dimulai. Review pada penyelenggaraan tahun lalu juga telah dilakukan, baik dari segi infrastruktur, partisipasi masyarakat sampai minat pelari. Yang akan membedakan dengan penyelenggaraan sebelum-sebelumnya, pada Borobudur Maraton tahun ini akan ada gimmick-gimmick yang disiapkan untuk keluarga pelari.

“Agar peserta bisa datang dengan keluarganya. Dengan memperbanyak gimmick, ternyata bisa membuat peserta penasaran,” katanya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Borobudur Maraton memang dikemas sangat unik dan menarik. Karena masyarakat serta seniman-seniman sekitar Borobudur turut teelibat.

” Jadi para peserta, sejak start sampai finish mendapat sambutan, suguhan sampai hiburan khas warga sekitar Borobudur,” ujarnya. (ini)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

DESTINASI

Atraksi Barongsai Yonarmed 11 Kostrad di Tempat Wisata Candi Borobudur Pukau Wisatawan

Published

on

Atraksi liong atau yang lebih dikenal Barongsai di masyarakat umum merupakan seni tradisional yang berasal dari negara Tiongkok.

Indonesiaraya.co.id, Magelang – Memperingati tahun baru imlek 2020, Danyonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Asep Ridwan, S.H., M.Han menampilkan kesenian Barongsai yang dimiliki oleh Yonarmed 11 Kostrad di Tempat Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang Jawa Tengah. Sabtu (25/1/2020).

Atraksi liong atau yang lebih dikenal Barongsai di masyarakat umum merupakan seni tradisional yang berasal dari negara Tiongkok.
Memadukan seni tari dan hewan mitologi berwujud Naga kelompok liong guntur naga geni Yonarmed 11 Kostrad mampu menarik perhatian seluruh pengunjung di Wisata Candi Borobudur.

Wisata Candi Borobudur ini merupakan wisata International dan pengunjungnya pun berasal dari seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai di berbagai wilayah luar Indonesia.



Atraksi tersebut Dipimpin oleh Serma Dedi beserta 24 anggota Yonarmed 11 Kostrad, Dengan gerakan yang semangat di sertai rasa percaya diri dan pantang menyerah, mereka mampu menyuguhkan atraksi yang bagus dan menarik.

Di sela-sela kegiatan, Danyonarmed 11 Kostrad mengatakan, “Pada tahun baru imlek 2020 ini, kami keluarga besar Yonarmed 11 Kostrad turut serta dalam memeriahkan acara tahunan ini dengan menampilkan kesenian Barongsai yang bertujuan untuk menghibur seluruh masyarakat”.

“Kesenian Barongsai ini kami siapkan dari hari-hari sebelumnya yang akan di tampilkan dan membuat cetar membahana Wisata Candi Borobudur pada keramaian di acara tahun baru imlek 2020 ini,” pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan kebijakan Panglima Divif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han) yang di sampaikan kepada Danmenarmed 1/PY/2 Kostrad Kolonel Arm Didik Harmono, S.E bahwa seluruh Prajurit Divif 2 Kostrad harus bisa dalam atraksi seni apapun, guna menjaga kekompakan prajurit dan bisa membuat seluruh masyarakat bahagia dengan apa yang kita miliki. (ini)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending