Connect with us

PAPUA

Menhub akan Kaji Rencana Pembangunan Bandara Baru di Raja Ampat

Published

on

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengkaji rencana pembangunan bandara baru di Pulau Misool, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, yang diusulkan pemerintah setempat.

“Ada satu pulau yang perjalanan lautnya perlu waktu sekitar empat jam lebih (dari Pulau Waigeo), kami akan meneliti dulu,” kata Budi ditemui seusai rapat bersama para kepala daerah Provinsi Papua dan Papua Barat di Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Pemerintah sendiri, lanjut Budi, saat ini tengah mengembangkan Bandara Marinda, Raja Ampat, yang terletak di Waisai, Pulau Waigeo.



Landas pacu Bandara Marinda yang kerap disebut Bandara Raja Ampat itu rencananya akan diperpanjang hingga 1.525 meter pada tahun 2019 ini. Namun, rampungnya pengembangan bandara tersebut akan sedikit molor karena baru bisa selesai 2020.

Perpanjangan landas pacu diperlukan untuk mendukung konektivitas di destinasi wisata bahari unggulan itu.

“Yang pasti, bandara (Marinda) ini akan segera diselesaikan dulu. Sekarang kurang panjang dan ada masalah safety,” ujarnya.

Selain itu, Budi mengatakan pembangunan bandara baru di selatan Raja Ampat itu juga belum bisa terealisasi dalam waktu dekat karena pemerintah ingin mengkaji potensi pariwisata kawasan tersebut.

“Misool itu kalau dibangun paling tidak (butuh) sekitar Rp1 triliun. Kantong kita ini kan tidak banyak sekali. Kita lihat potensi pariwisata nya, kalau ada potensi bagus kita akan lakukan pembangunan segera,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati mengatakan alternatif bandara di Misool itu diharapkan dapat mendukung potensi wisata di pulau tersebut.

Pasalnya, Misool memiliki objek wisata bawah laut yang menakjubkan. Bahkan National Geographic memberikan penilaian tinggi terhadap alam bawa laut Misool.

“Sudah tersedia lahannya, jadi nanti (Raja Ampat) keistimewaannya punya dua gate (gerbang). Kalau (destinasi wisata) yang lain cuma satu ggerbang. Jadi penerbangan ke Raja Ampat bisa lewat Misool atau Waigeo,” kata Abdul. Seperti dikutip Antara. (aij)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

PAPUA

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Published

on

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, pada tanggal 28 Juni 2019.

Kehadiran Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjukkan kepedulian dan berempati kepada Prajurit TNI AD yang gugur dalam melaksanakan tugas demi bangsa dan negara.

Pelepasan empat jenazah korban kecelakaan Helikopter Mi-17 itu dilakukan dengan upacara militer yang dipimpin oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab sebagai inspektur upacara, bertempat di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Kab. Jayapura, Papua, Selasa (18/2/2020).



Keempat jenazah tersebut, yakni Sertu Anumerta Ikrar Setya Nainggolan yang akan diberangkatkan ke Sorong, Praka Anumerta Risno diberangkatkan ke Kendari, Praka Anumerta Yanuarius Loe diberangkatkan ke Kupang, dan Pratu Anumerta Sujono Kaimuddin diberangkatkan ke Ambon.

Kepedulian Panglima TNI juga ditunjukkan dengan memberikan penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) untuk 12 prajurit TNI yang gugur dalam menjalankan tugas demi bangsa dan negara, melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/188/II/2020 yang dibacakan pada upacara pelepasan jenazah tersebut.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Senin (17/2/2020) delapan prajurit TNI telah dilepas dengan upacara militer oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M ke daerah masing-masing untuk dimakamkan.

Tujuh jenazah yang diberangkatkan tujuan Semarang, Jawa Tengah terdiri dari Mayor CPN Anumerta Aris Afik Novian (Pilot), Mayor CPN Bambang Saputra (Flight Engineer), Kapten CPN Anumerta Ahwar Affandi (Co-Pilot), Serma Anumerta Suriatna Wijaya Kusuma (TI), Sertu Anumerta Dita Ilham Primojati (Avionic), Kopda Anumerta Dwi Purnomo (Mekanik), Praka Anumerta Asharul Mashudi (Mekanik).

Sedangkan satu prajurit TNI tujuan Surabaya, Jawa Timur, atas nama Pratu Anumerta Tegar Hadi Sentana (anggota Batalyon Infanteri 725/WRG).

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis secara simbolis menyerahkan santunan kepada perwakilan keluarga korban kecelakaan Helikopter Mi-17. (ini)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

PAPUA

Menpora Zainudin Amali Pastikan Provinsi Papua Siap Gelar PON XX

Published

on

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Indonesiaraya.co.id, Jayapura – Menpora Zainudin Amali memastikan Provinsi Papua sudah sangat siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang.⠀

Kendati demikian, ia akui semarak PON belum begitu terasa di tengah-tengah masyarakat, baik yang ada di Papua maupun provinsi lainnya di Indonesia.⠀

Berkenaan dengan hal itu, ia meminta seluruh media massa di Papua maupun luar Bumi Cenderawasih untuk ikut menyemarakan gema PON melalui media massanya masing-masing.⠀

“Mohon dukungan media untuk publikasikan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan (PON) ini. Supaya semua orang tahu) Papua layak dan siap untuk menjadi tuan rumahiven empat tahunan PON,” jelas Menpora dalam keterangan pers, usai membuka Chef de Mission (CdM) meeting KONI se-Indonesia, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis malam.⠀

Ia pastikan, perkembangan pembangunan venue di Papua sangat pesat sebelum kunjungan Menko PMK dan tim dari Jakarta di beberapa klaster penyelenggara PON.⠀

Dengan demikian, Menpora pun memastikan seluruh venue bakal tes iven sebelum pelaksanaan PON pada 20 Oktober 2020 mendatang.⠀

“Sekali lagi tidak ada lagi yang perlu dikuatirkan (terkait pelaksanaan PON di Papua). Apalagi kesiapan panitia di Papua sudah sangat maksimal”.⠀

“Dimana Sekda Papua, Pangdam XVII Cenderawasih, Kapolda Papua serta Ketua Harian PB PON Papua selalu ada lapangan memantau persiapan PON yang juga di supervisi Ketua Umum KONI Pusat. Yang pasti kita semua bersemangat mensukseskan PON di Papua ,” jelasnya. (lel)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.



Continue Reading

PAPUA

Polda Papua Siapkan Pengamanan PON XX dan Pilkada Serentak 2020

Published

on

Pekan Olahraga XX akan berlangsung pada Oktober 2020 di Papua. Jelang pesta olahraga nasional itu, Polda Papua rutin melakukan razia atau sweeping.

Indonesiaraya.co.id, Papua – Pekan Olahraga XX akan berlangsung pada Oktober 2020 di Papua. Jelang pesta olahraga nasional itu, Polda Papua rutin melakukan razia atau sweeping.

Dir Lantas Polda Papua, Kombes Pol Supriyadi mengatakan menyiapkan kurang lebih 358 personil lalu lintas untuk mengamankan sarana transportasi baik itu pengawalan, pengamanan jalur lalu lintas dan perparkiran saat pelaksanaan PON

Sementara itu, Kasat PJR Ditlantas Polda Papua Kompol Marthen W. Asmuruf menyebutkan berbagai hal telah dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Papua beserta jajaran untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON 2020, termasuk razia kendaraan.



“Razia kendaraan akan kami lakukan hingga PON, hal ini agar masyarakat selalu sadar dan menaati rambu-rambu lalu lintas ketika berkendara di jalan raya,” katanya.

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw menyampaikan selain mengamankan PON XX, tahun ini Polda Papua juga akan mengamankan pelaksanaan Pilkada di 11 Kabupaten dan PON XX di Papua.

Meski jumlah personel Brimob yang akan diperbantukan ke Papua masih terbilang minim, tetapi katanya Polda Papua berupaya memaksimalkan jumlah personel itu secara efektif.

“Kami menyiapkan perbantuan tenaga BKO dari teman-teman Brimob Nusantara. Kami sudah ajukan kebutuhannya tetapi yang dipenuhi dari Markas Besar (Polri) 400 personel. 400 (personel) sama dengan empat kompi Brimob yang akan membantu kami dalam pengamanan PON itu sendiri maupun Pilkada,” tuturnya. (ini)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending