Connect with us

BISNIS

Menko Luhut Sebut Semua yang Terlibat Simulasi Pariwisata Hebat

Published

on

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, mengikuti simulasi protokol kesehatan, keselamatan, dan keamanan di destinasi pariwisata super prioritas, Labuan Bajo. Maritim.go.id

Indonesiaraya.co.id, Labuan Bajo – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengikuti simulasi protokol kesehatan, keselamatan, dan keamanan di destinasi pariwisata super prioritas, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur Kamis, 12 November 2020.

“Simulasi ini merupakan suatu uji coba yang akan menjadi cikal bakal SOP bidang kesehatan, keselamatan, dan keamanan RI. Saya pikir Presiden sudah memberikan arahan kepada kita agar bekerja secara terintegrasi dan memperbaikinya secara terintegrasi,” ucap Menko Luhut dalam sambutannya.

Menurut Menko Luhut, keberhasilan kegiatan tersebut merupakan keberhasilan setiap pihak, yaitu 23 kementerian/lembaga yang terkait dan telah berkolaborasi dengan baik.



“Kolaborasi inilah salah satu langkah yang sangat sulit dalam satu organisasi. Tapi saya percaya, melihat sekarang kita sudah sejalan,” tambahnya.

Melalui gambar rekam, Presiden Indonesia, Joko Widodo, juga menyampaikan arahannya.  “Pemerintah perlu melakukan integrasi terkait dengan pariwisata, terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan wisatawan. Simulasi ini sudah dipersiapkan untuk bisa menjamin kesehatan, keselamatan, dan keamanan wisatawan untuk hadir kembali di Labuan Bajo dan destinasi pariwisata lainnya,” ucap Presiden RI.

Dirinya menjelaskan bahwa ini adalah kali pertama Indonesia memiliki sistem kesehatan, keselamatan, dan keamanan yang terintegrasi. Simulasi serupa akan diterapkan pula pada destinasi super prioritas lainnya.

“Ada 5 destinasi super prioritas, kemudian kita ingin urus itu semua. Kita ingin mulai dari keselamatan, kesehatan, dan penanggulangan bencananya kita siapkan. Ini saya kira jadi contoh yang bagus bagi kita semua di sini. Saya pikir semua pihak yang terlibat di sini sangat hebat,” puji Menko Luhut atas kelancaran simulasi.

Dirinya berpendapat bahwa Indonesia saat ini telah berubah menuju lebih baik. Menurutnya Indonesia secara keseluruhan makin tertib dan padu. Menurutnya dengan simulasi ini, pemerintah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap menerima wisatawan kembali.

Terkait dengan kesiapan pariwisata Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, menjelaskan, “Memang untuk membuat pariwisata itu maju, bukan hanya infrastruktur, bukan hanya keindahan alam, bukan hanya budaya, bukan hanya masalah pemasaran, tapi kita juga bisa menciptakan rasa aman dan rasa nyaman bagi wisatawan,” jelasnya.

Menparekraf kemudian menekankan bahwa rasa aman dalam berwisata merupakan hal yang penting, terlebih rasa aman dari Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini mengarahkan kita agar pariwisata kita lebih berkualitas. Tentunya tidak akan terwujud pariwisata yang berkualitas kalau tidak bisa mewujudkan rasa aman,” tutur Menparekraf.

“Oleh karena itu teman-teman media, sampaikan kepada masyarakat dalam dan luar negeri mengenai ini. Karena banyak negara-negara luar negeri ini, melihat kita ini masih mengira kalo kita seperti negara-negara underdeveloped gitu,” pesan Menko Luhut kepada awak media yang hadir pada kegiatan simulasi tersebut.

Menko Luhut mengusulkan agar tim keamanan dapat pula melakukan patroli kepada kapal-kapal tidak berbendera yang berada di perairan Labuan Bajo dan sekitarnya. Sehingga nantinya daerah dapat menikmati pendapatan dari kapal tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Menko Marves mengusulkan agar simulasi serupa juga dilaksanakan di Mandalika. “Nanti persiapan Moto GP di Mandalika, kita perlu melakukan simulasi seperti ini. Karena berdasarkan pengalaman saya kalau kita rutin melakukan simulasi, maka akan memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan, karena semua tahu siapa berbuat apa, dan resikonya dapat dihitung dengan baik,” usul Menko Marves.

Dirinya menambahkan bahwa simulasi serupa juga perlu dilakukan di empat destinasi super prioritas lainnya, terutama pada daerah yang rawan bencana.

“Tentu dengan memperhitungkan karakteristik masing-masing daerah. Jadi mungkin nanti simulasi yang dilakukan di sini akan sedikit berbeda dengan simulasi di daerah lain,” pesan Menko Luhut. (mar)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

BISNIS

Semen Gresik dan Polres Rembang Bersinergi untuk Mencapai 100% Vaksinasi Karyawan

Published

on

PT Semen Gresik (SG) bersinergi dengan Polres Rembang melaksanakan program vaksinasi sebanyak 625 dosis vaksin. /Instagram.com/@semengresikofficial

INDONESIA RAYA – PT Semen Gresik (SG) bersinergi dengan Polres Rembang melaksanakan program vaksinasi sebanyak 625 dosis vaksin pada, Kamis, 8 Juli 2021 dalam upaya untuk mencapai target 100% vaksinasi bagi seluruh karyawan perusahaan.

Hal ini sebagai bentuk langkah preventif dalam perlindungan dan penanggulangan Covid-19 bagi karyawan, baik karyawan induk maupun tenaga alih daya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Batu Kapur PTSG Pabrik Rembang ini berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat serta melalui supervisi langsung oleh Kapolres Rembang, Kurniawan Tandi Rongre, bersama segenap manajemen PT Semen Gresik.

Kapolres Rembang, Kurniawan Tandi Rongre, menyampaikan apresiasi yang baik atas sinergi yang dijalin antara SG yang diharapkan mampu mengakselerasi percepatan kekebalan kelompok (herd immunity).

“Kapolres Rembang, 1 x 24 jam siap memberikan bantuan vaksinasi kepada masyarakat.”

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di media Info BUMN dalam artikel Semen Gresik dan Polres Rembang Bersinergi untuk Mencapai 100% Vaksinasi Karyawan




Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BISNIS

PT Taman Wisata Candi Borobudur Rangkul Semua Pihak dalam Pengembangan TMII

Published

on

Wisata Candi Borobudur. /Dok. Bumn.go.id

INDONESIA RAYA – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) atau TWC sebagai perusahaan BUMN telah menerima amanah menjadi pengelola TMII per tanggal 1 Juli 2021 dari Kementerian Sekretariat Negara.

Konsep yang telah dipersiapkan dalam mengembangkan Taman Mini Indonesia Indah sebagai Estalase Budaya Indonesia yang mengusung tema “Indonesia Opera”, akan menjadikan wajah baru bagi TMII kedepan.

Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan komunikasi ke berbagai stakeholder terkait untuk silaturahmi dan internalisasi nilai-nilai yang menjadi tujuan pengembangan TMII kedepan dengan menggelar pertemuan virtual antara manajemen TWC dengan manajemen TMII yang terdiri dari pengelola Anjungan, Museum serta Rumah Ibadah. Acara ini dibuka langsung oleh Corporate Secretary TWC Emilia Eny Utari, Kamis 8 Juli 2021.



“TWC berinisiatif merangkul berbagai pihak terkait, seperti pengelola Anjungan Daerah, Museum dan Rumah Ibadah di TMII. Hal ini kita lakukan agar pengembangan TMII ke depan berjalan dengan baik dan lancar. Semua pihak bisa ikut berperan dalam momen peralihan ini,” terangnya.

Sementara itu, Forum Komunikasi Anjungan Daerah (FOKAD) TMII Samad Widodo menyampaikan bahwa harus ada kesamaan visi antara pengelola anjungan dengan TWC selaku pengelola baru TMII.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di media Info BUMN dalam artikelPT Taman Wisata Candi Borobudur Rangkul Semua Pihak dalam Pengembangan TMII


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BISNIS

PPKM Darurat, PLN Mobile Jadi Garda Depan Layanan Selama WFH

Published

on

Aplikasi PLN Mobile yang diluncurkan pada tahun lalu diharapkan dapat menjadi garda terdepan PLN Layanan Selama WFH. /Dok. Pln.co.id

INDONESIA RAYA – PT PLN (Persero) berkomitmen mengoptimalkan layanan untuk pelanggan rumah tangga guna menunjang produktivitas work from home, di tengah penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Pulau Jawa dan Bali dari 3 Juli 2021 hingga 20 Juli mendatang.

Bob Saril, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, mengatakan berkaca dari pengalaman pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahun lalu, PLN akan lebih meningkatkan pelayanannya untuk memastikan semua dapat mengikuti PPKM ini.

“Kita harus memastikan keandalan listrik untuk rumah tangga di mana masyarakat akan melakukan work from home.”



“Kami memastikan digitalisasi berjalan untuk konsumen kami karena pergerakan mereka terbatas, sehingga kita harus menggunakan teknologi untuk tetap berhubungan,” ujarnya.

Aplikasi PLN Mobile yang diluncurkan pada tahun lalu diharapkan dapat menjadi garda terdepan PLN dalam berkomunikasi dengan seluruh pelanggan PLN, terutama sektor rumah tangga.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di media Info BUMN dalam artikel “PPKM Darurat, PLN Mobile Jadi Garda Depan Layanan Selama WFH”


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017