Connect with us

INTERNASIONAL

Pakar China : Pasien Corona yang Sudah Sembuh Bisa Terinfeksi Lagi

Published

on

Para pasien yang sembuh direkomendasikan untuk melakukan karantina sendiri (self-quarantine) selama 14 hari dan secara saksama memantau kondisi mereka.

Indonesiaraya.co.id, China – Otoritas China mengklaim sudah 5.646 orang yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona dan dipulangkan dari rumah sakit. Namun pakar kesehatan China memperingatkan bahwa pasien virus corona yang dinyatakan sembuh, masih berisiko terinfeksi kembali dan dimungkinkan untuk menyebarkan virus tersebut.

Seperti dilansir media nasional China Global Television Network (CGTN), Kamis (13/2/2020), He Mengzhang yang merupakan pakar medis dari Panyu Campus of Second Affiliated Hospital of Guangzhou Medical University menyatakan infeksi berulang pada pasien yang telah dinyatakan sembuh tergantung pada antibodi masing-masing pasien.

“Setelah infeksi, antibodi tertentu diproduksi untuk melindungi tubuh. Namun, sejumlah antibodi tidak efektif untuk seumur hidup, tapi hanya untuk jangka waktu yang singkat yang setelah itu, jika tidak memperhatikan, pasien yang telah sembuh juga mungkin terinfeksi lagi dengan virus itu dan menyebarkannya,” ucap He yang merupakan ketua tim perawatan klinis untuk pneumonia yang disebabkan novel coronavirus.



Setelah pulang ke rumah sakit, para pasien yang sembuh direkomendasikan untuk melakukan karantina sendiri (self-quarantine) selama 14 hari dan secara saksama memantau kondisi mereka. He juga menekankan agar para pasien yang dipulangkan dari rumah sakit, seharusnya mengisolasi diri mereka dari anggota keluarga serta melindungi diri mereka dan orang lain dari potensi terinfeksi virus ini.

Dia merekomendasikan mereka untuk memakai masker, melakukan olahraga level sedang dan menjaga lingkungan sekitar tetap bersih. Untuk menjaga kondisi tubuh, para pasien bisa melakukan olahraga level sedang sebelum nantinya menyesuaikan levelnya dengan aktivitas yang dilakukan.

“Juga perhatikan konseling dan rehabilitasi psikologis. Beberapa pasien mungkin mengalami depresi usai terinfeksi penyakit itu. Jika diperlukan, direkomendasikan untuk mendatangi klinik psikologis,” ucap He.

Dia menekankan bahwa stress, gangguan kecemasan dan perubahan psikologis lainnya akan mempengaruhi kekebalan tubuh, yang akan mengurangi kemampuan sistem imunitas dalam melawan patogen, yang menjadikan orang-orang rentan terinfeksi virus.

Para pasien yang dinyatakan sembuh diimbau untuk menghindari cuaca dingin dan beristirahat dengan baik. Makanan yang dikonsumsi juga harus bernutrisi. “Ingat untuk mencuci tangan secara rutin, dan menjaga agar tangan tetap bersih, bukannya meraba-raba sekitar dalam perjalanan pulang,” tegasnya.

Data terbaru Komisi Kesehatan Nasional China pada Kamis (13/2/2020) waktu setempat menyebut total 59.651 kasus virus corona terkonfirmasi di wilayahnya dan 445 kasus lainnya di luar China. Jumlah korban tewas di wilayah China daratan mencapai 1.361 orang. Dua orang lainnya meninggal di Hong Kong dan Filipina. Total secara global ada 1.363 orang meninggal akibat virus corona. (ktn)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

INTERNASIONAL

FBI Berhasil Tangkap Pengirim Surat Beracun Kepada Donald Trump

Published

on

Presiden AS, Donald Trump. (Foto : Instagram @realdonaldtrump)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Otoritas Amerika Serikat (AS), menangkap seorang tersangka yang diduga pelaku pengirim surat berisi racun risin mematikan, yang ditunjukan kepada Presiden Donald Trump.

Dilansir Reuters, Senin (21/9/2020), laporan media menyebut, seorang wanita yang dituduh mengirimkan surat beracunitu telah ditangkap. Dikabarkan, ia saat ini sedang ditahan di perbatasan AS dan Kanada.

Saat dimintai tanggapan soal laporan media, kantor Biro Investigasi Federal (FBI) di Washington DC menyatakan: “Penangkapan telah dilakukan terhadap seseorang yang diduga bertanggung jawab atas pengiriman sebuah surat mencurigakan.”



“Investigasi sedang berlangsung,” imbuh FBI dalam pernyataannya.

Secara terpisah, seorang sumber penegak hukum AS yang memahami kasus ini menuturkan kepada Reuters, bahwa ‘surat mencurigakan’ yang disebut dalam pernyataan FBI merupakan surat yang sama yang mengandung racun risin.

Sumber itu juga menyebut, tersangka yang ditangkap merupakan seorang wanita berkewarganegaraan Kanada.

Kepolisian Kanada dalam pernyataan terpisah menyatakan, pihaknya telah dimintai bantuan oleh FBI guna penyelidikan kasus itu.

Lebih lanjut, Kepolisian Kanada menyebut, menurut analisis FBI terhadap zat di dalam amplop ‘surat mencurigakan’ itu mendeteksi ‘keberadaan risin’, zat yang sangat beracun yang berasal dari biji jarak.

Amplop berisi racun risin itu dicegat di pusat pemeriksaan surat pemerintah AS, sebelum dilanjutkan ke Gedung Putih. Insiden ini diselidiki oleh FBI bersama-sama Secret Service AS dan US Postal Inspection Service.

Ricin adalah racun ampuh yang berasal dari biji jarak, biji-bijian Ricinus communis. Cara kerja racun ini adalah mencegah sel-sel membuat protein yang dibutuhkan.

Tanpa protein, maka sel-sel dalam tubuh akan mati. Itu akan membahayakan seluruh tubuh dan dapat menyebabkan kematian. (rad)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

INTERNASIONAL

Disney Tunda Penayangan Film Animasi Black Widow

Published

on

Disney masih belum menentukan tanggal perilisan pasti Black Widow. (Foto : pinterest.com)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta РDisney berencana kembali menunda penayangan Black Widow, yang dijadwalkan rilis 6 November karena pandemi Covid-19. 

Melansir Variety, Kamis (17/9/2020), Disney juga disebut mempertimbangkan opsi lain dalam merilis animasi garapan Pixar, Soul. 

Saat ini film animasi Soul masih dijadwalkan rilis di bioskop pada 20 November. Sejumlah sumber menyebut ada peluang Soul akan ditayangkan ke Disney+, namun orang dalam Disney membantah hal itu.



Kabar penundaan ini datang beberapa hari setelah Warner Bros mengumumkan penundaan dari Wonder Woman 1984, menjadi Desember. Bukan hanya itu, Universal juga menunda penayangan Candyman dari Oktober menjadi 2021.

Hingga saat ini, film ke-25 James Bond, No Time to Die menjadi satu-satunya film besar yang masih menetapkan 20 November mendatang sebagai tanggal perilisan.

Sebanyak 70 persen bioskop di Amerika Serikat sebenarnya telah dibuka kembali, namun mereka kesulitan mendatangkan penonton. Sementara itu, pasar domestik terbesar yaitu New York City dan Los Angeles masih ditutup. Semula, pemilik bioskop berharap film Christopher Nolan, Tenet, dapat mendatangkan penonton.

Namun kekhawatiran akan pandemi hanya mampu membuat Tenet meraup US$29 juta setelah dua pekan penayangan. Black Widow yang dibintangi oleh Scarlett Johansson telah mengalami penundaan tayang beberapa kali. Awal kali, film ini ditenggatkan rilis pada Mei.

Hingga saat ini, Disney masih belum menentukan tanggal perilisan pasti Black Widow dan dampaknya pada film juga serial Marvel yang lain seperti Eternals, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, serta Thor: Love and Thunder.

Sementara itu, Scarlett Johansson memastikan film Black Widow dibuat untuk mencerminkan gerakan #MeToo serta Time’s Up yang bergaung selama beberapa tahun belakangan. (rad)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

INTERNASIONAL

19 Tahun Tragedi Serangan terhadap Gedung World Trade Centre (WTC)

Published

on

11 September 2020 19 tahun tragedi serangan terhadap gedung World Trade Centre (WTC) di New York. (Foto : Instagram @universofcporto)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta РHari ini, 11 September 2020, tepat 19 tahun tragedi serangan terhadap gedung World Trade Centre (WTC) di New York, Gedung Pentagon di Washington DC, dan Pennsylvania.

Sedikitnya 2.753 orang tewas ketika pesawat American Airlines Flight 11, dan United Airlines Flight 175 menabrak Gedung WTC di kawasan Manhattan.

Pesawat pertama menabrak menara WTC utara sekitar pukul 08.46 waktu lokal, lalu 17 menit kemudian, pesawat kedua menabrak gedung selatan WTC. 



Di lokasi lain, pesawat American Airlines bernomor 77 menabrakkan diri ke gedung Kementerian Pertahanan AS di Washington DC. Sebanyak 184 orang tewas dalam insiden itu.

Sementara itu, pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 93 menabrak sebuah ladang di Shankville, Pennsylvania. Saat itu, pesawat membawa 40 penumpang termasuk awak pesawat.

Para korban tewas itu berusia mulai dari dua tahun sampai 85 tahun. Sebanyak 75-80 persen korban tewas merupakan pria. Hingga Juli 2019, 1.644 dari total 2.753 korban tewas telah teridentifikasi.

Tercatat setidaknya kerugian ekonomi akibat serangan mencapai US$123 miliar selama 2-4 minggu pascaserangan berlangsung. (rad)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017