Connect with us

BANTEN

Pemkab Lebak Diminta Segera Relokasi Warga Bencana Retakan Tanah

Published

on

Kondisi rumah warga yang mengalami retak-retak 115 unit dengan penduduk 490 jiwa.

Indonesiaraya.id, Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten diminta segera merelokasikan warga korban bencana retakan tanah guna mencegah korban jiwa.

“Kami terpaksa merobohkan bangunan rumah, karena khawatir ambruk setelah tembok dinding mengalami retakan tanah itu,” kata Acih (70) seorang warga Jampang Cikuning Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Jumat (5/5/2019).

Masyarakat korban bencana pergerakan tanah sejak Februari 2019 hingga kini sangat berharap dilakukan relokasi ke tempat yang lebih aman. Mereka tinggal di lokasi bencana alam dirasakan kehidupannya selalu dibayangi ancaman longsoran,terlebih curah hujan tinggi. Selama ini, warga di daerah itu tidak nyaman dan dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa.



“Kami berharap pemerintah daerah bisa merealisasikan relokasi agar kehidupan masyarakat kembali normal,” ujarnya.

Begitu juga Ade (60), warga korban pergerakan tanah mengaku bahwa dirinya bersama anggota keluarga jika curah hujan tinggi mengungsi ke rumah anaknya yang lokasinya sekitar 1,5 kilometer, sebab perkampungan Jampang Cikuning Desa Sudamanik masuk zona merah longsoran berdasarkan penelitian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Sekarang, kami dan warga menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk dilakukan relokasi ke tempat yang lebih aman dari ancaman longsor,” katanya.

Ubay (55), Ketua RT Kampung Jampang Cikuning Desa Sudamanik mengatakan saat ini kondisi rumah warga yang mengalami retak-retak 115 unit dengan penduduk 490 jiwa. Dari 115 unit itu, tujuh rumah di antaranya terpaksa dirobohkan guna mencegah korban jiwa.

“Kami saat ini menunggu kepastian Bupati Lebak yang rencana akan dilakukan relokasi ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan pemerintah daerah berkomitmen merelokasikan warga korban bencana pergerakan tanah.

Namun, katanya, pihaknya hingga kini belum menemukan lokasi lahan yang cocok untuk relokasi. Pihaknya sudah menyiapkan lahan untuk relokasi korban pergerakan tanah, tetapi berdasarkan penelitian PVMBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus dibatalkan, karena itu di lahan relokasi berpotensi terjadi pergerakan tanah.

“Kami saat ini masih menunggu adanya lahan yang bebas dari ancaman bencana pergerakan tanah,” katanya.

Ia menjelaskan, selama ini retakan tanah di Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga cukup lambat dan tidak begitu cepat terjadi longsoran. Pergerakan tanah tipe rayap seperti itu hanya mengalami perkembangan retakan.
Bahkan, kondisi bangunan rumah warga mengalami kerusakan akibat adanya retakan tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal secara umum bahwa tanah di Kecamatan Cimarga bergerak dengan merayap atau lambat, sebab ketika dikontrol topografi kemiringannya tidak terlalu terjal. Dengan demikian, kondisi geologi antara tanah dan batuan yang ada di dalamnya mampu meresap air.

“Kami minta warga harus dilakukan relokasi guna menghindari bahaya bencana alam itu,” katanya, seperti dikutip Antara. (man)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
7 Comments

7 Comments

  1. Pingback: Search Engine Optimization – Can it Help My E-Commerce Site?

  2. Pingback: Click

  3. Pingback: https://www.pornachi.com/porn/hd-romance-com/

  4. Pingback: Philips SCF332/01 manuals

  5. Pingback: Predrag Timotić

  6. Pingback: Socialyz

  7. Pingback: cvv good

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BANTEN

Cilegon Geger Temuan Mayat di Galian Pasir, Polisi Lakukan Penyelidikan

Published

on

Ilustrasi Meninggal. /Dok. Apakabar Media /M. Rifai Azhari.

INDONESIA RAYA – Satu mayat ditemukan oleh warga di lokasi bekas galian pasir yang berada di Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Cilegon, Banten pada Selasa 9 Februari 2021 pagi hari tadi.

Ketika ditemukan, kondisi mayat yang berjenis kelamin laki–laki tersebut sudah membengkak dan mengambang di lokasi kejadian.

“Tadi pagi anggota Polsek kami mendapatkan laporan dari Lurah setempat, terkait ditemukannya orang yang mengambang di area bekas galian pasir,” ungkap Kapolsek Cibeber, AKP Chodijah, Selasa 9 Februari 2021.



Berdasarkan keterangan kepolisian, saat ini mayat sudah dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah sakit, setelah sebelumnya ada seorang warga yang mengenali identitasnya.

“Sudah dievakuasi tadi jenazahnya dan langsung dibawa ke RS. Kami juga sudah mengetahui identitas korban berdasarkan laporan warga dan KTP yang ditemukan pada jenazah, yaitu seorang pria dengan inisial MES kelahiran tahun 1997,” sambungnya.

BACA JUGA: Hallotasik.com, media online yang menyajikan beragam berita dan informasi aktual seputar peristiwa di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dan nasional.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih belum mengetahui penyebab kematian MES, namun identifikasi lebih lanjut akan dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari warga di lokasi kejadian.

Pages: 1 2


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BANTEN

Anggota DPR RI akan Perjuangkan Pembangunan KRL dan ‘Fly Over’ Kota Serang

Published

on

Anggota Komisi V DPR RI Komisi V, Tubagus Haerul Jaman. /Dok. dpr.go.id.

INDONESIA RAYA – Anggota Komisi V DPR RI Komisi V Tubagus Haerul Jaman menegaskan akan memperjuangkan agar pembangunan Kereta Rel Listrik (KRL) dilanjutkan hingga Serang-Merak.

Dimana, hingga saat ini akses KRL baru bisa dinikmati sampai Kabupaten Lebak. Ia mengatakan, di Serang Timur ada zona pelaku usaha industri besar, masyarakat menginginkan adanya akses kereta api yang tersambung dengan jalur kereta api yang sudah ada lebih dulu.

“Hal ini dibutuhkan oleh warga Banten untuk transportasi massal ke Jakarta dan ke berbagai tempat lainnya,” tegasnya saat mengikuti tim kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke Stasiun Serang, Cilame, Kota Serang, Banten, Jumat 5 Februari 2021.



Selain itu, dirinya pun mengaku telah meminta pembangunan under pass atau frontage di Kelurahan Unyur dilanjutkan, karena infrastruktur jalannya sudah dibangun oleh Pemkot Serang.

“Tinggal frontage atau fly over-nya sudah kami usulkan juga ke Kemenhub agar dapat segera dibangun, karena untuk mengurai kemacetan di Kota Serang,” kata dia.

BACA JUGA: Fokushukum.com, media online yang menyajikan beragam berita dan informasi aktual seputar peristiwa politik, hukum, ekonomi, bisnis, dan nusantara.

Terkait pembangunan fly over di Jalan Jenderal Sudirman, pihaknya mengaku telah menyampaikan usulan tersebut ke Kementerian PUPR, karena manfaatnya untuk mengurai kemacetan di Provinsi Banten.

Pages: 1 2 3


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

BANTEN

Rayakan Natal Nasional Saat Pandemi, Hashim Berdoa untuk Bangsa dan Gerindra

Published

on

Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira) Hashim S. Djojohadikusumo. /Dok. Gekira

INDONESIA RAYA – Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira) Hashim S. Djojohadikusumo memberi sambutan usai merayakan Natal Nasional Partai Gerindra di GBI Pamulang Raya (Pray), Banten pada Senin, 25 Januari 2021.

Perayaan Natal kali ini mengusung tema “Mereka akan Menamakan-Nya Imanuel yang diambil dari Matius 1: 23 dan Sub Tema “Optimisme Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Krisis Bangsa lainnya dalam Penyertaan dan Pimpinan Tuhan.”

Acara dimulai tepat waktu pukul 13.00 WIB dan selesai pada pukul 15.00 WIb.



Dalam kesempatan itu, sambutan yang disiarkan secara live streaming itu, ia mengatakan tetap bersyukur walau dalam situasi pandemi melanda negara bahkan seluruh bumi.

Partai Gerindra tetap merayakan perayaan Natal walau sangat sederhana dan terbatas serta dalam protokol kesehatan (prokes) sangat ketat.

Mengawali sambutannya, Hashim menyampaikan keprihatinannya bahwa selain masyarakat luas, sejumlah kader Partai Gerindra juga ikut jadi korban dahsyatnya pandemi.

Ia berharap bahwa tahun 2021 ini pandemi covid-19 akan musnah, tentu sebagai orang Kristen kita harus tetap berdoa agar Tuhan mendengar doa kita.

Pages: 1 2 3


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017