Indonesiaraay.co.id, Makassar – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar memastikan 1.947 pelanggan di Pulau Jampea Kabupaten Selayar akan menikmati aliran listrik PLN yang terdiri dari 417 pelanggan pasca bayar dan 1.530 pelanggan prabayar.

Manajer UP3 Bulukumba, Yuswastuty Yahya di Selayar, Jumat (29/11/2019), mengatakan Pulau Jampea merupakan salah satu sasaran dari Program Listrik Desa anggaran 2017.

“Pulau Jampea memiliki dua kecamatan yakni Pasimasunggu yang sepenuhnya telah menikmati listrik PLN, namun di Kecamatan Pasimasunggu Timur ini masih dalam proses teraliri listrik dan akan segera disalurkan kepada masyarakat,” kata Yuswastuty pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Selayar ke 414.



Yuswastuty menjelaskan, program pembangunan jaringan listrik ke Kecamatan Pasimasunggu Timur ini bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi khususnya di Pulau Jampea.

Hingga kini, rasio elektrifikasi Pulau Jampea telah mencapai angka 40 persen. Listrik di Pulau Jampea ini disuplai dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel.

“Kami menggunakan JTM dengan jarak 62,1 km dan JTR dengan jarak 48,3 km dan akan terus bertambah dalam proses pensuplaian listrik,” jelasnya.

Melalui proses percepatan di Kecamatan Pasimasunggu Timur ini, dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Sulselrabar dari 95,28 persen pada November hingga 99,99 persen pada akhir Desember 2019.

Camat Pasimasunggu Timur, Awil Taiyeb mewakili warganya sangat mengapresiasi kinerja PLN yang melistriki desa hingga ke kepulauan.

Melalui video conference yang disiarkan secara langsung dari Pulau Jampea. Pihaknya merasa bahagia dengan hadirnya listrik di kecamatan mereka, dan akan komitmen membantu PLN untuk menjaga suplai listrik tidak mengalami gangguan.

“Yang penting listrik nyala, kami akan mendukung dan membantu petugas PLN supaya aliran listrik tidak terganggu, salah satunya kami akan rela jika pohon kami dipangkas,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman turut menyampaikan apresiasinya terhadap upaya PLN dalam percepatan pelistrikan pulau Jampea dan berharap dengan adanya listrik ini, bisa meningkatkan perekonomian warga dan daerah setempat.

“Semoga dengan masuknya listrik ini di kecamatan Pasimasunggu Timur yang masih dalam proses ini, bisa meningkatkan ekonomi warga setempat,” kata Andi di hadapan masyarakat Selayar pada Hari Jadi yang ke 414.  seperti dikutip Antara. (nur)