Connect with us

HEALTH

Ponsel Dapat Menganggu Kesehatan Mental Anak Usia Dini

Published

on

Kalangan muda menghabiskan waktu di depan layar rata-rata lima sampai tujuh jam di waktu senggang mereka.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Sering menghabiskan waktu dengan ponsel dan tablet kerap dihubungkan dengan kesehatan mental memburuk, namun penelitian terbaru menyatakan kerusakan itu bisa saja di mulai dari usia dua tahun. 

Kendati cuma satu jam di depan layar, anak-anak dan dewasa mungkin kehilangan rasa ingin tahu, pengendalian diri rendah dan stabilitas emosi rendah, yang menyebabkan meningkatnya risiko kecemasan dan depresi, klaim sebuah penelitian Amerika Serikat yang dipublikasikan jurnal Preventive Medicine Reports, dilansir Independent, Senin (5/11/2018).

BACA JUGA : Anak-Anak yang Sering Main Gadget Rentan Depresi

Para peneliti menemukan, mereka yang berusia 14 hingga 17 tahun lebih berisiko terhadap dampak buruk tersebut, namun ada korelasi pada anak-anak yang lebih kecil dan balita yang otaknya masih berkembang.

Penelitian menemukan anak-anak prasekolah yang sering menggunakan layar kemungkinan dua kali kurang sabar. 

Penelitian tersebut juga menyatakan, sembilan persen dari anak berusia 11 sampai 13 tahun yang menghabiskan waktu satu jam per hari di depan layar itu malas pelajari hal-hal baru, sebuah angka yang meningkat menjadi 22,6 persen bagi mereka yang menghabiskan waktu di depan layar selama tujuh jam per hari atau lebih. 

Profesor Jean Twenge dari San Diego State University dan Profesor Keith Campbell dari University of Georgia mengatakan,“Setengah dari masalah kesehatan mental terbentuk sejak usia remaja. Sehingga, ada kebutuhan mendesak untuk mengidentifikasi faktor yang terkait dengan masalah kesehatan mental yang dapat menerima intervensi dalam populasi ini, karena sebagian besar di masa sebelumnya itu sulit atau tidak mungkin untuk terpengaruh..”

Kedua profesor tersebut mendesak orangtua dan guru mengurangi waktu anak menghabiskan waktu daring, bermain video atau menonton televisi dalam upaya memerangi hal tersebut. 

The National Institute of Health menyatakan kalangan muda menghabiskan waktu di depan layar rata-rata lima sampai tujuh jam di waktu senggang mereka.

Twenge, yang banyak menulis mengenai masalah penggunaan ponsel pintar untuk anak, menyarankan untuk menerapkan batasan dua jam. 

Penelitian ini melibatkan data lebih 40.000 anak berusia dua sampai 17 tahun di Amerika Serikat, disediakan oleh orangtua untuk survei kesehatan nasional pada tahun 2016. Demikian, seperti dikutip Antara. (ang)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEALTH

Gigi Sehat Bisa Jadi Kunci Percaya Diri

Published

on

29 persen anak yang mengalami masalah gigi juga juga sulit tidur, dan 37 persen anak absen setidaknya dua hari per tahun karena sakit gigi.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Gigi yang sehat bisa membuat seseorang merasa nyaman pada dirinya sehingga kepercayaan diri pun muncul.

Menurut survei global yang dilakukan Pepsodent pada 2018 dan melibatkan 4.094 anak berusia 6-17 tahun, sebanyak 48 persen anak yang sakit gigi mengalami kehilangan kepercayaan diri.

Survei yang dilakukan di delapan negara, Indonesia, Ghana, Chile, Vietnam, Prancis, Italia, Amerika Serikat dan Mesir itu menyebut, anak-anak itu enggan berbicara di depan kelas karena memiliki masalah pada gigi dan mulut.

“Anak-anak yang bermasalah dengan gigi dan mulut cenderung dua kali lebih rentan mengalami krisis kepercayaan diri, kesulitan bersosialisasi bahkan menolak untuk memperlihatkan senyum mereka,” kata Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Selain itu, 29 persen anak yang mengalami masalah gigi juga juga sulit tidur, dan 37 persen anak absen setidaknya dua hari per tahun karena sakit gigi.

“Secara global dibandingkan anak yang tidak punya masalah gigi dan mulut, anak yang sakit merasa tidak perform baik di sekolah,” tutur Mirah.

Sementara itu, psikolog keluarga Ayoe Sutomo menambahkan, rasa percaya diri bisa timbul dari rasa nyaman terhadap kondisi fisik.

“Individu yang merasa nyaman secara fisik cenderung memiliki self esteem yang baik, lebih mampu menghadapi segala tantangan, jadi lebih percaya diri,” katanya.

Dengan begitu, mereka yang memiliki masalah pada gigi cenderung mengalami krisis kepercayaan diri? Jawabannya iya dan ini berlaku juga pada anak-anak. Demikian, seperti dikutip Antara. (lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

DIGITAL

Smartwatch Bantu Kenali Penyakit Jantung

Published

on

2.000 orang, atau 0,5 persen, mendapat notifikasi dari jam tangan mereka bahwa detak jantung mereka tidak teratur.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Studi yang didanai oleh Apple Inc menunjukkan bahwa jam tangan pintar Apple Watch dapat mendeteksi detak jantung yang tidak teratur sehingga penggunanya bisa mendapatkan tindakan lebih dini.

Para peneliti di studi tersebut mengharapkan teknologi dapat membantu mendeteksi dini fibrilasi atrium, salah satu jenis detak jantung tidak teratur yang paling sering ditemui. Pasien penyakit tersebut berisiko lima kali untuk terkena stroke.

Studi tersebut melibatkan 400.000 pengguna Apple Watch, hasilnya dipresentasikan pada acara American College of Cardiology di New Orleans, Amerika Serikat, dikutip dari Reuters.

2.000 orang, atau 0,5 persen, mendapat notifikasi dari jam tangan mereka bahwa detak jantung mereka tidak teratur.

Mereka kemudian diminta untuk memakai ECG untuk mendeteksi fibrilasi atrium.

Sepertiga pengguna yang menggunakan ECG terkonfirmasi mengalami gangguan fibrilasi atrium.

“Dokter bisa menggunakan informasi tersebut lalu menggabungkannya dengan pemeriksaan, lalu, mereka bisa membantu mengambil keputusan harus melakukan apa,” kata Dr. Marco Perez dari Stanford School of Medicine, salah saeorang peneliti kepala di studi tersebut.

57 persen peserta yang mendapat notifikasi dari jam tangan juga memeriksakan diri mereka. Demikian, seperti dikutip Antara. (nat)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

HEALTH

Lima Bahan Alami untuk Mencerahkan Ketiak

Published

on

Penyebab ketiak hitam karena kulit teriritasi sehingga menimbulkan reaksi peradangan yang merangsang sel-sel penghasil pigmen (melanosit) untuk menghasilkan lebih banyak pigmen.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Sebagian kaum hawa merasa terganggu dengan kondisi kulit ketiak mereka yang gelap dan mencoba beragam cara untuk membuatnya lebih cerah.

Ada yang menjalani perawatan di klinik-klinik kecantikan dan ada juga yang memilih melakukan perawatan sendiri menggunakan bahan-bahan alami untuk mencerahkannya.

Bagi Anda yang ingin mengatasi ketiak gelap dengan cara natural, berikut ini lima bahan yang dapat digunakan, seperti dilansir Medical Daily.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang bermanfaat mengatasi hiperpigmentasi dan mengatur produksi melanin.

Menurut Alivebynature, curcumin memiliki efek pada hormon adrenokortikotropik (ACTH) yang disekresi oleh kelenjar hipofisis. Senyawa ini pada dasarnya membatasi sekresi sehingga stimulasi produksi melanin berkurang, dan ini menyebabkan kulit lebih terang.

Cara membuat ramuan kunyit untuk ketiak Anda yakni masukkan 5-6 sendok makan susu dingin ke dalam mangkuk yang sudah diisi 1 sendok teh kunyit. Aduk rata.

Kemudian rendam bola kapas dalam larutan dan oleskan ke ketiak Anda. Biarkan semalaman dan bersihkan besok.

Lakukan ini secara teratur dan Anda akan melihat hasilnya hanya dalam seminggu.

Tomat dan gula

Kombinasi ini bisa membuat keajaiban bagi ketiak yang gelap. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, tomat juga memiliki sifat mencerahkan kulit dan mampu mendetoksifikasi kulit.

Gula, di sisi lain, bisa membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bukan rahasia lagi gula menjadi scrub alami yang efektif membersihkan kulit dan membuatnya lebih halus.

Untuk membuat scrub ketiak, potong tomat menjadi irisan tipis, lalu masukkan irisan ke dalam mangkuk gula. Usap lembut campuran gula dan tomat pada ketiak. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas.

Kentang

Kentang memiliki sifat asam ringan yang dapat ditoleransi ketiak. Tanaman umbi ini adalah alternatif pemutihan yang bagus.

Anda perlu mengiris tipis kentang setelah dicuci. Ambil satu potong irisan lalu pijat ketiak Anda dengannya. Gunakan irisan kentang secukupnya dan bilas setelah beberapa menit.

Timun

Buah ini mengandung enzim, garam alami dan vitamin yang mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel. Timun juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan pelemas otot dan saraf yang baik.

Timun bisa bermanfaat mengatasi ketiak yang gelap. Seperti dilansir Healthline, menggosok irisan mentimun di area gelap ketiak Anda akan membuahkan hasil. Setelah 10 menit, Anda dapat membilas ketiak dengan air dingin. Lakukan secara teratur untuk melihat hasil yang sangat baik.

Minyak kelapa

Minyak kelapa telah terbukti sangat bermanfaat dalam banyak hal dan salah satunya berfungsi sebagai obat alami untuk mencerahkan kulit. Minyak ini memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan pelembab.

Menurut DIY Remedies, minyak kelapa dapat mencegah akumulasi mikroba jahat pada kulit, mendetoksifikasi pori-pori kulit, serta menghilangkan masalah kulit yang menyebabkan penggelapan.

Kandungan Vitamin E dan asam lemak jenuh dalam minyak kelapa juga menyehatkan kulit, sehingga bisa dengan mudah menyembuhkan bekas luka dan tanda gelap.

Anda hanya membutuhkan beberapa tetes minyak kelapa untuk memijat ketiak Anda. Lakukan selama beberapa menit, cuci ketiak menggunakan air hangat dan sabun ringan setelah 15 menit. Lakukan ini dua hingga tiga kali sehari untuk hasil yang lebih cepat terlihat. Demikian, seperti dikutip Antara. strong>(lws)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending