Connect with us

NUSA TENGGARA BARAT

Sambut New Normal, KKP Siap Pulihkan Pariwisata di TWP Gili Matra NTB

Published

on

Perairan Gili Matra dan sekitarnya dengan luas 2.954 Ha merupakan salah satu kawasan konservasi perairan nasional. (Foto : Instagram @nyamblok)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Menyambut penerapan new normal pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya di Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra, Kabupaten Lombok Utara, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang menyiapkan protokol new normal pariwisata di TWP Gili Matra yang mengacu pada protokol kesehatan.

Direktur Jenderal PRL, Aryo Hanggono menegaskan bahwa Provinsi NTB adalah salah satu ikon wisata dunia, sehingga penerapan protokol new normal perlu dikawal sampai detail di tingkat teknis pelaksanaan lapangan. “Saya mengharapkan konsep-konsep yang sudah didapatkan dari berbagai sumber, termasuk melalui rapat virtual yang digelar KKP dapat menjadi masukan dalam penerapan protokol new normal hingga level pelaksanaan teknis di lapangan.” Jelas Aryo di Jakarta (5/6/2020).

Aryo mengatakan bahwa, perairan Gili Matra dan sekitarnya dengan luas 2.954 Ha merupakan salah satu kawasan konservasi perairan nasional yang saat ini dikelola oleh KKP melalui BKKPN Kupang. Pemanfaatan Taman Wisata Perairan Gili Matra selama 10 bulan terakhir telah memberikan kontribusi terhadap Penerimaan Negara mencapai Rp. 3,5 Miliar dimana jumlah aktivitas wisata diving mencapai 35.621 visitor domestik dan luar negeri yang di dominasi wisman Eropa, Amerika, Austrasia dan Asia.



“kami terus memberikan arahan dan mendorong BKKPN Kupang untuk berkoordinasi dan ikut terlibat langsung dalam menyiapkan protokol new normal pariwisata dan ambil bagian dalam penerapan, serta implementasi di lapangan. Kami berharap selain memperhatikan aspek kesehatan, protokol new normal pariwisata juga memperhatikan aspek daya dukung dan daya tampung lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala BKKPN Kupang, Ikram M. Sangadji saat Rapat Virtual Penyiapan Protokol New Normal Pariwisata TWP Gili Matra mengharapkan penerapan new normal di TWP Gili Matra ini kedepannya dapat menjadi pilot project untuk penerapan new normal di wilayah lainnya.

“Kami menginisiasi penerapan new normal di TWP Gili Matra untuk mempercepat pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata di Provinsi NTB khususnya TWP Gili Matra yang terdampak Pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19. Dengan adanya pilot project sistem penerapan new normal ini diharapkan dapat menjadi contoh untuk wilayah lain di Provinsi NTB atau Nasional” terang Ikram di Kupang (2/6/2020).

Ikram mengungkapkan, pemilihan TWP Gili Matra sebagai pilot project penerapan new normal dikarenakan wilayahnya termasuk kedalam zona hijau Covid-19 dan akses keluar masuk ke pulau dapat diatur sehingga diharapkan penerapannya dapat berjalan secara efektif dan terkendali. Data Satuan Tugas Covid-19 KLU memperlihatkan bahwa Desa Gili Indah yang merupakan administrasi dari 3 gili tersebut belum ditemukan adanya penyebaran virus Covid-19. Selain itu ketaatan pelaku wisata dan masyarakat sangat konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga sangat mendukung penerapan new normal pariwisata.

Lebih lanjut, penerapan new normal nantinya akan dilaksanakan dengan membentuk tim terpadu pembuatan protokol new normal pariwisata di KKPN TWP Gili Matra yang terdiri dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid, POLAIR – TNI AL, Perhubungan, Pariwisata, Pengelola Kawasan serta Pelaku Usaha.

“Pelaksanaan protokol new normal ini kedepannya akan dilakukan secara cepat dan disosialisasikan secara rutin kepada masyarakat agar dapat mencegah penularan Covid-19,” ungkap Ikram.

Selain regulasi, juga akan disiapkan fasilitas pelaksanaan new normal ditempat-tempat strategis seperti pelabuhan, toilet dan spot wisata. Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Kelompok Masyarakat juga akan dilibatkan dalam pelaksanaan new normal, seperti pengadaan masker gratis ataupun sejenisnya sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung hingga level menengah kebawah.

“Dengan terlaksananya protokol new normal pariwisata di TWP Gili Matra diharapkan dapat memberikan jaminan aman untuk berwisata sehingga para wisatawan asing maupun lokal tidak takut atau canggung untuk datang ke NTB,” tandasnya. (kkp)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

NUSA TENGGARA BARAT

Polisi Amankan Sejumlah Pemuda dan Seorang Perempuan Sedang Asyik Pesta Miras

Published

on

Polsek Praya Tengah, Polres Lombok Tengah mengamankan 6 pemuda dan seorang perempuan yang sedang pesta minuman keras. /Khairi Qodri.

INDONESIA RAYA – Personel Polsek Praya Tengah, Polres Lombok Tengah mengamankan 6 pemuda dan seorang perempuan yang sedang pesta minuman keras (miras) disalah satu Rumah Makan Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah. Jumat 8 Januari 2021 pukul 03.00 wita.

Warga setempat merasa resah karena ha itu dilakukan saat warga tengah melakukan istirahat. Setelah mendapat laporan warga, polisi mendatangi lokasi dan mendapati 6 orang pemuda bersama seorang perempuan sedang menenggak minuman keras jenis tuak.

Kapolsek Praya Tengah Ipda Geger Surenggana mengatakan, pesta miras itu dilakukan sekelompok pemuda saat waktu warga setempat istirahat yakni sekitar pukul 03.00 wita dini hari. Hal itu membuat warga setempat menjadi terganggu dan kerap memicu perkelahian antar warga dan kelompok pemuda.



“Agar tidak menimbulkan keresahan sosial, personel kami segera bertindak dan mengamankan para pemuda tersebut dan termasuk barang buktinya,” kata Geger.

Ia mengatakan, seluruh pemuda yang diamankan diperiksa satu-satu baik pemeriksaan surat identitas diri maupun pemeriksaan badan, guna mengantisipasi senjata tajam (sajam) maupun narkoba. Kemudian dibawa ke kantor Polsek Praya Tengah yang nantinya akan diserahkan ke pihak keluarganya.

“Sejumlah pemuda dan seorang perempuan itu kita lakukan pemeriksaan, kemudian diamankan ke kantor, nanti kita minta orang tua atau keluarganya yang jemput,” ucapnya.

Dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan senjata tajam maupun narkoba, namun petugas mengamankan beberapa botol sisa minuman keras jenis tuak yang diminum oleh sejumlah pemuda tersebut. Demikian, laporan Khairi Qodri. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

NUSA TENGGARA BARAT

Polres Sumbawa Tangkap PNS Pemkab yang Terlibat Narkoba

Published

on

Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa, mengamankan seorang laki-laki kepemilikan narkotika jenis sabu. (Foto : Khairil Qadri)

Indonesiaraya.co.id, Sumbawa – Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa, mengamankan seorang laki-laki berinisial MU (40) atas kepemilikan narkotika jenis sabu. MU yang diketahui berstatus sebagai PNS disalah satu kantor pemerintah di Kabupaten Sumbawa ini, ditangkap, Rabu (30/09/2020) sekitar pukul 17.00 wita, di jalan lintas Sumbwa – Boak, Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa.

Bersamanya diamankan barang bukti berupa 1 poket Shabu tersebut seberat 0,70 gram, sepasang sandal jepit, dan sebuah sepeda motor Spin. Terduga pelaku bersama barang bukti diamankan ke Mapolres Sumbawa guna proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.IK., dikonfirmasi melalui Kasubag Humas, Iptu Sumardi, S.Sos., membenarkan penangkapan tersebut. Dikatakan, penangkapan berdasarkan informasi dari masyarakat.



“Sekitar pukul 16.30 Wita anggota opsnal Sat Resnarkoba mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada seseorang pria yang mengendarai SPM spin menuju ke arah Moyo Hulu. Dicurigai membawa narkotika jenis Sabu,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi tersebut lanjut Kasubbag, dilakukan penyelidikan. Sekitar pukul 17.00 Wita, Tim opsnal Sat Resnarkoba Sumbawa dipimpin oleh KBO Sat Resnarkoba Polres Sumbawa Ipda Degues Pandhu Pandhadha, S.Tr.k., melakukan pengintaian didepan PLTD Boak. Tidak lama kemudian, orang dengan ciri-ciri dimaksud melintas di TKP.

“Anggota opsnal langsung melakukan pencegatan. Dilakukan penggeledahan badan dan kendaraan ditemukan 1 poket sabu disimpan disandal jepit. Terduga melakui barang bersebut. Selanjutnya yang bersangkutan dan barang bukti dibawa ke Polres Sumbawa untuk dimintai keterangan guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (*/kha)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

NUSA TENGGARA BARAT

Pelaku Pencurian di Toko Market Jeans Ditangkap

Published

on

Indonesiaraya.co.id, Mataram – Pada hari Minggu tanggal 30 Agustus 2020 sekira pukul 11.00 wita berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP / 283 / IX / 2020 / NTB / SPKT, tanggal  09 September 2020.

Waktu Kejadian  di Toko Market Jeans, Jalan Sandubaya Kecamatan Sandubaya Kota Mataram dengan korban Helmi pemilik toko

Kronologis  Pada hari Minggu tanggal 30 Agustus 2020 sekira pukul 11.00 wita yang berlokasi di Toko Market Jeans, Jalan Sandubaya Kecamatan Sandubaya Kota Mataram tersangka A DM bersama dengan tersangka MD melakukan pencurian dengan merusak pintu belakang toko Market Jeans dan setelah pintu rusak tersangka masuk mengambil barang-barang seisi toko berupa baju dan celana untuk dipergunakan sehari-hari.



Berdasarkan laporan dari korban dengan mengetahui ciri2 pelaku kemudian dilakukan penangkapan terhadap kedua pelaku berinisial: MD Panggilan sehari-hari DAN, Umur 34 tahun, Jenis Kelamin Laki-laki, Agama Islam, Suku Sasak, Pekerjaan Karyawan Swasta, Pendidikan Terakhir SD Kelas III (tidak tamat), Kewarganegaraan Indonesia, Alamat : Lingkungan Karang Rundun Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram;, AD, Umur 22 tahun, Agama Islam, Suku Sasak, Kewarganegaraan Indonesia, Pendidikan terakhir SMP tidak tamat, Pekerjaan Pelajar/mahasiswa, Alamat tempat tinggal:  Jl. Menjangan VI No. 10, Lingk. Gubug Batu, RT/RW 001/246, Kel. Monjok Timur, Kec. Selaparang, Kota Mataram, kedua tersangka di tangkap di Desa Ireng Kecamatan Gunung Sari pada tanggal 9 September 2020 pkl 13.30 wita tanpa perlawanan, keduanya diamankan bersama barang bukti: 1 (satu) Buah Baju Kaos Warna Merah Merk MAVERIC, 1 (satu) Buah Baju Kaos Warna Coklat Merk MAVERIC, 2 (dua) Buah Baju Kaos Warna Abu-abu Merk MAVERIC, 1 (satu) Buah Baju hem Warna Coklat Putih Motif Corak Merk MAVERIC, 1 (satu) Buah Baju hem Warna Biru Motif Corak Merk MAVERIC, 1 (satu) Buah Celana Pendek Kolor Warna Hitam Tanpa Merk, 1 (satu) Buah Celana Pendek Kolor Warna Biru Tanpa Merk, 1 (satu) Buah Tas Ransel TNI Warna Hitam Hijau Tanpa Merk. Kedua tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP Ayat (1) Ke-3, Ke-4 dan Ke-5 KUHP.


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017