Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Founder OK OCE Sandiaga Uno mengingatkan bahwa krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 merupakan gerbang terbukanya semua peluang.  

“Di setiap krisis ada waktu membangun bisnis. Krisis adalah gerbang terbukanya peluang,” kata Sandi pada acara webinar Business Chat with Mechanical Project 2.0 yang bertajuk Membangun Sustainable Business dalam Era Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro, Senin, 16 November 2020. 

Menurut salah satu pengusaha nasional tersebut, Indonesia saat ini membutuhkan sedikitnya lima juta wirausahawan baru. Bagi Sandi, anak-anak muda Indonesia adalah agen perubahan untuk Indonesia yang tengah berada dalam krisis.

“DNA optimisme dan kreativitas itu ada di entrepreneur muda,” jelas Sandi. 

Ia juga turut memberikan tips agar anak-anak muda dapat menentukan bisnisnya, yaitu harus original, tetap relevan, dan kemudian rajin berjejaring. 

“Doing what you love and loving what you do” adalah kalimat yang selalu ia katakan kepada anak-anak muda untuk memotivasi mereka. “Era baru ini membutuhkan inovasi-inovasi, dan anak muda lah yang harus menjadi lokomotif dari pembangunan Indonesia yang lebih produktif,” lanjut Sandi.  

Sebagai pengusaha, ia sangat merasakan adanya pasang surut. “Pengusaha di manapun saat lagi di atas harus selalu bersyukur. Nah kalau di bawah, jangan mencaci, namun bersabar,” tuturnya. 

Bagi Sandi, hikmah dari pandemi ini adalah memberikan ujian kepada manusia agar dapat naik kelas. Ia juga mengingatkan agar pandemi ini disikapi sebagai pengingat untuk lebih bisa berintrospeksi. 

Pandemi ini baginya adalah kesempatan untuk merefleksikan perjalanannya selama menjalankan usaha. Ia berharap pandemi ini pada akhirnya membentuk diri masyarakat menjadi pengusaha yang lebih tangguh dan dapat menangkap peluang untuk segera pulih dari pandemi. (rad)