Connect with us

KALIMANTAN SELATAN

Selain Pertambangan, Kalimantan Selatan Juga Kaya akan Ikan Arwana

Published

on

Kemenko Marves akan membangkitkan kembali potensi ekspor yang ada di Kalsel. (Foto : Instagram @venusaquatics)

Indonesiaraya.co.id, Banjarmasin – Tak hanya kaya akan tambang seperti Batu Bara, Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) ternyata juga kaya akan sumber daya alam lainnya, salah satunya ikan arwana. Hal itu diungkapkan Asisten Deputi (Asdep) Hilirisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Amalyos.

“Kalsel ini dianugerahi berbagai sumber daya dan potensi nilai tambah penyumbang devisa negara, seperti batu bara. Namun selain batu bara, bahwa ada sumber daya lain yang sangat potensi untuk dikembangkan yakni ada penangkaran ikan arwana yang berorientasi ekspor,” kata Asdep Amalyos dalam Rapat Koordinasi Debottlenecking Perizinan dan Aksesibilitas Transportasi Bagi Pelaku Usaha Ekspor Ikan Arwana di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (9/7/2020).

Mengenai ekspor ikan arwana ini, Asdep Amalyos mengungkapkan bahwa Kemenko Marves sebagai kementerian koordinator bersedia untuk membantu mengatasi berbagai hambatan-hambatan, salah satunya mengenai transportasi ekspor ikan arwana yang dikabarkan terganggu terutama dalam masa pandemi COVID-19 atau virus corona.



“Jadi ikan arwana ini awalnya ada pengusaha yang membuat penakaran di sini (kalsel) dan meluas. Ini sangat bagus, terutama untuk perekonomian daerah. Nah kami ingin tahu apa sih yang dihadapi pelaku usaha selama COVID-19 ini, karena kami berkewajiban untuk membantu pembangunan ini, dan ternyata salah satunya mengenai transportasi,” ujarnya.

Terkait dengan dukungan transportasi, lanjut Asdep Amalyos, Kemenko Marves akan membangkitkan kembali potensi ekspor yang ada di Kalsel, seperti dalam waktu dekat berkoordinasi dengan maskapai Garuda Indonesia dan anak usahanya untuk buka kembali connecting flight, optimalisasi bisnis cargo dan first flight bagi daerah penghasil arwana untuk pengiriman, baik secara nasional maupun internasional.

“Secara bertahap semua kita proses dan terlihat langkahnya. Nanti dengan kebijakan Kementerian Perhubungan juga untuk percepatan normalisasi penerbangan regional antarwilayah ini, kita akan dorong 100% dalam waktu yang tidak terlalu lama, tentunya dengan tidak mengabaikan protokol COVID-19,” ujarnya.

“Kami berpikir keadaan sekarang bukan suatu penghambat untuk kita maju, justru ini tantangannya. Ke depan kita pikirkan bagaimana kita bisa maju, bagaimana menargetkan adanya nilai tambah dari Sumber Daya Alam ini, adanya investasi yg bisa mendorong ekonomi daerah dan distribusi nasional. Kalsel ini kaya dan semua saya pikir Kalsel punya, dan itu modal yang paling penting untuk bangkit dan maju,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Birhasani berharap dengan adanya pertemuan ini, semakin membuka peluang bagi ekspor ikan arwana di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan.

“Potensi perikanan di Kalimantan sebetulnya tidak kalah dengan batu bara, tambang dan sebagainya. Ke depan ikan arwana ini kita dorong lebih maju. Seperti untuk akhir tahun ini Gubernur Kalimantan Selatan akan memberikan perhatian besar termasuk perikanan lebih dikembangkan, terutama pada sektor hilirisasi. Sehingga semua yang jadi kendala, kita harapkan bisa diatasi secara bersama,” pungkasnya. (mar)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
12 Comments

12 Comments

  1. Pingback: fake watches

  2. Pingback: Regression testing

  3. Pingback: mơ cá sấu đánh con gì

  4. Pingback: Kanguru Clone 4HD manuals

  5. Pingback: agen sbobet

  6. Pingback: sex machinec

  7. Pingback: You could look here

  8. Pingback: Digital Transformation service providers

  9. Pingback: Beställ Tramadol i Sverige

  10. Pingback: Attain Increased Source Of Information With Creative Writing Online

  11. Pingback: Replica rolex watch clone

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KALIMANTAN SELATAN

Sungai Kerokan yang Meluap dan Merendam Pemukiman Warga Kota Banjarmasin Kini Telah Surut

Published

on

Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga. (Dok. BPBD Kota Samarinda)

INDONESIA RAYA – BPBD Kota Banjarmasin melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan pihak terkait dalam upaya penanganan pascabanjir.

Salah satunya dengan kegiatan normalisasi sungai dan kanal yang berpotensi menyebabkan banjir.

Diketahui banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga.



Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Sungai Kerokan yang Meluap dan Merendam Pemukiman Warga Kota Banjarmasin Kini Telah Surut


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KALIMANTAN SELATAN

HMR : Gerindra Sudah Distribusikan 5000 Vaksin di Kalsel

Published

on

Anggota DPR RI asal Kalsel, H Muhammad Nur. /Dok. partaigerindra.or.id

INDONESIA RAYA – Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada bulan Oktober 2021 yang lalu telah mendistribusikan sekitar 5000 vaksin ke berbagai kabupaten kota di propinsi ini.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan, Anggota DPR RI asal Kalsel, H Muhammad Nur dalam release nya yang diterima Jurnal kalimantan.com, kemarin.

” Kita masih harus terus melakukan kerja-kerja kolektif membantu masyarakat mendapatkan dosis vaksin.”



“Apa yang telah Gerindra lakukan di Kalsel semoga bermanfaat. Dengan demikian, kondisi kehidupan kita sehari-hari di Banua ini menjadi lebih baik,”Ujar Anggota Komisi X DPR RI ini.

Adapun Penyebaran vaksin tersebut yakni kota Banjarmasin dan DPD Gerindra Kalsel masing masing 500 dosis, DPC Gerindra Tanah Laut (1.000 dosis) dan 3000 dosis tambahan yang didistribusikan melalui DPD ke DPC-DPC di Kalsel.

“saya sangat bangga dan berterimakasih yang sebesar-besarnya atas kekompakan kesolidan kawan-kawan kader Gerindra, baik dari DPD dan DPC Partai Gerindra dan juga Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota terkhusus kepada Ketua DPD Gerindra Kalsel, Ayahnda H. Abidin HH yang selalu membimbing kami dan dengan tulus ikhlas sudi meminjamkan tempat sehingga lebih memudahkan kita untuk melaksanakan kegiatan vaksin,” Jelas Wakil Sekertaris Jendral DPP Gerindra ini.

Vaksinasi ini sebagai wujud kehadiran Gerindra di tengah masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sejatinya adalah implementasi dari pesan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Pemerintah kita sedang mengejar herd immunity sehingga kita hadir di tengah masyarakat, di mana sebelum merayakan HUT ke-70 Bapak Prabowo, kita mendedikasikan pesan beliau untuk selalu membantu masyarakat ,”pungkasnya. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KALIMANTAN SELATAN

Wamen LHK Dorong Finalisasi Penanganan Banjir dan Pemulihan Lingkungan Kalsel

Published

on

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong. /Instagram.com/@alue_dohong.

INDONESIA RAYA – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerangka rencana aksi integratif berbasis metode rapid assessment banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang telah disusun Pemerintah Provinsi Kalsel.

Wamen mendorong agar segera dilakukan finalisasi rencana tersebut supaya bisa direalisasikan dan dikerjakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir serupa kedepan.

“Dokumen rencana kajian ini harus difinalisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama agar kita segera bisa kerja, kalau besok bisa selesai, bagus, agar nanti kita lapor ke Bu Menteri LHK untuk kemudian dilaporkan kepada Bapak Presiden” ujar Wamen Alue Dohong dalam keterangan resmi rapat daring dengan perwakilan Pemerintah Provinsi Kalsel di Jakarta, Kamis 4 Februari 2021.



Kerangka ini berisi rencana analisis berbagai faktor, baik faktor alam maupun faktor antropogenik penyebab banjir Kalsel.

Kemudian hal ini akan diwujudkan menjadi rencana aksi strategis jangka pendek, menengah dan panjang yang meliputi tindakan vegetatif, tindakan sipil teknis, tindakan pemberdayaan masyarakat, serta tindakan kebijakan regulasi dan antisipasi, hingga mekanisme pelaksanan dan strategi pembiayaannya.

Selain menyetujui rencana tersebut, Wamen KLHK juga menyarankan tambahan beberapa hal yang harus menjadi pokok perhatian agar hasil kajian semakin lengkap dan komprehensif agar dapat segera dilaporkan kepada Presiden untuk segera diputuskan langkah terbaik selanjutnya. 

BACA JUGA: Apakabarbogor.com, media online yang menyajikan beragam berita dan informasi aktual seputar peristiwa di Kabupaten dan Kota Bogor, Jawa Barat, dan nasional.

Beberapa poin tambahan dari KLHK meliputi, pertama pada komponen faktor penyebab/akar masalah ditambahkan aspek pengelolaan sampah, komponen perkebunan dan pertambangan, serta strategi pemberdayaan masyarakat dalam bentuk aksi edukasi masyarakat dalam pengelolan sampah.

Pages: 1 2


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017