Connect with us

KALIMANTAN SELATAN

Sungai Kerokan yang Meluap dan Merendam Pemukiman Warga Kota Banjarmasin Kini Telah Surut

Published

on

Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga. (Dok. BPBD Kota Samarinda)

INDONESIA RAYA – BPBD Kota Banjarmasin melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan pihak terkait dalam upaya penanganan pascabanjir.

Salah satunya dengan kegiatan normalisasi sungai dan kanal yang berpotensi menyebabkan banjir.

Diketahui banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga.



Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Sungai Kerokan yang Meluap dan Merendam Pemukiman Warga Kota Banjarmasin Kini Telah Surut


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

KALIMANTAN SELATAN

HMR : Gerindra Sudah Distribusikan 5000 Vaksin di Kalsel

Published

on

Anggota DPR RI asal Kalsel, H Muhammad Nur. /Dok. partaigerindra.or.id

INDONESIA RAYA – Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada bulan Oktober 2021 yang lalu telah mendistribusikan sekitar 5000 vaksin ke berbagai kabupaten kota di propinsi ini.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan, Anggota DPR RI asal Kalsel, H Muhammad Nur dalam release nya yang diterima Jurnal kalimantan.com, kemarin.

” Kita masih harus terus melakukan kerja-kerja kolektif membantu masyarakat mendapatkan dosis vaksin.”



“Apa yang telah Gerindra lakukan di Kalsel semoga bermanfaat. Dengan demikian, kondisi kehidupan kita sehari-hari di Banua ini menjadi lebih baik,”Ujar Anggota Komisi X DPR RI ini.

Adapun Penyebaran vaksin tersebut yakni kota Banjarmasin dan DPD Gerindra Kalsel masing masing 500 dosis, DPC Gerindra Tanah Laut (1.000 dosis) dan 3000 dosis tambahan yang didistribusikan melalui DPD ke DPC-DPC di Kalsel.

“saya sangat bangga dan berterimakasih yang sebesar-besarnya atas kekompakan kesolidan kawan-kawan kader Gerindra, baik dari DPD dan DPC Partai Gerindra dan juga Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota terkhusus kepada Ketua DPD Gerindra Kalsel, Ayahnda H. Abidin HH yang selalu membimbing kami dan dengan tulus ikhlas sudi meminjamkan tempat sehingga lebih memudahkan kita untuk melaksanakan kegiatan vaksin,” Jelas Wakil Sekertaris Jendral DPP Gerindra ini.

Vaksinasi ini sebagai wujud kehadiran Gerindra di tengah masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sejatinya adalah implementasi dari pesan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Pemerintah kita sedang mengejar herd immunity sehingga kita hadir di tengah masyarakat, di mana sebelum merayakan HUT ke-70 Bapak Prabowo, kita mendedikasikan pesan beliau untuk selalu membantu masyarakat ,”pungkasnya. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KALIMANTAN SELATAN

Wamen LHK Dorong Finalisasi Penanganan Banjir dan Pemulihan Lingkungan Kalsel

Published

on

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong. /Instagram.com/@alue_dohong.

INDONESIA RAYA – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong sangat mengapresiasi dan menyambut baik kerangka rencana aksi integratif berbasis metode rapid assessment banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang telah disusun Pemerintah Provinsi Kalsel.

Wamen mendorong agar segera dilakukan finalisasi rencana tersebut supaya bisa direalisasikan dan dikerjakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir serupa kedepan.

“Dokumen rencana kajian ini harus difinalisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama agar kita segera bisa kerja, kalau besok bisa selesai, bagus, agar nanti kita lapor ke Bu Menteri LHK untuk kemudian dilaporkan kepada Bapak Presiden” ujar Wamen Alue Dohong dalam keterangan resmi rapat daring dengan perwakilan Pemerintah Provinsi Kalsel di Jakarta, Kamis 4 Februari 2021.



Kerangka ini berisi rencana analisis berbagai faktor, baik faktor alam maupun faktor antropogenik penyebab banjir Kalsel.

Kemudian hal ini akan diwujudkan menjadi rencana aksi strategis jangka pendek, menengah dan panjang yang meliputi tindakan vegetatif, tindakan sipil teknis, tindakan pemberdayaan masyarakat, serta tindakan kebijakan regulasi dan antisipasi, hingga mekanisme pelaksanan dan strategi pembiayaannya.

Selain menyetujui rencana tersebut, Wamen KLHK juga menyarankan tambahan beberapa hal yang harus menjadi pokok perhatian agar hasil kajian semakin lengkap dan komprehensif agar dapat segera dilaporkan kepada Presiden untuk segera diputuskan langkah terbaik selanjutnya. 

BACA JUGA: Apakabarbogor.com, media online yang menyajikan beragam berita dan informasi aktual seputar peristiwa di Kabupaten dan Kota Bogor, Jawa Barat, dan nasional.

Beberapa poin tambahan dari KLHK meliputi, pertama pada komponen faktor penyebab/akar masalah ditambahkan aspek pengelolaan sampah, komponen perkebunan dan pertambangan, serta strategi pemberdayaan masyarakat dalam bentuk aksi edukasi masyarakat dalam pengelolan sampah.

Pages: 1 2


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KALIMANTAN SELATAN

1.349 Rumah di Kab. Tanah Laut Terendam Banjir

Published

on

Banjir dengan tinggi muka air satu meter, melanda sebagian wilayah di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. (Foto : BNPB Indonesia)

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Banjir dengan tinggi muka air satu meter, melanda sebagian wilayah di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan pada Sabtu (11/7/2020). Banjir yang dipicu tingginya curah hujan yang turun sejak pagi hingga sore tersebut mengakibatkan 1.349 rumah terendam air.

Menurut pantauan Pusdalops Badan Penanggulanan Bencanda Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut, pada Sabtu (11/7/2020) pukul 20.00 wita melaporkan total keseluruhan terdampak bencana banjir terdapat 1.535 KK dan 5.112 Jiwa yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu

Kecamatan Pelaihari yang mencakup wilayah kelurahan Sarang Halang, Karang Taruna, Angsau dan Desa Atu-atu.



Kecamatan Bajuin, yang terkena banjir adalah desa Galam.

Banjir juga terjadi di desa Damit Hulu, kecamatan Batu Ampar.

Selain merendam rumah warga, beberapa infrastruktur pun ikut terdampak. Di kecamatan Sarang Halang, ada satu jembatan runtuh akibat derasnya luapan air sungai. Sementara itu dua jalan terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan di Desa Damit Hulu dan Desa Galam.

Adapun rincian daerah terdampak, meliputi

  1. Kelurahan Angsau, Kec. Pelaihari :
    a. Jl. Pintu air Rt. 24 Kel. Angsau, 200 buah rumah, 250 KK, 1.200 Jiwa
    b. Jl. A. Yani Parit Mas Rt. 19 Rt. 20 dan Rt.27 Kel. Angsau, 550 buah rumah, 600 KK, 1.500 Jiwa
    c. Jl. Sepakat Rt.10 (Belakang Kompi) Kel. Angsau, 65 buah rumah, 70 KK, 300 Jiwa
    d. Gg. Berkat Rt.04 Kel Angsau 25 buah rumah, 30 KK, 100 Jiwa
    e. Jl. Manunggal (Belakang Eks. RSUD H. Boejasin), Rt 15, Kel. Angsau, 4 buah rumah, 4 KK, 20 Jiwa.

Total rumah yang terendam = 844 buah rumah
Total KK dan Jiwa = 954 KK, 3.120 Jiwa

  1. Desa Atu-Atu, Kec. Pelaihari :
    a. Jl. H. M. Jaferi, Desa Atu-Atu, 25 buah rumah, 35 KK, 100 Jiwa
    b. Saka Permai, Desa Atu-Atu, 15 buah rumah, 25 KK, 160 Jiwa

Total rumah yang terendam = 40 buah rumah
Total KK dan Jiwa = 60 KK, 260 Jiwa

  1. Kelurahan Karang Taruna, Kec. Pelaihari :
    a. Jl. Telaga Daim Blok I, II, III, dan Jl. Penerangan Rt 10, Kel. Karang Taruna, 104 buah rumah, 135 KK, 540 Jiwa
  2. Kelurahan Sarang Halang, Kec. Pelaihari :
    a. Jl. Bajingah, Kelurahan Sarang Halang, Jembatan runtuh akibat derasnya luapan air sungai.
  3. Desa Damit Hulu, Kec. Batu Ampar :
    a. Jl. Trans 100, Rt 6, Desa Damit Hulu, adanya Jalan Putus akibat derasnya luapan air dengan panjang 70 meter.
  4. Desa Galam, Kec. Bajuin :
    a. Desa Galam, Rt 6, Jalan terkikis sehingga jalan putus tidak bisa dilalui kendaraan.

BPBD Kab. Tanah Laut, TNI/Polri, dan relawan lainnya telah turun ke lapangan membantu evakuasi dan melakukan pendataan warga yang dilanda banjir.

Melihat analisis dari InaRISK, wilayah Kab. Tanah Laut memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Luas bahaya akibat banjir mencakup 137 ribu hektar di sebelas kecamatan. Sedangkan dari sisi risiko, tiga puluh delapan persen penduduk atau sekitar 123.172 jiwa di sebelas kecamatan tersebut berpotensi terdampak banjir.

Masyarakat diimbau untuk terus waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor dan banjir bandang. Hujan dengan intesitas tinggi dan berlangsung cukup lama bisa menjadi salah satu indikator dalam menyikapi kesiapsiagaan masyarakat. (psp)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending

Redaksi media Indonesiaraya.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, Iklan dan Sponsorship, serta kerjasama bisnis lainnya.

Penerbit :
PT Media Indonesia Raya

Manajemen Media :
Indonesia Raya Media Center (IRMC)

Email Center :
redindonesiaraya@gmail.com
redaksi@indonesiaraya.co id

WA Center :
0878-15557788, 0819-15557788

Terbit Sejak 8 Desember 2017