Connect with us

KULINER

Tiga Bubur Ayam Bandung Ini Buka Malam Hari

Published

on

Bubur ayam, adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia.

Indonesiaraya.co.id, Bandung – Bubur Ayam adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berwisata ke Bandung yang biasanya disantap pada waktu sarapan atau pagi hari. Namun, bukan berarti bubur ayam tidak bisa ditemukan di malam hari di kota berhawa sejuk ini.

Setidaknya ada tiga penjual bubur berbahan dasar beras yang dipadukan dengan berbagai macam topping tersebut, yang berdagang pada malam hari, di Kota Bandung.

BACA JUGA : Penderita Diabetes Tak Disarankan Konsumsi Bubur

Berikut ini adalah tiga bubur ayam di Bandung yang bisa menjadi pilihan wisatawan untuk menghangatkan perutnya saat berkunjung ke Bandung pada malam hari.

1. Bubur Ayam Bejo Kosambi

Bubur yang terletak di Jalan Baranang Siang, depan Pasar Kosambi, Kota Bandung tersebut sudah berdiri sejak 1978.

Meskipun tampak sederhana namun rasa dari Bubur Ayam Bejo tidak bisa diragukan lagi.

Satu porsinya tersaji lengkap yang terdiri atas suwiran daging ayam, cakwe, ati ampela, telur, bawang goreng dan seledri hanya dibanderol dengan harga Rp12.000.

Sedangkan untuk setengah porsi bubur dipatok dengan harga Rp7.000, tambah telur Rp2.000 dan tambah ati ampela Rp3.000.

Tidak usah takut kehabisan karena Bubur Bejo buka setiap hari 24 jam.

2. Bubur Gibbas

“Ayam bubur” adalah sebutan yang tepat untuk menggambarkan Bubur Gibbas, saking banyaknya suwiran daging ayam pada setiap porsi buburnya.

Tentunya seperti bubur pada umumnya tidak hanya menyediakan topping daging ayam saja, tetapi juga ada telur, cakwe, dan ati ampela.

Daging Ayam yang digunakan juga merupakan daging ayam kampung yang menambah cita rasa bubur tersebut.

Berlokasi di Jalan Kebon Jati no. 187, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung, Bubur Gibbas selalu dipadati para pengunjung dari dalam maupun luar kota.

Harga Bubur Gibbas ini berkisar antara Rp4.000 – Rp.20.000 tergantung dari porsi dan pelengkap yang dipesan.

Jam operasional Bubur Gibbas, adalah antara jam 16.00 – 24.00 WIB, setiap hari Senin – Sabtu.

3. Bubur Pa Otong

Satu lagi sajian bubur yang wajib dicoba jika sedang berwisata ke Bandung, yakni, Bubur Pa Otong.

Bubur Pa Otong yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman no 451, Kota Bandung memiliki tekstur bubur yang khas, agak cair dan lengket.

Pelengkapnya terdiri atas suwiran ayam, tulang ayam, cakwe, sate telur puyuh, sate kulit, dan sate usus.

Bubur Pa Otong dijajakan menggunakan gerobak ala kaki lima yang mangkal di atas trotoar.

Meski begitu, saking terkenalnya, pembeli yang datang bukan dari kalangan masyarakat biasa saja melainkan selebriti juga sering mampir ke Bubur Pa Otong.

Satu porsi Bubur Pa Otong dibanderol dengan harga Rp5.000 – Rp 18.000.

Bubur Pa Otong buka setiap hari dari jam 18.00 – 01.00 WIB. Demikian, seperti dikutip Anatra. (ajt)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KULINER

Mencicipi Restoran China yang Pernah Disinggahi Soekarno Tahun 1965

Published

on

Dong Lai Shun, adalah restoran halal yang ada di Jalan Wangfujing, distrik Dongcheng, Beijing.

Indonesiaraya.co.id, Beijing – Salah satu restoran di Beijing memajang foto Presiden Soekarno dalam sebuah bingkai berukuran besar di dinding dekat kasir.

Dong Lai Shun adalah restoran halal yang ada di Jalan Wangfujing, distrik Dongcheng, Beijing. Dalam foto sepia itu Soekarno tampak tersenyum sambil menyematkan sejenis bunga ke kantong baju Mao Zedong, sang pemimpin China. Rupanya, Soekarno pernah diundang makan oleh Mao di restoran itu.

“Di bawah lukisan itu ditulis keterangan pada 5 Oktober 1965 Ketua Mao mengundang Presiden Soekarno makan di restauran ini,” kata Tony, salah seorang warga Beijing menjelaskan pada Selasa (13/11/2018).

Restoran yang sudah ada sejak tahun 1903 itu terkenal karena menyajikan makanan ala hotpot domba, dengan berbagai sayuran, bakso, dan juga daging sapi.

“Ini restoran paling top di sini karena kualitas daging yang dipilih memang yang paling bagus. Harganya mahal, untuk paket komplit satu orang bisa sampai 30 dolar AS,” kata Tony.

Makanan di Dong Lai Shun sebenarnya adalah maskaan Huaiyang yang merupakan singkatan dari nama daerah; Huaian, Yangzhou, dan Zhejiang. Masakan Huaiyang punya cita rasa manis dan lebih memperhatikan teknik mengiris dan suhu memasak. 

Jika ingin lebih nikmat harus ditambah kecap dan minyak wijen. Uniknya, hot pot daging ini disajikan dengan saus kacang di restoran ini.

Restoran itu cukup nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Para tamu yang datang saat itu kebanyakan adalah keluarga atau grup turis.

Meski demikian, menurut catatan kedutaan China,  Soekarno mengunjungi China pada 30 September 1956 dalam lawatan selama 17 hari, bukan tahun 1965 seperti yang tertera di lukisan. Demikian, seperti dikutip Antara. (ida)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KULINER

Street Food

Published

on

Ragusa Es Italia, di Jalan Veteran I, Jakarta Pusat berdiri sejak tahun 1932.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Anda sedang mencari tempat makan yang enak yang berada di Jakarta? Nah, bagi Anda warga Jakarta serta yang sedang berkunjung ke Jakarta dan mencari tempat makan yang enak, Anda tidak perlu bingung, karena saat ini banyak sekali tempat makanan enak Jakarta di Traveloka yang dapat Anda temui dan kunjungi. Dimana saja tempat makan tersebut, berikut dapat Anda lihat beberapa pilihan tempat yang dapat Anda kunjungi seperti di bawah ini.

Roti Bakar Eddy

Tempat pertama yang dapat Anda kunjungi di Jakarta yaitu Roti Bakar Eddy. Dimana tempat makan ini sudah menjadi sangat populer dikalangan orang sehingga Anda bisa dapat mencicipinya juga.

Tak hanya disediakan menu makan roti bakar saja, namun ketika Anda berkunjung kesini, Anda juga bisa menikmati beberapa pilihan menu lainnya yaitu seperti nasi uduk, mie instan hingga bubur ayam. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau sekali yaitu sekitar di bawah Rp. 20.000.

Nah, jika Anda tertarik dengan tempat makanan enak Jakarta di Traveloka yang satu ini, Anda dapat berkunjung di Jalan Raden Patah, Blok M dan biasanya tempat ini dibuka mulai pukul 18:00 hingga 02.30 Wib.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Anda penggemar nasi goreng? Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat makan enak di Jakarta Anda bisa memilih tempat yang satu ini yaitu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih.

Tempat ini juga tidak kalah dengan tempat lainnya, pasalnya tempat ini selalu ramai dikunjungi orang dan menjadikan tempat tersebut sangat populer.

Jika berbicara masalah rasa, Anda tidak perlu meragukannya lagi, karena Nasi Goreng Kambing ini memang sangat enak dan gurih sekali sehingga Anda harus mencicipinya. Harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp. 37.000 untuk per porsinya.

Jika Anda ingin mencobanya Anda bisa pergi ke Jalan Kebon Sirih Raya dan dibuka dari pukul 16:00 hingga 03.00 Wib.

Sate Maranggi Ibu Yayah

Selanjutnya Anda juga bisa pergi ke tempat makanan enak Jakarta di Traveloka yaitu Sate Maranggi Ibu Yayah. Tempat makan ini berada di jalan Laboratorium No. 3, Jakarta Selatan dan menawarkan Anda dengan sate khas Purwakarta.

Tak hanya itu saja, harga yang ditawarkan pun sangat ramah kantong yaitu mulai Rp. 20.000 dan tersedia dalam 3 jenis sate seperti sate kambing, sate ayam hingga sate sapi tanpa lemak.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan menu makanan yang satu ini? Bagi Anda yang tertarik dengan tempat makan ini, Anda bisa pergi ke tempat tersebut dan di buka mulai pukul 08:30 hingga 20:30 wib.

Seafood 212 Wiro Sableng

Tempat makan yang berada di Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading No. 12 ini memang sangat terkenal dengan menu makanan laut, salah satunya kepiting.

Tempat makanan ini juga terbilang cukup populer di kalangan masyarakat Jakarta sehingga bagi Anda yang penggemar dengan hidangan laut, Anda bisa mencoba berkunjung kesini.

Memang harga yang ditawarkan tidak murah yaitu mulai Rp. 275.000, namun jika Anda mencicipinya Anda akan dibuat menjadi ketagihan, karena memang hidangan menu laut disini sangat enak dan lezat sekali.

Bagi Anda yang mau berkunjung kesini, tempat ini dibuka pada pukul 11:00 hingga 23:00 wib untuk setiap harinya.

Ragusa Es Italia

Tidak lengkap rasanya tanpa menu yang segar-segar. Jadi bagi Anda pecinta es krim Anda bisa mengunjungi salah satu tempat di Jakarta yaitu Ragusa Es Italia. Dimana tempat yang satu ini merupakan tempat yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Jakarta sehingga Anda wajib untuk berkunjung kesini.

Tak hanya itu saja, tempat yang berada di Jalan Veteran I, Jakarta Pusat sudah berdiri sejak lama yaitu dari tahun 1932 hingga sampai sekarang.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau sekitar Rp. 14.000 hingga Rp. 35.000. Untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi karena es krim ini dibuat khusus dari susu sapi segar sehingga rasanya sangat lembut.

Nah, apakah Anda masih bingung dalam mencari tempat makanan enak Jakarta di Traveloka? Tentu saja tidak lagi kan? Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jakarta dan sedang mencari tempat-tempat makan yang enak, Anda bisa melihat beberapa pilihan tempat seperti diatas.


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

KULINER

Pemerintah Korsel Bakal Larang Mukbang, Kenapa?

Published

on

Mukbang atau tren makan dalam porsi besar di sosial media dalam rangka mengurangi angka obesitas, Telegraph.

Indonesiaraya.co.id, Jakarta – Pemerintah Korea Selatan berencana melarang Mukbang atau tren makan dalam porsi besar di sosial media dalam rangka mengurangi angka obesitas, Telegraph.

“Pada 2019, kami akan mengembangkan pedoman siaran makan besar di TV dan internet – untuk meningkatkan perilaku makan dan untuk membangun sistem pemantauan,” kata Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Makan junk food sambil disiarkan ke khalayak online menjadi sangat populer di negara ekonomi terbesar ke-empat Asia itu dan telah melahirkan industri yang menggiurkan yang dikenal dengan istilah “Mukbang”.

Mukbang biasanya dilakukan dengan cara mengambil video selfie sambil berbicara langsung ke kamera. Mukbang menarik ribuan followers di Korea Selatan dan menjadi viral di seluruh dunia.

Salah satu YouTubers Mukbang yang paling populer adalah “Beard Meats Good”, seorang mantan bankir Inggris yang menjadi pelatih pribadi, yang dapat melahap lebih dari 10.000 kalori per pertunjukan.

Yang lainnya adalah Minsu Huh, yang dikenal di YouTube sebagai Yasikee, telah menjadikan Mukbang sebagai karier full time-nya. Dia telah menarik lebih dari 100.000 pelanggan di saluran media sosialnya, dia mampu makan 22 bungkus mie ramen dalam satu sesi.

Dia mengklaim Mukbang berawal karena kesepian yang disebabkan oleh rusaknya nilai-nilai keluarga.

“Masyarakat Korea memiliki tradisi makan bersama, tetapi budaya ini sekarang perlahan-lahan lenyap karena meningkatnya rumah tangga yang isinya cuma satu orang,” katanya kepada The Telegraph.

“Sekarang, orang-orang mulai memiliki keinginan untuk makan dengan seseorang, dan internet memecahkan masalah ini,” katanya.

Pemerintah Korsel khawatir dengan terus meningkatnya obesitas di Korea Selatan dari 26 persen pada tahun 1998 menjadi 31,7 persen pada tahun 2007 dan naik menjadi 34,8 persen pada tahun 2016.

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) telah memperkirakan bahwa tingkat obesitas Korea Selatan akan berlipat ganda pada tahun 2030 dan akan terus tumbuh pada kecepatan ini.

YouTuber seperti Yasikee telah mengecam pemerintah karena merencanakan tindakan “diktator” yang “menghancurkan kebahagiaan orang.”

Kim Jungbum, seorang Youtuber berusia 16 tahun dengan lebih dari 320.000 subscriber berpendapat bahwa peraturan akan membuat sedikit perbedaan bagi kesehatan bangsa.

“Teman-teman saya mengatakan kepada saya bahwa mereka yang menonton pertunjukan saya bisa menikmati makanan melalui saya dan memenuhi kebutuhan mereka ketika mereka sedang diet. Setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda untuk makanan, dan harus mengawasi kesehatan mereka sendiri,” katanya, seperti dikutip Antara. (ida)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788 / 0821-96677788.

Continue Reading

Trending