Mendukung Peningkatan Mutu Kinerja Karyawan Melalui Internalisasi Karakter Insan KAI “CITAR”

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 26 September 2025 - 09:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Iwan Irawan, Trainer Madya 2 Pusdiklat PT KAI

PT KERETA Api Indonesia (persero), Perusahaan terbesar sarana jasa transportasi darat perkeretaapian indonesia salah satu asset Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa angkutan penumpang dan barang serta pengusahaan asset lainnya, Kemajuan transportasi perkeretaapian Indonesia dari jaman ke jaman selalu adaptif dengan perkembangan jamannya sesuai tuntutan dan kebutuhan publik melalui berbagai program kegiatan nyata, sehingga eksistensinya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

PT KAI (Persero) dalam mengembangkan proses bisnis jasa moda transportasi perkeretaapian angkutan penumpang dan barang serta pengusahaan asset lainnya, semakin melayani menjadi faktor kunci keberhasilan dalam mencapai kesuksesan dan mempertahankan keunggulan kompetitif menuju operator world class.

ADVERTISEMENT

RILISPERS.COM

SCROLL TO RESUME CONTENT

Karakter insan KAI merupakan identitas jati diri adi layanan yang semakin melayani sekaligus cerminan dari nilai-nilai yang diyakini oleh suatu entitas karyawan BUMN nyakni; AMANAH, KOMPETEN, HARMONIS, LOYAL, ADAPTIF, KOLABORATIF (AKHLAK). Di BUMN sendiri bahwa membangun karakter sebagai fondasi merujuk pada karakter bangsanya yang berakar pada Pancasila, nilai ketuhanan, nilai kebangsaan, dan bhineka tunggal ika serta budaya lokal yang kaya akan keberagaman. Namun, tantangan era globalisasi, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi mempengaruhi pergeseran nilai sosial, ekonomi, budaya. Hal ini menuntut adanya upaya serius untuk menjaga dan memperkuat jati diri korporasi sebagai alat pertahanan ekonomi bangsa.

Bapak Direktur Utama KAI Bobby Rasyidin dan jajarannya telah membuka berbagai jalur komunikasi terbuka kepada seluruh Insan KAI melalui email dan nomor WhatsApp untuk menggali ide dan inovasi juga masukan untuk masa depan KAI, dimana hal ini juga membuktikan bahwa komitmen pimpinan tertinggi di KAI selalu open mindset mendorong bagi keluarga besar KAI yang memiliki kualitas pemikiran menuju world class untuk mengutamakan dalam melayani sepenuh hati, bahagia bagi para pengguna jasa transportasi darat perkeretaapian Indonesia yang semakin melayani, maka semakin terciptanya loyalitas pelanggan terhadap jasa angkutan transportasi perkeretaapian Indonesia dan KAI grup.

Salah satu cara yang paling efektif dan efisien sebagai wujud nyata membangun karyawan KAI yang berkarakter “CITAR” fokus melayani masyarakat dengan selamat, aman, nyaman juga tepat waktu, sebagai jati diri insan KAI guna menghadapi segala bentuk dan sifat tantangan serta peluang yang ada semakin kompetitif di tengah persaingan globalisasi ekonomi, sosial, budaya bangsa. Sesuai instruksi Direktur Utama KAI Bobby Rasyidin dan jajarannya dengan pedoman proses internalisasi karakter insan KAI “CITAR” nyakni;

COMMITMENT; Insan KAI berkomitmen dalam menjalankan tugas serta tujuan perusahaan.

INTEGRITY; Insan KAI bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan Perusahaan serta mematuhi etika profesi dan bisnis.

TEAM WORK; Insan KAI membangun Kerjasama, Harmonis dan Sinergis dengan berbagai pihak dan latar belakang yang berbeda.

ACCOUNTABILITY; Insan KAI bertanggungjawab atas setiap Tindakan, Keputusan, serta hasil yang dilakukan.

RESPONSIBILITY; Insan KAI melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sigap, cepat dan efektif.

Internalisasi karakter insan KAI “CITAR” sebagai acuan bagi insan KAI dalam melaksanakan tugas dan fungsi serta tanggung jawabnya yang merupakan ciri khas tersendiri. Hal ini mudah dipahami serta dapat dilaksanakan sebagai proses menanamkan nilai-nilai korporasi yang selaras dengan core value AKHLAK ke dalam setiap diri individu/karyawan, sehingga nilai tersebut tidak hanya diketahui, tetapi juga dihayati dan diwujudkan dalam sikap serta tindakan nyata. Dengan demikian, internalisasi bukanlah sekadar proses kognitif (mengetahui), melainkan juga afektif (merasa) dan psikomotorik (bertindak) dalam kehidupan sehari-hari ditempat kerja maupun dilingkungan masyarakat.

Nilai utama yang menjadi fokus internalisasi antara lain:

  1. COMMITMENT; memenuhi janji, komitmen dalam menjalankan tugas, konsisten terhadap tujuan perusahaan, dan disiplin dalam menjalankan tugas.
  1. INTEGRITY; menjaga rahasia perusahaan, jujur dan dapat dipercaya, taat aturan dan kebijakan, mengutamakan kepentingan
    1. TEAM WORK; saling berkontribusi untuk perusahaan, terbuka dalam bekerja sama, membangun lingkungan kerja yang kondusif, dan membantu orang lain
      1. ACCOUNTABILITY; transparansi kinerja, kesesuaian pelaporan tugas, mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan, melakukan evaluasi dan perbaikan
    2. RESPONSIBILITY; bertanggung jawab atas tugas, mengelola risiko dan mencegah masalah, berani menanggung konsekuensi, dan menyelesaikan tugas dengan maksimal.

Dalam tahapan proses internalisasi karakter insan KAI “CITAR” dapat dijalankan melalui tahapan:

Transformasi nilai: penyampaian nilai melalui Pendidikan dan pelatihan, pembelajaran, dan keteladanan serta yel-yel di berbagai forum internal KAI.

Transaksi nilai: interaksi sosial antar karyawan yang memungkinkan individu/karyawan memahami, menjiwai dan merasakan langsung penerapan nilainya di tempat kerja.

Transinternalisasi: pada tahap ini ketika nilai benar-benar telah menyatu dengan kepribadian, sehingga tercermin dalam perilaku sehari-hari dalam menjalankan tugasnya.

Terdapat beberapa agen internalisasi karakter insan KAI “CITAR” yang memiliki peran penting dalam proses internalisasi karakter insan KAI merepresentasikan bagian dari karakter insan BUMN, yaitu:

  • Unit Bisnis sebagai fondasi pertama pembentukan karakter di lingkungantempat kerja.
  • KAI Corporate University  sebagai penguat kesadaran dan pembiasaan di lingkunganorganisasi pembelajaran.
  • Seluruh karyawan dan media cetak maupun elektronik sebagai ruang interaksi dan pembentukan pola pikir kolektif dan kolegial.
  • Jajaran leader top level di Direktorat cdd, evp, vp, sm/m sebagai teladan melalui kebijakan, sebagai fondasi mutu pelayanan bagi pengguna jasa transportasiperkeretaapian angkutan penumpang dan barang, serta pengusahaan asset lainnya.

Mendukung peningkatan mutu kinerja perusahaan melalui Internalisasi karakter insan KAI “CITAR” bertujuan untuk membentuk generasi yang berkepribadian kuat, memiliki integritas, dan tetap berakar pada identitas jati diri Insan KAI guna menopang peningkatan mutu kinerja karyawan secara berkelanjutan, guna memperkuat budaya perusahaan yang telah berjalan dengan baik ke arah yang lebih baik lagi.

Penguatan proses internalisasi karakter insan KAI “CITAR” ini, guna mendukung keberhasilan mutu kinerja karyawan. Namun hal ini bukanlah pekerjaan singkat, melainkan perlu usaha jangka panjang yang membutuhkan konsistensi, keteladanan, dan keterlibatan semua pihak. Jika dilakukan secara menyeluruh, internalisasi akan melahirkan Insan KAI yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara moral, sosial, emosional, dan spiritual, juga terwujudnya kompetensi unggulan sebagai jati diri yang merepresentasikan budaya bangsa yang tangguh dan bermartabat.

Daftar Sumber Bacaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Intruksi Direksi PT Kereta Api Indonesia (persero) Nomor: INS.DZ/KL.401/IX/1/KA-2025 Tentang Pedoman Karakter Insan PT Kereta Api Indonesia (persero).

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.****

Sempatkan untuk membaca berbagai berita dan informasi seputar ekonomi dan bisnis lainnya di media Infobumn.com dan Bisnisnews.com.

Simak juga berita dan informasi terkini mengenai politik, hukum, dan nasional melalui media Adilmakmur.co.id dan Hallokampus.com.

Informasi nasional dari pers daerah dapat dimonitor langsumg dari portal berita Nusraraya.com dan Jakartaoke.com.

Untuk mengikuti perkembangan berita nasional, bisinis dan internasional dalam bahasa Inggris, silahkan simak portal berita Indo24hours.com dan 01post.com.

Pastikan juga download aplikasi Hallo.id di Playstore (Android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik. Media Hallo.id dapat diakses melalui Google News. Terima kasih.

Kami juga melayani Jasa Siaran Pers atau publikasi press release di lebih dari 175an media, silahkan klik Persrilis.com

Sedangkan untuk publikasi press release serentak di media mainstream (media arus utama) atau Tier Pertama, silahkan klik Publikasi Media Mainstream.

Indonesia Media Circle (IMC) juga melayani kebutuhan untuk bulk order publications (ribuan link publikasi press release) untuk manajemen reputasi: kampanye, pemulihan nama baik, atau kepentingan lainnya.

Untuk informasi, dapat menghubungi WhatsApp Center Pusat Siaran Pers Indonesia (PSPI): 085315557788, 087815557788.

Dapatkan beragam berita dan informasi terkini dari berbagai portal berita melalui saluran WhatsApp Sapulangit Media Center

Berita Terkait

Cara Efektif Mengundang Jurnalis Ekonomi Agar Acara Liputan Berhasil
Revitalisasi Sarana Prasarana Pembelajaran di TKQ/TPQ Al Mubtadi-in: Sebuah Wujud Pengabdian Nyata bagi Dunia Pendidikan Islam
Surplus Beras 3,7 Juta Ton, Pasar Tetap Alami Gejolak
Bapanas Tegaskan Penyerapan Gula Petani Berproses Hati-Hati
Galeri Foto Pers Jadi Strategi Komunikasi Visual Perusahaan Modern
BRI Dorong Ekspansi Bisnis Lewat Kredit Korporasi
Optimalisasi Press Release Berbayar untuk Reputasi Perusahaan di Era Digital
PIEP Majukan Pendidikan Anak Migran Indonesia di Malaysia

Berita Terkait

Jumat, 26 September 2025 - 09:36 WIB

Mendukung Peningkatan Mutu Kinerja Karyawan Melalui Internalisasi Karakter Insan KAI “CITAR”

Rabu, 24 September 2025 - 15:40 WIB

Cara Efektif Mengundang Jurnalis Ekonomi Agar Acara Liputan Berhasil

Sabtu, 6 September 2025 - 06:00 WIB

Surplus Beras 3,7 Juta Ton, Pasar Tetap Alami Gejolak

Jumat, 29 Agustus 2025 - 10:54 WIB

Bapanas Tegaskan Penyerapan Gula Petani Berproses Hati-Hati

Selasa, 19 Agustus 2025 - 11:00 WIB

Galeri Foto Pers Jadi Strategi Komunikasi Visual Perusahaan Modern

Berita Terbaru

Bisnis

Rental Mobil City Car di Bandung untuk Perjalanan Harian

Jumat, 12 Sep 2025 - 06:38 WIB